SETELAH BAHAYAKAN PARU-PARU, ROKOK JUGA TURUNKAN IQ!

Merokok hingga kini masih menimbulkan berbagai masalah kesehatan. Selain membuat paru-paru rusak, rokok juga merusak gigi, gusi dan bahkan bisa menyebabkan mandul. Kandungan nikotin dalam tembakau memang menunjukkan berbagai dampak buruk. Wajar bila banyak organisasi kesehatan mengkampanyekan larangan untuk merokok karena bisa berbahaya juga untuk orang lain yang tak sengaja menghisap asapnya. Untuk itu, penting diingat bahwa rokok hanya akan menimbulkan beragam penyakit.

Selain menimbulkan beragam penyakit, ternyata rokok juga bisa menurunkan kualitas hidup. Menurut Santi Martini dari Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Airlangga, merokok bisa menurunkan kemampuan kognitif seseorang. Bila masa mudanya seseorang adalah perokok aktif, ketika ia sudah berusia lanjut, kemampuan kognitifnya akan terus menurun sehingga tampak seperti anak SD dan TK. Hasil ini ditemukan oleh Marcus Richard, seorang peneliti dari Inggris yang mengamati perilaku perokok ketika ia berusia 36 tahun, 43 tahun, dan 53 tahun. Terbukti bahwa kemampuan kognitif seorang perokok semakin menurun seiring dengan bertambahnya usia.

Ditilik dari hasil tersebut, bisa dipastikan bahwa rokok memang sudah sepatutnya dihindari. Daripada merokok, ada lebih banyak aktivitas yang bisa dilakukan, apalagi yang menunjang kesehatan. Nah, bagi Anda yang merokok, segera hentikan kebiasaan tersebut sedikit demi sedikit agar kualitas hidup tidak menurun.


Sumber: Liputan6.com