LIBURAN KE LUAR NEGERI, BOLEH BAWA OBAT NGGAK SIH?

Kemanakah Anda merencanakan liburan tahun ini? Ke kota sebelah? Atau malah ke luar negeri? Wah, tentunya rencana liburan Anda sudah tersusun dengan baik ya. Mulai dari jadwal, pakaian, dan mungkin obat-obatan yang akan Anda bawa ke luar negeri. Eh, tunggu dulu, apakah Anda sudah berkonsultasi dengan praktisi kesehatan mengenai obat-obatan yang akan Anda bawa ke luar negeri?

Sama halnya di Indonesia, banyak negara yang memiliki aturan khusus mengenai obat-obatan yang diperbolehkan masuk. Meskipun Anda harus rutin meminum obat tertentu yang sudah diresepkan oleh dokter, Anda tetap tidak bisa membawanya masuk ke negara lain apabila memang tidak diizinkan di negara tersebut. Lalu, apa yang harus Anda lakukan?

Konsultasikan dengan Dokter

Agar tidak terjebak karena ketidaktahuan Anda, sebaiknya sebelum bepergian ke luar negeri Anda sudah berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter Anda mengenai rencana tersebut setidaknya dua bulan sebelum keberangkatan. Dengan begitu, dokter Anda dapat membuat keputusan mengenai rutinitas minum obat ketika Anda sudah sampai di negara tujuan.

Cek Aturan di Negara Tujuan

Selain berkonsultasi dengan dokter, Anda juga harus memastikan aturan di negara tujuan. Jika Anda sudah mengetahui jenis obat yang akan Anda bawa, segera cari tahu apakah di negara tujuan obat tersebut dianggap legal atau tidak. Karena, bila ternyata obat Anda termasuk obat ilegal, bisa-bisa Anda dituduh menyelundupkan obat-obatan terlarang. Selain itu, Anda juga harus mencari tahu mengenai apotek ataupun rumah sakit di negara tujuan yang menyediakan obat yang Anda konsumsi. Dengan demikian, bila obat Anda sudah habis Anda sudah tahu cara untuk mendapatkannya lagi.

Simpan di Tempat yang Benar

Hal selanjutnya yang perlu Anda siapkan adalah cara untuk menyimpan obat. Tentu saja obat-obatan Anda tidak bisa disimpan begitu saja di saku tas. Lebih baik, Anda menempatkan berbagai obat-obatan dan keperluan kesehatan di satu wadah. Berikan juga label yang berbeda untuk jenis obat yang berbeda. Jika obat Anda sudah memiliki kemasan, jangan keluarkan obat dari kemasan. Ada baiknya juga untuk menyimpan salinan resep dari obat Anda di wadah yang sama. Apabila ada keterangan khusus mengenai obat Anda, mintalah dokter untuk menuliskannya seperti nama generik obat atau kondisi kesehatan yang membuat Anda harus meminum obat tersebut. Obat Anda mungkin mengandung obat-obatan terlarang yang termasuk dalam daftar obat yang sering disalahgunakan. Anda juga harus menyiapkan izin resmi untuk membawa obat-obatan tersebut ke luar negeri.

Jaga Suhu Obat

Jika Anda berencana mengunjungi negara dengan cuaca panas yang ekstrim, ada baiknya Anda menyimpan obat-obatan tersebut dalam wadah khusus yang bisa menjaga suhu obat. Ada beberapa jenis obat yang harus disimpan dalam suhu ruangan yaitu di bawah 25 derajat Celcius. Jika obat Anda salah satunya, Anda bisa membawa termos dingin, ice pack atau wadah lain yang bisa membantu menjaga suhu obat. Dengan demikian, obat-obatan Anda tidak kehilangan khasiatnya.


Sumber: NHS.uk