4 CARA MENGATASI KEPUTIHAN GATAL YANG MENGGANGGU KEHIDUPAN SEHARI-HARI

Bagi sebagian besar wanita mengalami keputihan mungkin menjadi suatu hal yang biasa, apalagi jika menjelang masa menstruasi. Namun, berbeda keadaan jika keputihan yang terjadi ini disertai dengan gejala lain, seperti gatal-gatal, rasa nyeri, atau lain sebagainya. Keadaan tersebut tentu sangat mengganggu, lalu bagaimana sih cara mengatasi keputihan gatal yang efektif?

Pada keadaan yang normal, keputihan pada wanita biasanya berwarna jernih atau seperti putih susu. Keputihan akan terjadi karena dinding vagina memiliki kelenjar yang memproduksi cairan atau pelumas. Hal tersebut sebagai bentuk pertahanan tubuh untuk menjaga kesehatan organ intim. Sobat Sehat tidak memerlukan penanganan khusus apabila keadaan tersebut yang terjadi.

Penyebab Keputihan dan Gatal Vagina

Namun, Sobat Sehat perlu waspada jika keputihan muncul disertai dengan gatal, nyeri, cairan lebih kental dan lengket, berbau menyengat, dan berwarna kuning atau kecokelatan. Sebelum mengetahui cara mengatasi keputihan gatal, Sobat Sehat perlu tahu sebenarnya apa penyebab keputihan dan gatal.

Ada beberapa penyebab yang membuat vagina terasa gatal dan mengeluarkan keputihan yang tidak normal, yaitu:

  • Infeksi bakteri atau parasit di sekitar area vagina.

  • Penyakit dari infeksi menular seksual, seperti gonore.

  • Berganti-ganti pasangan untuk berhubungan seksual.

  • Sering menggunakan sabun kewanitaan untuk membersihkan vagina.

  • Tidak memakai pengaman atau kondom ketika melakukan hubungan intim dengan orang yang bukan pasangan.

Cara Mengatasi Keputihan Gatal

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, keputihan dalam kondisi yang normal tidak akan membahayakan kesehatan. Namun, apabila Sobat Sehat mengalami keputihan yang disertai dengan rasa gatal, maka sebaiknya segera ditangani dengan baik.

Berikut beberapa cara untuk mengatasi keputihan yang bisa dikatakan bukan kondisi normal:

Bersihkan Vagina

Segera bersihkan organ intim dengan cara yang tepat, yaitu menyiram atau membasuh vagina dari depan ke belakang. Membersihkan vagina ini perlu dilakukan secara rutin, setiap kali Sobat Sehat selesai buang air kecil atau BAB.

Jika bisa, sebaiknya gunakan air hangat untuk membersihkan organ vagina ini. Selain itu, bila ingin menggunakan sabun, pilihlah sabun yang ringan dan tidak menggunakan pewangi.

Konsumsi Yogurt

Cara mengatasi keputihan gatal yang selanjutnya adalah dengan makan yogurt. Bahan pangan yang satu ini memiliki kandungan bakteri baik yang bagus untuk kesehatan pencernaan, saluran kemih, dan organ vagina.

Bahkan, Journal of Antimicrobial Chemotherapy mengatakan bahwa kandungan bakteri dalam yogurt dapat mengembalikan keseimbangan bakteri dan jamur dalam vagina.

Gunakan Kompres Dingin

Dalam meredakan rasa gatal dan tidak nyaman dalam vagina, Sobat Sehat bisa melakukan kompres dingin di sekitar area organ intim. Kompres vagina menggunakan kompres es yang dibalut dengan waslap atau handuk lembut. Lakukan kompres dingin dengan berhati-hati, ya.

Konsultasi Dokter dan Minum Obat

Ketika cara-cara di atas tidak ampuh dan keputihan tidak normal terus berlanjut selama seminggu lebih, maka konsultasi dengan dokter sebagai cara mengatasi keputihan gatal. Melalui konsultasi tersebut, Sobat Sehat akan mendapatkan diagnosis dan penyebab yang pasti dari keputihan yang dialami.

Apabila penyebab dari keputihan ini karena infeksi, maka dokter biasanya akan memberikan resep obat yang sesuai dengan masalah. Obat-obatan tersebut biasanya terbukti efektif dalam mengatasi masalah yang terjadi.

Untuk membeli resep obat keputihan dari dokter ini, Sobat Sehat bisa langsung datang ke Apotek K-24 terdekat, ya. Sebab, tidak hanya menyediakan obat bebas, Apotek K-24 juga menjual obat keras yang dapat dibeli melalui resep dokter.

Jangan ragu untuk datang ke Apotek K-24 karena Apotek K-24 hanya menyediakan obat-obatan yang sesuai dengan standar BPOM dan Kemenkes RI. Nah, itu dia penyebab dan beberapa cara mengatasi keputihan gatal yang perlu diwaspadai, semoga dapat bermanfaat!