OBAT BATUK UNTUK IBU HAMIL, REKOMENDASI YANG AMAN DAN TEPAT!

Batuk adalah suatu masalah kesehatan yang sering terjadi dan bisa menyerang siapapun, termasuk ibu hamil. Namun, mengatasi batuk pada ibu hamil ini harus hati-hati karena mereka tidak boleh makan atau minum sembarangan. Sebab, ibu hamil bisa sangat sensitif terhadap bahan-bahan tertentu. Jika demikian, apa saja obat batuk untuk ibu hamil yang aman untuk dikonsumsi?

Tak heran jika banyak ibu hamil yang bingung untuk mengonsumsi obat apa yang cocok saat kehamilan. Hal ini karena kandungan zat aktif dalam obat batuk yang bisa mempengaruhi kesehatan ibu maupun janin yang dikandung. Oleh karena itu, Sobat Sehat tidak boleh sembarangan dalam memilih obat batuk.

Bahaya Batuk pada Ibu Hamil

Sebelum membahas obat batuk untuk ibu hamil, Sobat Sehat sebaiknya harus tahu bagaimana bahayanya penyakit batuk pada ibu hamil. Sobat Sehat yang sedang hamil tidak boleh menyepelekan gangguan batuk ini, ya.

Sebab, ketika batuk, perut akan otomatis bergerak ke atas dan ke bawah. Keadaan ini tentu bisa menyebabkan tekanan dalam perut di mana janin berada. Nantinya janin akan merasakan getaran ringan dan bisa memberikan respon gerakan di dalam perut.

Ada beberapa kondisi batuk yang berbahaya bagi ibu hamil, seperti: batuk disertai demam tinggi, batuk keras yang tidak membaik selama 1 minggu, batuk disertai gejala tuberkulosis, dan juga batuk pada awal kehamilan (trimester 1) dan akhir kehamilan (trimester 3).

Apabila batuk dibiarkan begitu saja, keadaan tersebut bisa memberikan dampak yang berbahaya, yaitu:

  • Menyebabkan keguguran jika batuk terjadi dengan kuat dan di masa trimester 1.

  • Meningkatkan risiko kelahiran prematur.

  • Menyebabkan rasa nyeri pada perut dan dada.

  • Adanya gangguan pada pertumbuhan janin jika disertai gejala tuberkulosis.

Rekomendasi Obat Batuk untuk Ibu Hamil di Apotik

Melihat penjelasan di atas, batuk pada ibu hamil rasanya harus segera ditangani dengan tepat. Penanganan gangguan batuk pada ibu hamil ini biasanya akan sedikit berbeda. Oleh karenanya, ada beberapa cara alami dalam mengatasi batuk, seperti makan sup hangat, mandi air hangat, kumur air garam, hingga makan lemon dan lemon.

Namun, Sobat Sehat juga bisa menggunakan beberapa obat batuk yang aman untuk ibu hamil. Beberapa jenis obat ini biasanya memiliki kandungan herbal hingga kimiawi. Berikut beberapa rekomendasi obat batuk yang boleh dikonsumsi oleh ibu hamil:

  • Siladex

  • OBH Ika Generik

  • Woods Antitussive Sirup

  • Vicks Vaporub

  • Bisolvon

  • Vicks Formula 44 Sirup

  • Guaifenesin Tablet

Nah, itulah beberapa contoh obat batuk untuk ibu hamil di apotik yang aman untuk dikonsumsi. Sobat Sehat bisa membeli obat-obat tersebut melalui Apotek K-24 agar lebih terjamin keamanannya. Sebab, Apotek K-24 hanya menjual produk-produk yang asli dan sesuai dengan standar BPOM serta Kemenkes RI.

Namun, sebelum minum salah satu obat di atas, Sobat Sehat perlu berkonsultasi dengan dokter secara langsung terlebih dahulu. Sebab, dokter bisa saja memberikan arahan yang sesuai dengan trimester kehamilan sehingga konsumsi obat pun akan lebih aman lagi.

Mari kurangi gejala penyakit dengan Apotek K-24!