KADANG LUPA DUDUK SAAT MAKAN? WAH, PADAHAL BANYAK MANFAATNYA!

Sejak kecil, orangtua selalu mengajarkan untuk duduk saat makan. Padahal, sewaktu kecil tentu hal tersebut terasa menyebalkan karena saat kecil tentunya kita ingin makan sambil bermain atau menonton televisi. Namun, ternyata anjuran untuk makan sambil duduk bukanlah tanpa alasana. Faktanya, secara medis, duduk saat makan sangat bermanfaat. Apa saja manfaatnya?

1. Mengatur Asam Lambung

Saat makan, makanan yang dicerna akan turun hingga masuk ke lambung. Apabila Anda duduk saat makan, proses pencernaan akan terjadi dengan lancar. Namun, bila Anda makan sambil bergerak atau berjalan kesana kemari, ada kemungkinan besar bila pencernaan tidak akan berlangsung dengan baik sehingga asam lambung bisa naik.

2. Membantu Proses Pencernaan Makanan

Agar semua nutrisinya dapat diserap oleh tubuh, sudah semestinya makanan yang Anda makan harus dicerna dengan baik. Agar proses pencernaan berjalan dengan lancar, tentunya Anda harus duduk saat makan.

3. Menghindari Perut Kembung

Bila Anda makan sambil bergerak, besar kemungkinan perut menjadi kembung. Perut yang kembung akan menningkatkan keinginan untuk muntah. Wajar bila orangtua menyuruh anaknya untuk duduk saat makan.

4. Mengurangi Kentut

Meskipun kentut menyehatkan, namun bila terjadi di waktu yang tidak tepat tentunya akan memalukan. Bila Anda tidak ingin kentut saat sedang makan bersama teman-teman ataupun relasi bisnis, sebaiknya Anda makan dengan duduk. Bila Anda berjalan kesana kemari sambil makan, tentunya pencernaan akan terganggu sehingga terjadi pembentukan gas yang bisa membuat Anda sering kentut.

5. Mengatur porsi makan

Tidak banyak yang tahu bahwa makan sambil berdiri atau berjalan-jalan bisa mengakibatkan Anda makan dalam porsi yang besar. Beda ceritanya bila Anda duduk saat makan. Pencernaan bisa diproses dengan baik sehingga Anda bisa merasa kenyang saat memang sudah kenyang.


Sumber: Merdeka.com