KERACUNAN MAKANAN BISA DIATASI, INI CARANYA!

Makanan yang kita makan sehari-hari tentunya harus memiliki standar kebersihan tertentu dan tidak kadaluarsa. Bila makanan yang Anda konsumsi ternyata tidak higienis, bisa jadi nantinya Anda keracunan. Keracunan makanan tentunya sangat berbahaya bagi tubuh Anda. Bahkan, bila kondisi tubuh sedang tidak baik, keracunan makanan dapat menyebabkan kematian.

Gejala Keracunan Makanan

Saat keracunan makanan, ada beberapa gejala yang akan Anda alami seperti mual, muntah, diare, kram perut, dan lemas. Anda mungkin juga kehilangan nafsu makan dan demam. Gejala lain yang mungkin terjadi adalah badan gemetar. Apabila Anda merasakan gejala-gejala tersebut, bisa jadi Anda keracunan makanan.

Menangani Keracunan Makanan

Lalu, apa yang harus dilakukan saat keracunan makanan?

Sesungguhnya, kasus keracunan makanan bisa dirawat sendiri di rumah apabila belum parah. Yang paling penting, saat Anda keracunan makanan, jangan sampai tubuh Anda menjadi dehidrasi. Pastikan Anda meminum banyak air putih meskipun Anda merasa kesusahan untuk meminumnya. Selanjutnya, paksakan juga untuk mengisi perut dengan makanan yang lembut dan ringan sedikit demi sedikit, misalnya roti, pisang, atau nasi. Selalu kontrol kondisi Anda agar tidak melemah.

Kapan ke Dokter?

Ada kalanya keracunan makanan menjadi parah apabila tidak ditangani dengan segera. Ada beberapa kondisi yang mengharuskan Anda untuk memperoleh penanganan medis.

1. Apabila gejalanya parah dan Anda terus-terusan muntah sehingga badan menjadi dehidrasi karena tidak terisi air.

2. Gejala yang Anda rasakan tidak membaik setelah beberapa hari

3. Ada gejala lain yang muncul seperti detak jantung yang tidak normal, mata sayu, atau hanya sedikit cairan yang keluar saat kencing.

4. Ibu hamil

5. Lansia di atas 60 tahun

6. Bayi atau anak kecil

7. Ada sejarah penyakit seperti diabetes, ginjal, atau penyakit perut lainnya.

8. Sistem imun yang lemah

Pastikan untuk segera menghubungi dokter atau rumah sakit terdekat bila Anda termasuk dalam kondisi di atas. Dengan demikian, Anda dapat segera memperoleh penanganan medis dari ahlinya. 


Sumber: NHS.uk