KENALI JENIS TABLET DAN CARA KONSUMSINYA!

Tentu Anda sudah melihat berbagai jenis obat saat sakit. Mungkin Anda harus menegak langsung obat tersebut agar bisa merasakan manfaatnya. Bagi masyarakat umum, mungkin obat-obatan yang dibeli adalah jenis obat yang cenderung umum dan mudah dikonsumsi. Padahal jenis obat sesungguhnya bermacam-macam, lho. Cara konsumsinya pun berbeda-beda. Berikut ini adalah beberapa jenis obat tergantung dari cara konsumsinya.

1. Tablet Effervescent

Jenis obat yang satu ini harus dikonsumsi dengan cara dilarutkan terlebih dahulu dalam segelas air. Kemudian air tersebut diminum sampai habis. Biasanya, vitamin C adalah jenis yang harus dilarutkan dalam air terlebih dulu sebelum dikonsumsi.

2. Tablet Dispersible

Berbeda dengan sebelumnya, tablet yang satu ini bisa diletakkan di atas lidah sebelum didorong masuk dengan air. Biasanya, tablet dispersible juga bisa dikonsumsi dengan cara dilarutkan dalam air, namun jumlahnya dibatasi.

3. Tablet Sublingual

Cara konsumsi tablet sublingual sedikit berbeda dan mungkin tidak banyak orang yang sudah mencobanya. Tablet yang satu ini dikonsumsi dengan cara diletakkan di bawah lidah hingga larut.

4. Tablet Bukal

Obat steroid atau obat hormon biasanya merupakan obat jenis bukal. Cara konsumsinya juga sedikit berbeda dari obat lainnya, yaitu dengan diletakkan di antara gigi dan gusi.

5. Tablet Kunyah

Nah, biasanya saat membelikan vitamin untuk anak, Anda akan mendapatkan berbagai jenis tablet yang bisa dikunyah. Agar zat aktif di dalamnya dapat dilepaskan, tablet jenis ini memang harus dikunyah dan tidak boleh ditelan langsung atau khasiatnya tidak akan didapatkan.