SETELAH MANDI MASIH BAU BADAN? INI SEBABNYA!

Bau badan adalah hal yang mungkin membuat Anda merasa kurang percaya diri. Selain itu, tentunya bau badan yang tidak enak akan mengganggu orang-orang di sekitar Anda. Bau badan umumnya disebabkan karena keringat yang berlebihan. Keringat diproduksi oleh dua kelenjar yang disebut dengan kelenjar ekrin dan kelenjar apokrin. Sebenarnya, fungsinya adalah untuk mendinginkan suhu tubuh saat meningkat. Namun, yang menyebabkan bau adalah karena keringat yang keluar bercampur dengan bakteri yang terdapat pada kulit. Semakin banyak Anda berkeringat, semakin bau pula badan Anda bila sedang dalam kondisi tidak bersih.

Meskipun bau badan memang alamiah, bukan berarti Anda boleh membiarkannya saja. Bau badan yang tidak sedap dapat mengganggu orang lain. Orang-orang di sekitar Anda mungkin akan merasa tidak nyaman berada di dekat Anda. Tentunya hal ini tidak Anda inginkan. Namun, jangan khawatir. Bau badan ternyata dapat diatasi dengan berbagai cara di bawah ini.

Pastikan Badan Anda Bersih

Mandi setidaknya 1 hari sekali akan sangat membantu untuk membilas keringat setelah seharian beraktivitas di luar rumah. Selain itu, bakteri yang menempel pada tubuh ikut terbilas bersama dengan air. Semakin bersih badan Anda, semakin kecil pula kemungkinan bakteri yang menyebabkan keringat berbau tidak sedap untuk menempel pada kulit Anda.

Pakai Sabun Anti Bakteri

Penyebab bau badan yang paling utama adalah bakteri. Agar bakteri tidak mudah menempel pada tubuh Anda, akan lebih baik bila memilih sabun anti bakteri untuk membasuh tubuh Anda. Perhatikan kemasan sabun sebelum membelinya, agar sabun yang Anda pilih bermanfaat untuk Anda.

Keringkan dengan Benar

Bakteri dapat berkembang pada kulit yang lembab. Meskipun Anda tidak berkeringat, bila badan Anda tidak benar-benar kering setelah mandi, bakteri tetap akan menempel dengan mudah. Wajar bila sebagian orang merasa masih bau meskipun sudah mandi. Oleh karena itu, pastikan untuk mengeringkan tubuh Anda dengan handuk setelah mandi.

Pakai Deodoran

Deodoran biasa mungkin hanya menutupi bau keringat. Namun, jika Anda memakai deodoran yang mengandung antiperspiran, Anda mungkin akan lebih sedikit berkeringat. Antiperspiran mengandung aluminium klorida yang bisa membantu mengurangi keringat. Anda bisa memakai deodoran dua kali sehari di pagi dan juga sore hari.

Pastikan Pakaian Anda Bersih

Pakaian dengan bahan-bahan tertentu bila menyerap keringat akan berbau tidak sedap. Selain itu, keringat yang menempel pada pakaian sebaiknya segera dicuci agar tidak menempel baunya. Kaos kaki juga bisa menjadi sumber bau tidak sedap sehingga lebih baik segera dicuci bila sudah berbau.

Kurangi Makanan atau Minuman yang Menyebabkan Bau Badan

Ada beberapa jenis makanan dan minuman yang bisa menyebabkan Anda berkeringat berlebihan sehingga badan menjadi mudah bau. Selain itu, ada juga jenis makanan yang aroma alaminya bisa turut keluar bersama keringat Anda seperti bawang merah dan bawang putih. Petai atau jengkol sebaiknya juga dihindari karena dapat menimbulkan bau mulut.


Sumber: Webmd.com