APAKAH SPERMA BAGUS UNTUK WAJAH? CEK FAKTA MENARIKNYA!

Dulu pernah beredar kabar bahwa menggunakan sperma sebagai masker wajah ternyata bisa membantu dalam menghaluskan kulit wajah. Bahkan, bagi Sobat Sehat yang mengalami masalah jerawat juga bisa mengatasinya dengan sperma. Jika demikian, benarkah kabar yang beredar ini? Apakah sperma bagus untuk wajah atau justru bisa menimbulkan dampak yang tidak diinginkan?

Perawatan wajah memang wajib dilakukan oleh semua orang, baik laki-laki atau perempuan ketika ingin memiliki kulit yang bersih dan sehat. Hal yang paling sederhana dilakukan ketika melakukan perawatan wajah adalah menggunakan produk-produk skincare atau bahan-bahan alami. Tentu saja bahan alami yang dimaksud ini merupakan bahan yang memiliki kandungan nutrisi yang tinggi.

Apakah Sperma Bagus untuk Wajah?

Pada umumnya, sperma merupakan sel yang ada di dalam air mani laki-laki ketika mereka melakukan ejakulasi. Masih banyak orang yang salah menduga bahwa sperma adalah cairan putih pada saat ejakulasi, padahal sperma sendiri hanya bisa dilihat menggunakan mikroskop.

Ketika dilihat dengan mikroskop, sperma ternyata memiliki bentuk yang terbagi menjadi 3 bagian, yaitu kepala, leher bagian tengah, dan ekor. Fungsi utama dari sperma sendiri adalah membuahi sel telur agar tercipta embrio yang nantinya akan berkembang menjadi janin.

Sobat Sehat perlu tahu fakta menarik tentang sperma, di mana sel ini mengandung beberapa nutrisi, seperti protein, zinc, kalium, magnesium, kalsium, urea, natrium, dan asam laktat. Lalu dengan adanya senyawa ini, apakah sperma bagus untuk wajah?

Kementerian Komunikasi dan Informasi RI mengatakan bahwa manfaat sperma untuk wajah ini hanyalah hoax semata. Kabar kurang benar ini menyebar karena adanya kandungan vitamin C, zinc, spermine, dan glutathione yang dikatakan bisa melawan jerawat, meningkatkan kolagen, dan menghambat penuaan dini.

Padahal, belum ada riset lebih lanjut yang berhasil membuktikan penggunaan sel sperma pada kulit wajah. Jadi, dapat dikatakan bahwa menggunakan sperma belum atau tidak akan efektif dalam merawat kesehatan kulit wajah.

Dampak Pemakaian Sperma pada Wajah

Melihat penjelasan di atas, pertanyaan apakah sperma bagus untuk wajah sebenarnya sudah sudah terjawab lewat pernyataan dari Kominfo RI. Justru sebaliknya, mengoles sperma atau air mani ke kulit wajah bisa meningkatkan risiko gangguan kesehatan, lho.

Sobat Sehat yang memakai sperma di kulit wajah bisa mengalami beberapa hal, seperti iritasi, peradangan kulit, hingga efek alergi. Hal ini tentu akan berkebalikan dari tujuan perawatan wajah yang berusaha untuk memperbaiki keadaan kulit.

Tidak hanya itu saja, penggunaan sperma juga dapat menimbulkan beberapa gangguan infeksi menular seksual di bagian bibir, mata, atau lubang hidung. Banyak sekali jenis-jenis IMS yang ada, salah satunya hepatitis, gonore, sifilis, dan HIV.

Sperma yang mungkin memiliki virus HPV juga dapat menyebabkan munculnya kutil di kulit wajah. jadi, sudah jelas jawaban dari apakah sperma bagus untuk wajah adalah tidak bagus atau tidak memberikan manfaat sama sekali.

Dalam perawatan wajah, Sobat Sehat lebih baik menggunakan rangkaian skincare, mulai dari facial wash, toner, pelembab, serum, dan lain sebagainya. Beberapa produk skincare ini bisa Sobat Sehat dapatkan di Apotek K-24 terdekat atau pesan online lewat aplikasi K24Klik, lho.

Belanja di Apotek K-24 ini tentu akan terbukti lebih asli dan aman untuk kesehatan. Sebab, Apotek hanya menyediakan produk-produk yang sesuai dengan standar BPOM dan Kementerian Kesehatan RI. Jadi, tidak usah ragu untuk datang ke Apotek K-24, ya!