5 PENYEBAB RAMBUT RONTOK PARAH, HINDARI JIKA INGIN RAMBUT INDAH!

Bagi sebagian besar orang, rambut adalah bagian dari tubuh yang sangat penting dan menjadi mahkota untuk kehidupan sehari-hari. Namun, rambut jika tidak dirawat dengan baik bisa menyebabkan kerontokan yang parah. Kondisi rambut rontok ini bisa sangat mengganggu diri sendiri dan orang di sekitar. Oleh karenanya, Sobat Sehat perlu tahu apa saja penyebab rambut rontok parah?

Pada keadaan yang normal, rambut bisa lepas atau rontok sebanyak 50-100 helai setiap harinya. Hal ini karena rambut mudah tumbuh dan berjumlah kurang lebih 100.000 helai. Rambut rontok tersebut biasanya akan digantikan dengan rambut yang baru. Jadi, jika Sobat Sehat mengalami hal tersebut tidak perlu khawatir karena hal yang normal, tapi bagaimana jika rambut rontok berlebihan?

Penyebab Rambut Rontok Parah

Menurut American Academy of Dermatology, kerontokan 50 sampai 100 adalah hal yang wajar. Namun, beda keadaan jika rambut rontok terjadi terus-menerus dan dalam jumlah yang banyak. Keadaan tersebut dapat disebabkan karena beberapa keadaan yang mungkin tidak disadari.

Rambut rontok berlebihan biasanya akan ditandai dengan penipisan rambut di puncak kepala, pitak, dan penipisan rambut yang merata di kepala. Berikut adalah beberapa penyebab rambut rontok parah yang perlu Sobat Sehat waspadai:

a. Stres

Kondisi psikologis Sobat Sehat ternyata bisa mempengaruhi kesehatan fisik, lho. Contohnya saja stres yang dapat menyebabkan rambut rontok berlebih. Pertumbuhan folikel rambut akan berhenti ketika tubuh mengalami stres mendadak.

Ketika hal tersebut terjadi, folikel rambut akan beristirahat sehingga biasanya dua bulan setelah stres, Sobat Sehat biasanya akan mengalami rambut rontok parah. Keadaan ini bisa berhenti ketika stres Sobat Sehat menghilang.

b. Asupan Makan Kurang Sehat

Sama seperti tubuh manusia lainnya, rambut juga memiliki kebutuhan nutrisi yang sangat penting. Salah satu kebutuhan utama dari rambut adalah asupan protein yang menjadi nutrisi penting dalam membentuk keratin rambut yang kuat.

Oleh karena itu, ketika Sobat Sehat kurang memperhatikan apa yang dikonsumsi dan kekurangan protein, maka rambut bisa rontok.

c. Menata Rambut yang Salah

Penyebab rambut rontok parah yang selanjutnya adalah kebiasaan menata atau treatment rambut yang salah. Misalnya adalah saat Sobat Sehat mengikat rambut terlalu kuat, hal ini bisa merusak akar rambut. Selain itu, perawatan rambut yang menggunakan suhu tinggi dan bahan-bahan kimia bisa membuat rambut menjadi stres dan berakibat rontok.

d. Kulit Kepala Kurang Dirawat

Tidak hanya kulit wajah yang perlu perawatan, kulit rambut pun juga membutuhkan treatment yang baik. Sebab, kulit kepala yang tidak terawat dapat menimbulkan penumpukan sel kulit mati. Jika hal tersebut terjadi, maka rambut akan sulit untuk bernapas karena tersumbat.

Oleh karena itu, Sobat Sehat perlu untuk membersihkan kulit kepala secara menyeluruh dengan keramas menggunakan shampo.

e. Kekurangan Nutrisi Vitamin dan Zat Besi

Kurangnya asupan vitamin dan mineral ternyata dapat menjadi salah satu penyebab rambut rontok parah. Dengan memenuhi vitamin B12, vitamin D, dan zat besi setiap hari, Sobat Sehat bisa mencegah keadaan rambut rontok.

Oleh karena itu, usahakan untuk mendapatkan sinar matahari setiap hari untuk memperoleh vitamin D. Namun, Sobat Sehat juga bisa mengonsumsi multivitamin atau vitamin yang khusus memiliki vitamin B12, vitamin D, dan zat besi.

Tentu saja untuk mendapatkan vitamin khusus ini lebih baik jika dibeli lewat Apotek K-24 terdekat, atau aplikasi K24Klik. Sebab, Apotek K-24 hanya menyediakan produk-produk yang sudah sesuai dengan standar BPOM dan Kemenkes RI.

Hal tersebut untuk menjamin keamanan dan kegunaan dari vitamin atau suplemen yang akan dikonsumsi. Nah, itulah penjelasan singkat mengenai penyebab rambut rontok parah yang bisa Sobat Sehat Atasi dengan hidup sehat. Jadi, yuk jaga kesehatan rambut bersama Apotek K-24!