MULAI TERSERANG FLU DI MUSIM HUJAN? WASPADAI JUGA PENYAKIT LAINNYA!

Memasuki musim hujan memang melegakan karena akhirnya suhu menjadi sedikit lebih dingin dan menyejukkan. Namun, masyarakat harus tetap waspada karena bersama dengan datangnya musim hujan berbagai penyakit juga turut mengintai. Genangan air yang muncul akibat air hujan bisa menjadi sarang nyamuk yang menyebabkan penyakit. Kira-kira, penyakit apa sajakah yang mengintai selama musim hujan? Berikut ini adalah beberapa penyakit yang harus Anda waspadai saat musim hujan datang.

Flu

Flu adalah jenis penyakit pertama yang kemungkinan besar akan menyerang Anda. Terkadang Anda mungkin kehujanan namun tidak sempat mengeringkan rambut. Kondisi yang seperti ini cenderung menyebabkan suhu dan daya tahan tubuh menurun. Ketika daya tahan tubuh menurun, virus yang beterbangan akan dengan mudah menginfeksi tubuh. Agar terhindar dari virus influenza, ada baiknya bagi Anda untuk menjaga daya tahan tubuh dengan mengkonsumsi makanan dengan nutrisi seimbang.

Kolera

Selain nyamuk, lalat juga banyak beterbangan di saat musim hujan. Lalat-lalat tersebut dapat menyebarkan berbagai jenis bakteri apabila hingga di makanan. Salah satunya adalah kolera. Kolera adalah penyakit diare parah yang bisa menyebabkan penderitanya menjadi dehidrasi. Seseorang bisa mengidap kolera bila memakan makanan atau meminum air yang terkontaminasi bakteri kolera. Penyakit ini dapat dihindari dengan memastikan air yang dikonsumsi bersih dan daerah tempat Anda tinggal memiliki sanitasi yang baik.

Tipes

Penyakit lain yang juga dapat menyerang karena bakteri adalah demam thypoid atau lebih dikenal sebagai tipes. Penyakit ini dapat terjadi karena seseorang mengkonsumsi makanan atau minuman yang terkontaminasi oleh bakteri Salmonella. Penyebarannya juga melalui lalat yang hinggap ke makanan yang dikonsumsi. Pasien akan terserang demam tinggi, sakit perut, pusing, dan juga muntah-muntah. Untuk menghindarinya, kebersihan air minum dan sanitasi memang sangat diperlukan.

Demam Berdarah

Demam berdarah adalah penyakit lain yang juga banyak menjangkit ketika musim hujan datang. Seseorang dapat terjangkit penyakit demam berdarah apabila digigit nyamuk Aedes Aegypti yang membawa virus ini. Hingga kini, penyakit demam berdarah masih menjadi pembunuh di Indonesia karena gejalanya yang sering diabaikan. Oleh karena itu, ada baiknya bagi Anda untuk berhati-hati apabila mengalami demam dan suhunya naik turun seperti pelana kuda. Untuk menghindari terserang demam berdarah, pakailah lotion anti nyamuk atau semprotan anti nyamuk yang kuat. Selain itu, pastikan tidak ada genangan air kotor yang bisa menjadi tempat bersarangnya nyamuk yang menyebarkan virus ini.

Gastroentritis

Kelembaban udara yang tinggi saat musim hujan sering menjadi penyebab pesatnya pertumbuhan bakteri yang bisa menyebabkan penyakit. Salah satunya adalah bakteri yang menyebabkan gastroenteritis. Penyakit yang satu ini adalah peradangan pada perut yang disebabkan oleh bakteri. Penderita akan merasakan diare, kram perut, mual dan muntah. Demam tinggi juga dapat terjadi pada pasien. Hal ini dapat terjadi karena mengkonsumsi makanan yang kurang bersih. Penyakit ini dapat dihindari dengan menghindari makanan mentah seperti salad karena bisa jadi Anda kurang bersih mencucinya. Selain itu, hindari juga makanan yang dijual di pinggir jalan karena bisa saja sudah terkontaminasi bakteri penyebab diare. Apabila sudah terserang gastroenteritis, ingatlah untuk selalu minum banyak air agar tidak dehidrasi.

Nah, beberapa penyakit di atas adalah penyakit saat musim hujan datang. Ada baiknya Anda selalu menjaga kesehatan tubuh dengan mengkonsumsi makanan yang sehat dan vitamin. Jangan berhujan-hujanan karena bisa menurunkan suhu tubuh. Selalu kenakan pakaian yang hangat dan panjang agar tidak mudah tertular virus atau bakteri yang dapat menyebabkan penyakit. Jangan lupa untuk memenuhi kebutuhan air putih Anda agar tubuh tidak dehidrasi.


Sumber: Wockhardthospitals.com