CIRI CIRI ORANG CACINGAN YANG PERLU DIWASPADAI DAN CARA MENGATASINYA

Cacingan merupakan salah satu masalah kesehatan yang bisa mempengaruhi tumbuh dan kembang tubuh manusia. Selain itu, cacingan juga bisa menyerang siapa saja, baik anak-anak, remaja, orang dewasa, atau orang tua sekalipun. Oleh karena itu, Sobat Sehat perlu tahu apa saja ciri ciri orang cacingan agar bisa segera melakukan penanganan bila merasakannya.

Meskipun termasuk dalam masalah kesehatan yang tidak berbahaya, orang yang terkena cacingan akan merasa tidak nyaman. Bahkan, jika tidak ditangani dengan cepat dan tepat bisa menghasilkan komplikasi yang membahayakan kesehatan. Jadi, Sobat Sehat jangan sampai menyepelekan masalah sepele seperti gangguan cacingan ini, ya.

Ciri ciri Orang Cacingan

Cacingan adalah gangguan kesehatan yang disebabkan oleh infeksi cacing yang masuk ke dalam tubuh manusia. Jenis cacing yang menginfeksi ini bisa bermacam-macam, seperti cacing kremi, cacing gelang, cacing pita, dan cacing tambang.

Cacing ini nantinya akan menginfeksi bagian usus sehingga penderitanya bisa merasakan berbagai gejala cacingan. Berikut adalah beberapa gejala cacingan yang umum terjadi dan perlu diwaspadai:

Rasa Gatal di Anus

Apabila Sobat Sehat terinfeksi cacing kremi, maka salah satu tanda yang khas adalah gatal-gatal di bagian anus. Rasa gatal ini biasanya akan muncul dan parah saat malam hari. Sebab, cacing kremi adalah hewan nokturnal sehingga mereka akan aktif bertelur saat malam hari.

Gatal-gatal di anus bisa membuat kualitas tidur berkurang karena Sobat Sehat akan gelisah dan terganggu.

Sakit Perut dan Lemas

Ciri ciri orang cacingan yang selanjutnya adalah sakit perut dan badan lemas. Adanya infeksi cacing di dalam sistem pencernaan mau tidak mau membuat sakit perut, mual, bahkan kram perut. Selain itu, cacing di dalam tubuh juga akan menyebabkan tubuh kekurangan nutrisi yang penting.

Akibatnya, penderita cacingan akan merasa lelah dan lemas terus-menerus, meskipun tidak melakukan aktivitas yang berat. Tubuh yang lemas juga bisa terjadi karena penderita tidak mendapatkan kualitas tidur yang baik.

Penurunan Berat Badan

Tidak hanya merampas nutrisi di dalam tubuh, cacing-cacing dalam tubuh juga bisa membuat Sobat Sehat tidak nafsu makan. Jika keadaan ini terjadi terus, maka penderita cacingan bisa mengalami penurunan berat badan secara drastis.

Selain itu, penurunan berat badan ini menjadi ciri ciri orang cacingan yang sudah parah dan perlu penanganan yang cepat.

Diare

Selain sakit perut, adanya infeksi cacing dalam usus juga dapat menyebabkan kondisi diare, sebuah keadaan di mana Sobat Sehat mengalami BAB terus-menerus. Pada beberapa kasus, diare akibat dari cacingan ini bisa menimbulkan keluarnya darah dan lendir ketika BAB. Jadi, selalu perhatikan keadaan tinja ketika melakukan BAB, ya.

Cara Mengatasi Cacingan

Dalam mengatasi ciri ciri orang cacingan di atas, Sobat Sehat perlu mengonsumsi obat cacing selama kurang lebih 3 hari. Untuk mengatasi dan mencegah penularan cacingan yang berkelanjutan, seluruh penghuni rumah sebaiknya mengonsumi obat cacing ini.

Selain mengonsumsi obat cacing, Sobat Sehat juga sebaiknya melakukan hal-hal berikut ini agar tidak terkena cacingan lagi:

  • Selalu cuci tangan setelah menyentuh tanah, setelah ke kamar mandi, sebelum makan, dan setelah makan.

  • Selalu minum air matang atau air kemasan.

  • Cuci buah dan sayur sebelum mengonsumsinya.

  • Masak daging hingga benar-benar matang.

  • Jika memelihara hewan, sebaiknya berikan obat cacing secara rutin dan jaga kebersihan lingkungannya.

  • Konsumsi obat cacing selama 6 bulan sekali.

Nah, itu dia ciri ciri orang cacingan dan bagaimana untuk mengatasinya agar terbebas dari penyakit yang merugikan. Oh iya, untuk membeli obat cacingan ini, Sobat Sehat bisa langsung datang ke Apotek K-24 terdekat, ya.

Jika tidak bisa datang langsung ke Apotek K-24, maka bisa lho lewat aplikasi apotek online milik Apotek K-24, yaitu K24Klik. Sobat Sehat bisa meminta pihak Apotek K-24 untuk mengantarkan obat untuk sampai ke rumah, jadi Sobat Sehat tidak perlu repot-repot keluar rumah. Yuk, jaga kesehatan tubuh bersama Apotek K-24!