PERTOLONGAN PERTAMA ANAK DEMAM MALAM HARI, KIRA-KIRA BAGAIMANA YA?

Demam pada anak memang umum terjadi karena mereka belum memiliki sistem imun yang sempurna. Jadi, kalau suhu tubuh buah hati tiba-tiba meningkat, Sobat Sehat tidak perlu panik. Sebab, demam pada anak ini bisa ditangani dengan tepat hingga kembali sembuh. Jika demikian, bagaimana sih pertolongan pertama anak demam malam hari yang harus cepat-cepat dilakukan?

Namun, sebagai orang tua mungkin suatu hal yang wajar jika Sobat Sehat merasa panik dan khawatir ketika anak mengalami demam. Hal ini karena demam bisa menjadi salah satu gejala dari berbagai penyakit berbahaya, seperti demam berdarah, tifus, cacar air, dan lain sebagainya. Melalui pertolongan pertama ini, anak bisa terhindar dari berbagai komplikasi demam yang bisa terjadi.

Pertolongan Pertama Anak Demam Malam Hari

Pada umumnya, demam adalah respon tubuh yang alami saat sedang melawan infeksi virus, bakteri, atau parasit sekalipun.  Anak dikatakan demam jika suhu tubuhnya meningkat drastis, kalaupun diukur dengan termometer, maka akan berada pada angka di atas 37,8 derajat.

Meskipun tidak berbahaya, demam bisa membuat anak-anak menjadi lebih rewel, tidak nyaman, dan nafsu makan menurun. Oleh karena itu, berikut beberapa langkah-langkah dalam melakukan pertolongan pertama anak demam malam hari:

Jangan Tutupi Anak dengan Selimut Tebal

Menutupi anak dengan selimut tebal ketika demam ternyata kurang baik untuk proses penyembuhan. Daripada berselimut, lebih baik biarkan anak berpakaian senyaman mungkin, jika bisa berikan baju berbahan katun yang dapat menyerap keringat.

Jika memungkinkan, gunakan pendingin ruangan agar bisa membantu dalam menetralkan suhu tubuh anak yang tinggi.

Kompres dengan Air Hangat

Ketika anak demam, segera kompres menggunakan air hangat atau kompresan hangat agar suhu ini bisa diserap oleh tubuh. Cara ini bisa membantu dalam menurunkan suhu tubuh secara otomatis. Hindari mengompres anak dengan air dingin, ya, karena tubuh anak bisa terkaget.

Minta Anak untuk  Minum Air

Pertolongan pertama anak demam malam hari yang selanjutnya adalah dorong anak untuk minum air putih dengan cukup. Ketika demam, cairan tubuh anak akan menghilang dengan cepat karena berkeringat dan banyak pipis.

Oleh karena itu, minta dan berikan anak untuk minum air putih atau susu hangat secara pelan-pelan. Hal ini untuk menghindari kondisi dehidrasi yang bisa berbahaya untuk anak. Jadi, pastikan anak tidak kekurangan cairan, ya.

Konsumsi Makanan Hangat

Selain minum air putih, jika bisa suapi anak dengan makanan yang hangat dan lembut, seperti bubur. Dengan mengonsumsi makanan, stamina tubuh bisa tetap terjaga. Selain itu, tambahkan asupan vitamin C dari berbagai jenis buah-buahan atau sayuran untuk meningkatkan sistem imun tubuh.

Minum Obat Penurun Demam

Apabila demam tidak kunjung turun, maka Sobat Sehat bisa berikan obat penurun demam anak sebagai pertolongan pertama anak demam malam hari. Sobat Sehat bisa mendatangi Apotek K-24 terdekat jika membutuhkan obat penurun demam.

Sebab, Apotek K-24 buka selama 24 jam non-stop jadi jika anak mengalami demam di malam hari, orang tua bisa mendapatkan obat penurun demam ini dengan mudah. Obat penurun demam ini juga bisa Sobat Sehat pesan secara online, melalui aplikasi K24Klik.

Biarkan Anak Tidur dengan Lelap

Setelah melakukan cara-cara di atas, biarkan anak untuk tidur dengan tenang agar energi bisa kembali untuk aktivitas di kemudian hari. Selama tidur, tubuh anak juga akan memperbaiki sel-sel yang rusak dan mempunyai fungsi untuk melawan bakteri atau virus.

Nah, itu dia langkah-langkah pertolongan pertama anak demam malam hari yang bisa dilakukan ketika anak mengalami infeksi. Jika demam tetap bertahan selama berhari-hari setelah melakukan langkah di atas, maka segera bawa anak ke dokter terdekat, ya. Dengan periksa dokter, Sobat Sehat akan mendapatkan diagnosis sehingga bisa mendapatkan penanganan yang tepat.