9 BUAH PENURUN DARAH TINGGI YANG CEPAT, COCOK UNTUK PENDERITA HIPERTENSI!

Tekanan darah yang terlalu tinggi tidaklah baik untuk kesehatan karena bisa menimbulkan beberapa gangguan. Bahkan, tekanan darah tinggi yang berkelanjutan dapat menyebabkan penyakit jantung, stroke, dan gagal ginjal. Oleh karena itu, jika Sobat Sehat mulai merasakan gejala-gejala darah tinggi (hipertensi), sebaiknya cepat mengonsumsi buah penurun darah tinggi yang cepat.

Sobat Sehat dinyatakan memiliki darah tinggi jika mempunyai tekanan darah lebih dari 120/80 mmHg. Namun, kadang kala seseorang tidak sadar bahwa dirinya sedang mengalami hipertensi. Oleh karena itu, Sobat Sehat harus selalu memperhatikan gaya hidup sehari-hari, mulai dari makanan yang dikonsumsi, aktivitas fisik, beristirahat dengan cukup, dan lain sebagainya.

Buah Penurun Darah Tinggi yang Cepat

Gejala umum yang biasanya dirasakan penderita ketika hipertensi adalah sakit kepala, sesak napas, penglihatan kabur, dan ada nyeri di dada. Jika sudah merasakan gejala tersebut, cepat-cepatlah konsumsi buah-buahan yang tinggi kalium dan magnesium karena bisa menurunkan tekanan darah tinggi.

Berikut beberapa jenis buah yang bisa Sobat Sehat gunakan untuk mengatasi hipertensi:

Semangka

Buah semangka sudah dikenal banyak orang bisa menurunkan darah tinggi, bahkan biasanya disandingkan ketika mengonsumsi daging kambing. Hal ini karena semangka memiliki kandungan citrulline, sebuah asam amino yang berefek dalam melebarkan dan melemaskan pembuluh darah.

Alhasil, aliran darah akan lancar dan tekanan darah pun menurun.

Mangga

Buah penurun darah tinggi yang selanjutnya adalah mangga. Serat dan kalium dalam buah mangga sangat bagus untuk meningkatkan kesehatan jantung dan pembuluh darah. Oleh karena itu, penderita hipertensi dan diabetes sangat disarankan untuk mengonsumsi buah mangga.

Melon

Buah melon juga mengandung kalium yang banyak sehingga tergolong pada buah yang bisa menurunkan tekanan darah. Kalium sendiri berfungsi dalam mengurangi efek natrium dalam tubuh. Seperti yang Sobat Sehat tahu, garam atau natrium adalah senyawa yang meningkatkan tekanan darah. Selain itu, kalium juga bisa melemaskan dinding pembuluh darah.

Apel dan Pir

Pir dan apel juga menjadi buah penurun darah tinggi yang aman untuk dikonsumsi. Sebuah penelitian mengatakan bahwa dengan mengonsumsi apel dan pir secara rutin akan membantu dalam menurunkan tekanan darah, kolesterol, dan peradangan. Hal ini berkat kandungan vitamin, kalium, dan antioksidan di dalam apel.

Buah Delima

Asam folat dan vitamin C dalam buah delima memberikan efek antiperadangan yang baik untuk kesehatan organ jantung. Oleh karena itu, ada sebuah studi yang menjelaskan bahwa buah delima mampu untuk menurunkan tekanan darah, baik sistolik atau diastolik.

Buah Beri

Berbagai jenis buah beri juga bisa membantu dalam menurunkan tekanan darah, mulai dari stroberi, raspberry, dan blueberry. Hal ini karena buah-buah beri memiliki kandungan antioksidan dan flavonoid yang begitu tinggi.

Jeruk dan Lemon

Buah penurun darah tinggi yang cepat selanjutnya adalah jeruk. Buah jeruk mengandung flavonoid yang bernama hesperidin. Senyawa tersebut baik untuk penderita hipertensi karena bisa menurunkan tekanan darah yang tinggi. Selain ada pada jeruk, hesperidin juga terdapat pada buah lemon.

Nah, itu dia beberapa jenis buah yang bisa menurunkan tekanan darah dan menjaga kesehatan jantung. Menjaga tekanan darah agar tetap normal ini sangat penting ya untuk kehidupan sehari-hari. Salah satu caranya adalah dengan rutin mengecek tensi darah, paling tidak 1 kali tiap 6 bulan.

Sobat Sehat bisa datang ke Apotek K-24 terdekat untuk melakukan cek tensi darah ini. Sebab, Apotek K-24 melayani beberapa cek kesehatan, seperti cek asam urat, cek kolesterol, dan cek gula darah. Jadi, Sobat Sehat tidak perlu jauh-jauh untuk cek kesehatan.

Demikian ulasan tentang buah penurun darah tinggi yang cepat dan aman untuk dikonsumsi. Yuk, jaga kesehatan tubuh bersama Apotek K-24!