5 GEJALA KOLESTEROL TINGGI PADA WANITA YANG PERLU DIWASPADAI

Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC), kolesterol yang tinggi bisa meningkatkan risiko penyakit jantung. Hal ini karena penumpukan kolesterol di dalam tubuh tidaklah baik untuk pembuluh darah. Oleh karena itu, Sobat Sehat, khususnya kelompok perempuan, perlu mengetahui apa saja gejala kolesterol tinggi pada wanita yang bisa terjadi.

Data dari CDC menyatakan bahwa hampir setengah dari jumlah perempuan yang berusia 20 tahun di Amerika memiliki kadar kolesterol yang tinggi. Namun, banyak juga wanita yang tidak tahu bahwa mereka menderita kolesterol tinggi. Sebab, Kementerian Kesehatan RI (Kemenkes) mengatakan ciri kolesterol tinggi baru akan muncul ketika sudah terbentuk plak dalam pembuluh darah.

Gejala Kolesterol Tinggi pada Wanita

Pada umumnya, wanita mempunyai kadar kolesterol HDL yang lebih tinggi karena adanya hormon estrogen di dalam tubuh. HDL sendiri memiliki fungsi untuk menyerap kolesterol dalam tubuh dan menyalurkannya kembali ke hati.

Selain itu, berdasarkan jurnal Women’s cholesterol vary with phase of menstrual cycle, kadar kolesterol pada wanita sebenarnya sangat bervariasi karena tergantung perubahan kadar estrogen dan siklus menstruasi.

Apabila kadar kolesterol dan hormon estrogen ini terlalu tinggi, maka bisa menimbulkan beberapa gejala, seperti:

1. Mudah Merasa Lelah

Gejala kolesterol tinggi pada wanita yang pertama adalah Sobat Sehat akan mudah merasa lelah. Hal ini dikarenakan kolesterol yang menumpuk bisa menghambat aliran darah dalam pembuluh darah. Akibatnya, tubuh tidak akan mendapatkan pasokan oksigen yang cukup sehingga menyebabkan kantuk, badan lelah, dan lain sebagainya.

2. Mati Rasa di Kaki dan Tangan

Tidak hanya menghambat aliran darah, kadar kolesterol yang tinggi juga membuat aliran darah menjadi lebih kental. Kondisi ini tentu saja mempengaruhi aliran darah normal pada saraf. Gangguan pada aliran darah bisa memunculkan sensasi mati rasa atau kesemutan pada tangan atau kaki.

3. Nyeri di Area Dada

Selain kaki dan tangan, bagian dada Sobat Sehat juga bisa terasa sakit atau nyeri karena menumpuknya kolesterol. Gejala kolesterol tinggi pada wanita yang satu ini bisa terjadi karena adanya endapan kolesterol pada aterosklerosis atau dinding arteri.

4. Rahang Terasa Sakit

Sobat Sehat dapat merasakan sakit rahang ketika kadar kolesterol dalam tubuh terlalu tinggi. Rasa sakit ini muncul karena terhambatnya suplai darah ke bagian jantung dan otak. Sama seperti sebelumnya, hambatan aliran darah ini terjadi karena munculnya plak dalam pembuluh darah.

5. Munculnya Xanthoma

Tidak hanya mengganggu aliran darah, kolesterol yang tinggi bisa menimbulkan xanthoma di daerah kelopak mata. Keadaan tersebut ditandai dengan adanya penumpukan lemak di bawah kulit, biasanya akan terlihat berwarna putih atau kuning.

Mengatasi Gejala Kolesterol Tinggi pada Wanita

Apa Sobat Sehat tahu kalau risiko kolesterol di atas akan meningkat ketika wanita mulai mengalami menopause. Ketika menopause, kadar kolesterol total dan LDL cenderung meningkat, sedangkan kadar kolesterol baik akan terus menurun.

Maka dari itu, Sobat Sehat perlu melakukan beberapa cara untuk mengatasi kolesterol tinggi pada wanita. Bagaimana caranya, berikut ulasannya:

  • Olahraga secara rutin, minimal 150 menit dalam sepekan.

  • Mengatur menu dan pola makan.

  • Perbanyak makanan yang tinggi akan serat larut.

  • Melakukan pemeriksaan kolesterol secara rutin.

  • Konsumsi obat penurun kolesterol tinggi apabila kadar kolesterol sudah benar-benar tinggi dan sulit untuk dikontrol.

Cek kolesterol dan pembelian obat penurun kolesterol ini bisa Sobat Sehat lakukan di Apotek K-24, lho. Tidak hanya menjual obat dan alat kesehatan saja, Apotek K-24 juga melayani pemeriksaan kadar kolesterol dalam tubuh.

Layanan tersebut tentu cocok sekali dengan momen hari raya Idul Adha karena biasanya perayaan tersebut dibarengi dengan pemberian daging kurban. Seperti yang Sobat Sehat tahu, daging merah merupakan salah satu penyebab meningkatnya kadar kolesterol.

Demikian penjelasan tentang apa saja gejala kolesterol tinggi pada wanita yang perlu diwaspadai. Yuk, jaga kesehatan terus bersama Apotek K-24.