APA PENYEBAB PENYAKIT ASMA? KENALI SEJAK DINI AGAR PENYAKIT CEPAT HILANG

Di tengah-tengah udara yang kotor dan polusi udara ini banyak masyarakat Indonesia yang mengalami sesak napas, baik anak-anak maupun orang dewasa. Sesak napas ini bisa menjadi tanda bahwa mungkin Sobat Sehat sedang mengalami penyakit asma. Jika demikian, Sobat Sehat perlu tahu apa itu penyakit asma dan sebenarnya apa penyebab penyakit asma yang perlu diwaspadai?

Sama seperti sistem pencernaan, saluran pernapasan memang sangat sensitif dan rentan terkena gangguan kesehatan. Hal ini karena semua orang pasti membutuhkan bernapas setiap saat untuk bisa hidup. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, udara yang dihirup untuk bernapas ini belum tentu bebas dari kuman, bakteri, virus, atau zat-zat berbahaya lainnya.

Penyakit Asma

Sebelum mengenal apa penyebab penyakit asma, Sobat Sehat tentu perlu tahu penyakit asma yang sebenarnya. Penyakit asma adalah salah satu gangguan dalam organ paru-paru yang membuat penderitanya sulit untuk bernapas.

Kesulitan bernapas akibat asma biasanya disebabkan karena terdapat penyempitan atau peradangan dalam saluran pernapasan. Penderita asma memiliki saluran pernapasan yang lebih sensitif. Sebab, saat paru-paru mengalami iritasi, maka saluran udara masuk akan menyempit.

Akibatnya, udara yang masuk pun menjadi terbatas. Penyakit asma ternyata sangat umum terjadi di Indonesia, lho. Sobat Sehat harus tahu bahwa berdasarkan data dari Kemenkes RI tahun 2020, ada sekitar 4,5% dari penduduk Indonesia yang menderita penyakit asma.

Apa Penyebab Penyakit Asma?

Penyebab dari penyakit asma sebenarnya belum diketahui secara pasti. Namun, biasanya orang yang menderita asma biasanya sering terpapar oleh asap rokok, bulu binatang, debu, udara dingin, infeksi virus, terlalu banyak aktivitas fisik, hingga paparan zat kimia.

Menurut Kementerian Kesehatan RI, paling tidak terdapat dua faktor yang mendorong terjadinya penyakit asma, yaitu faktor genetik dan lingkungan. Faktor genetik ini berupa alergi bronkus, jenis kelamin, ras, usia, dan faktor yang memodifikasi penyakit genetik.

Sementara faktor lingkungan ini banyak sekali bentuknya, seperti:

  • Polusi udara, baik di dalam atau luar ruangan.

  • Perubahan cuaca.

  • Asap rokok.

  • Bulu binatang dan debu.

  • Alergen di dalam atau luar ruangan.

  • Asap rumah tangga atau pembakaran.

Gejala Asma

Nah, itu dia jawaban dari apa penyebab penyakit asma yang perlu Sobat Sehat waspadai. Meskipun hanya sesak napas, tapi asma bisa menimbulkan komplikasi yang berbahaya untuk kesehatan, lho. Oleh karena itu, berikut adalah beberapa gejala asma yang perlu dikenali:

  • Sesak napas

  • Batuk

  • Sesak dada

  • Mengi (keluar suara saat bernapas)

Gejala penyakit asma ini memiliki pola yang berbeda-beda setiap orangnya. Namun, apabila Sobat Sehat merasakan salah satu gejala di atas, sebaiknya Sobat Sehat cepat mengambil langkah untuk mengatasinya atau periksa ke dokter agar mendapatkan penanganan tepat.

Cara Mencegah Penyakit Asma

Jika Sobat Sehat sudah tahu apa penyebab penyakit asma, maka Sobat Sehat juga pasti bisa melakukan langkah-langkah pencegahan. Berikut adalah beberapa cara untuk mencegah penyakit asma:

  • Kenali dan pahami penyebab dari penyakit asma.

  • Monitoring kondisi saluran pernapasan.

  • Pastikan udara di sekitar selalu bersih dan gunakan masker di keluar dari rumah.

  • Lakukan langkah pengobatan yang tepat ketika terjadi serangan asma.

Jika memiliki penyakit asma, gunakan obat-obatan yang telah dianjurkan oleh dokter dengan teratur.

Demikian penjelasan singkat mengenai penyakit asma, apa penyebab penyakit asma, hingga bagaimana cara mencegahnya. Apabila Sobat Sehat memang membutuhkan obat asma, maka sebaiknya beli di Apotek K-24 terdekat karena Komplit Obatnya dan Buka Selama 24 Jam.

Jadi, kapan saja Sobat Sehat bisa datang ke Apotek K-24 untuk mendapatkan obat asma yang pasti ada. Yuk, jaga kesehatan paru-paru bersama Apotek K-24!