4 CIRI-CIRI PENYAKIT LIVER YANG SUDAH PARAH, KENALI DAN WASPADAI SEJAK DINI!

Menurut data dari Kementerian Kesehatan RI, jumlah penderita penyakit liver di Indonesia bisa mencapai lebih dari 30 juta. Bahkan, penyakit liver ini dianggap sebagai penyebab kematian terbesar pada orang-orang berusia 35-49 tahun. Oleh karenanya, mengetahui apa saja ciri-ciri penyakit liver yang sudah parah bisa menjadi salah satu langkah untuk mencegah atau menangani masalah sejak dini.

Organ liver atau hati menjadi organ dalam yang sangat penting untuk kesehatan tubuh. Sebab, fungsi utama dari organ ini adalah membersihkan tubuh dari racun yang masuk ke dalam, sintesis protein, menghasilkan enzim, dan menyimpan energi cadangan. Artinya, tanpa adanya organ hati, sistem pencernaan tidak akan bisa bekerja dengan baik.

Ciri-ciri Penyakit Liver yang Sudah Parah

Berdasarkan laman dari American Liver Foundation, ternyata ada lebih dari 100 jenis penyakit yang bisa menyerang organ liver. Contoh dari penyakit hati yang sering muncul adalah hepatitis, sirosis hati, kanker hati, penyakit liver kolestasis, fatty liver disease, dan lain sebagainya.

Penyebabnya sendiri bisa bermacam-macam, mulai dari infeksi virus, faktor genetika, obesitas, pola makan sembarangan, efek samping obat, dan kebiasaan minum alkohol. Berikut merupakan beberapa ciri-ciri penyakit liver yang sudah parah dan perlu Sobat Sehat waspadai karena bisa membahayakan kesehatan:

Anggota Tubuh Mudah Memar dan Bengkak

Terjadinya pembengkakan di bagian perut dan kaki adalah tanda yang sering terjadi pada penderita penyakit liver. Hal ini karena tekanan dara yang tinggi pada pembuluh darah liver sehingga liver tidak bisa membuat albumin.

Selain itu, anggota tubuh juga akan mudah mengalami memar karena hati sudah tidak bisa menghasilkan zat pembekuan darah. Memar-memar ini bisa terjadi tanpa alasan yang jelas, lho.

Pembuluh Darah Sangat Terlihat

Ketika kulit terdapat garis-garis seperti jaring laba-laba, maka Sobat Sehat perlu berhati-hati. Sebab, garis-garis tersebut adalah pembuluh darah arteri kecil yang semakin terlihat karena kulit menjadi lebih pucat.

Kulit atau Mata Menjadi Lebih Kuning

Ciri-ciri penyakit liver yang sudah parah dan menjadi gejala khas adalah kulit atau mata menjadi berwarna lebih kuning. Kulit dan mata yang menguning menjadi ciri khas penyakit liver karena organ ini sudah tidak bisa bekerja dengan baik.

Umumnya, liver yang sehat bisa menyerap kelebihan bilirubin yang kemudian diubah menjadi empedu dan akan dikeluarkan lewat BAB. Namun, pada penderita penyakit liver, terjadi penumpukan pigmen empedu (bilirubin) karena liver tidak bisa menyerapnya.

Tubuh Mudah Merasa Letih

Orang yang mempunyai masalah organ liver biasanya akan mudah mengalami kelelahan tanpa alasan. Hal ini mungkin karena makanan yang tidak dicerna dengan baik. Selain itu, masalah liver juga akan membuat penderitanya mual-mual karena ada penumpukan racun di aliran darah.

Cara Mencegah Penyakit Liver

Pada umumnya, ciri-ciri penyakit liver yang sudah parah di atas hanya akan bisa ditangani dengan beberapa terapi, seperti konsumsi obat-obatan, perubahan gaya hidup, hingga prosedur medis transplantasi hati. Tentu saja untuk terapi-terapi ini akan membutuhkan kesabaran dan juga biaya yang tidak sedikit.

Oleh karena itu, akan lebih baik jika Sobat Sehat bisa mencegah penyakit liver dalam kehidupan sehari-hari. Inilah beberapa cara yang bisa Sobat Sehat lakukan:

  • Konsumsi makanan yang sehat dan bergizi seimbang.

  • Batasi atau hindari minum minuman beralkohol atau bersoda.

  • Rutin melakukan olahraga.

  • Mencuci tangan sebelum mengolah makanan, sebelum makan, dan setelah menggunakan kamar mandi.

  • Jaga kebersihan lingkungan sekitar, baik di rumah, sekolah, atau tempat kerja.

Konsumsi obat sesuai dengan anjuran dokter dan suplemen yang bisa membantu dalam menjaga kesehatan hati. Obat atau suplemen untuk organ liver ini bisa Sobat Sehat beli di Apotek K-24 terdekat, lho, untuk menjamin keamanan dan keasliannya.

Nah, itu dia beberapa ciri-ciri penyakit liver yang sudah parah dan perlu diwaspadai sejak dini agar bisa mendapatkan penanganan yang tepat. Yuk, jaga kesehatan organ liver bersama Apotek K-24!