PANAS DALAM PADA ANAK, APA PENYEBAB DAN CARA MENGATASINYA?

Kondisi panas dalam ternyata tidak hanya terjadi pada orang dewasa saja, karena anak-anak pun juga bisa mengalaminya. Meskipun tidak berbahaya, panas dalam pada anak bisa membuat mereka tidak nyaman, bahkan rewel atau tidak nafsu makan. Keadaan ini tentu tidak baik untuk kesehatan jika terus berlanjut karena asupan makanan sangat penting untuk tumbuh dan kembang anak.

Anak yang rewel dan tidak nyaman saat tidur kadang membuat orang tua panik dan khawatir. Oleh karenanya, mengetahui beberapa cara mengatasi gangguan panas dalam sangat penting dalam merawat anak. Cara meredakan gejala panas dalam ini biasanya terbilang mudah dan tidak membutuhkan biaya yang tinggi, jadi Sobat Sehat sebagai orang tua tidak perlu khawatir.

Gejala Panas Dalam pada Anak

Sebelum mengatasi panas dalam ini, tentu Sobat Sehat perlu mengenali gejala-gajal panas dalam yang dialami oleh anak. Panas dalam sendiri sebenarnya bukan sebuah penyakit tapi lebih kepada kumpulan gejala-gejala yang terjadi dalam rongga mulut, tenggorokan, dan saluran pencernaan.

Selain itu, panas dalam sebenarnya menggambarkan sensasi panas dingin yang kadang timbul. Gejala-gejala yang sering muncul bersamaan dengan panas dalam adalah sakit tenggorokan, sariawan , bibir pecah-pecah, diare, badan pegal, dan sensasi panas di dada.

Cara Mengatasi Panas Dalam pada Anak

Ketika sudah terjadi gejala-gejala di atas, sebaiknya segera periksakan ke dokter atau lakukan penanganan agar tidak semakin parah. Sebab, anak yang panas dalam bisa mengalami sesak napas, sering meneteskan air liur, dan kesulitan dalam menelan makanan.

Berikut adalah beberapa langkah sederhana yang bisa dilakukan untuk mengatasi panas dalam:

Banyak Minum Air Putih

Perbanyak minum air putih ternyata menjadi salah satu kunci dalam mengatasi panas dalam. Dengan minum air putih setiap hari ini nantinya akan menghilangkan ketidaknyamanan di tenggorokan dan menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh sekaligus.

Dalam mengatasi panas dalam ini, lebih baik pilih air putih dalam kondisi hangat. Sebab, dengan air hangat, tenggorokan anak akan terasa lebih lega.

Berkumur dengan Air Garam

Cara mengatasi panas dalam pada anak yang selanjutnya adalah kumur-kumur menggunakan campuran air garam. Walaupun efeknya tidak terjadi secara langsung, tapi air garam hangat ini bisa membantu dalam melawan bakteri di tenggorokan yang menyebabkan panas dalam.

Membuat air garam ini sangatlah mudah, Sobat Sehat tinggal mencampurkan satu sendok teh garam ke dalam satu gelas air hangat. Setelah itu minta anak untuk berkumur-kumur dengan air tersebut.

Konsumsi Bahan Alami

Makan atau minum bahan-bahan yang memiliki sifat antiinflamasi juga menjadi salah satu cara untuk mengatasi panas dalam. Contoh bahan pangan yang dimaksud ini adalah madu, lemon, dan teh herbal. Ketiga bahan ini ternyata mampu untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan meredakan gejala panas dalam secara alami.

Minum Obat Panas Dalam

Selain cara-cara di atas, langkah dalam mengatasi panas dalam pada anak yang paling efektif adalah dengan minum obat khusus untuk panas dalam. Minum obat ini bisa menjadi cara terakhir apabila langkah-langkah mengatasi panas dalam ini tidak ampuh.

Sobat Sehat perlu datang ke Apotek K-24 terdekat untuk mendapatkan obat yang aman untuk anak, atau bisa melalui aplikasinya di K24Klik. Sebelum membelinya, pastikan Sobat Sehat sudah berkonsultasi dengan apoteker setempat atau dokter, ya, agar obat bisa cocok dengan gejala panas dalam.

Konsultasi bersama apoteker di Apotek K-24 ternyata bisa Sobat Sehat lakukan melalui layanan online dan bersifat gratis, lho. Jadi, demi kesehatan anak tidak usah ragu untuk menghubungi Apotek K-24, ya. Demikian ulasan singkat tentang panas dalam pada anak, semoga dapat membantu.