5 MINUMAN PELANCAR BAB, EFEKTIF DAN AMPUH MENGATASI MASALAH PENCERNAAN

Baru-baru ini beredar informasi bahwa ada orang yang mengalami sulit buang air besar (BAB), bahkan tidak BAB selama 1 bulan lebih. Padahal, seseorang paling tidak harus melakukan BAB sebanyak 3 kali dalam seminggu. Jika kurang dari itu, biasanya perut akan terasa begah dan tidak nyaman. Oleh karena itu, Sobat Sehat mungkin membutuhkan minuman pelancar BAB ketika mengalami masalah ini.

Meskipun dianggap hal yang sederhana dan biasa, BAB adalah proses pencernaan yang harus dilakukan oleh manusia secara rutin. Sebab, melalui BAB inilah tubuh Sobat Sehat mencoba untuk membuang sisa-sisa makanan yang sudah tidak dibutuhkan. Ketika tidak BAB, maka Sobat Sehat sama saja sedang menyimpan sampah di dalam sistem pencernaan, khususnya usus.

5 Minuman Pelancar BAB

Tinja yang tidak segera dikeluarkan, nantinya akan menjadi lebih keras. Salah satu akibatnya yang akan terjadi adalah bisa mengalami ambeien atau wasir. Pada umumnya, orang yang sulit BAB ini disebabkan karena beberapa hal, salah satunya kurangnya asupan serat dan cairan.

Oleh karena itu, untuk mengatasinya Sobat Sehat bisa menambah asupan makanan yang mengandung serat dan juga memperbanyak minum setiap hari. Berikut adalah beberapa minuman yang dapat Sobat Sehat coba konsumsi untuk melancarkan proses BAB:

Air Putih

Minuman pelancar BAB yang paling penting dan memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh adalah air putih. Minum air putih ini sebenarnya wajib dilakukan agar kesehatan tubuh bisa terjaga dengan baik, minimal 8 gelas atau 1,5 sampai 2 liter setiap hari.

Dengan terpenuhinya kebutuhan cairan, tubuh Sobat Sehat tidak akan mengalami dehidrasi dan gangguan pencernaan pun jarang terjadi.

Jus Apel

Selain air putih, Sobat Sehat juga bisa minum jus apel ketika mengalami sembelit atau sulit BAB. Hal ini karena buah apel mengandung pektin, salah satu jenis serat larut yang mempunyai banyak manfaat. Salah satunya adalah bisa membuat tinja menjadi lebih lunak sehingga mudah untuk dikeluarkan.

Jus Buah Pir

Tidak hanya apel saja, tapi jus buah pir juga bisa menjadi minuman pelancar BAB yang bisa Sobat Sehat manfaatkan. Sama seperti apel, buah pir ini juga memiliki kandungan serat yang sangat tinggi. Bahkan, buah pir mempunyai kandungan fruktosa dan sorbitol yang efeknya adalah bisa melancarkan proses BAB.

Kopi

Pada umumnya, kopi digunakan sebagai minuman untuk menahan rasa kantuk agar bisa bekerja lebih lama. Namun, secangkir kopi juga bisa meningkatkan pergerakan usus dan memberikan efek ingin BAB.

Minuman kopi memiliki kandungan senyawa yang dapat meningkatkan hormon gastrin dan cholecystokinin yang bisa merangsang kontraksi usus. Kendati demikian, minuman kopi ini kurang direkomendasikan untuk Sobat Sehat yang punya masalah lambung, seperti asam lambung, maag, tukak lambung, dan lain sebagainya, ya.

Teh

Minuman pelancar BAB yang selanjutnya adalah berbagai jenis minuman teh yang ada, seperti teh peppermint, teh hijau, teh hitam, teh jahe, dan teh senna. Umumnya, daun teh yang digunakan untuk diseduh ini memiliki efek pencahar alami sehingga bisa melancarkan proses BAB dengan efektif.

Nah, itu dia beberapa jenis minuman yang bisa membantu Sobat Sehat untuk melancarkan BAB. Ketika sudah merasakan kalau belum BAB selama berhari-hari, maka cepat-cepat minum salah satu minuman di atas agar tinja bisa segera keluar.

Selain itu, menunda-nunda BAB ini juga sangat tidak baik untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan. Apabila minuman pelancar BAB di atas kurang ampuh, maka Sobat Sehat dapat menggunakan obat pelancar BAB yang ada di Apotek K-24 terdekat, ya.