MINUM OBAT SETELAH MINUM SUSU, BOLEH TIDAK YA?

Banyak orang membutuhkan makanan atau minuman lain untuk mengonsumsi obat, seperti air putih atau buah pisang. Namun, Sobat Sehat perlu memperhatikan makanan atau minuman yang dikonsumsi bersamaan dengan obat. Sebab, ada beberapa bahan yang bisa menurunkan efektivitas obat ketika dikonsumsi bersamaan. Jika demikian, bagaimana dengan minum obat setelah minum susu?

Makanan atau minuman yang dikonsumsi bersamaan dengan obat ini biasanya memiliki fungsi untuk mempermudah dalam menelan obat. Hal ini karena ada beberapa jenis obat yang mungkin terlalu besar ukurannya atau memang tidak terbiasa menelan obat sehingga membutuhkan bantuan. Keadaan tersebut biasa terjadi, baik untuk anak-anak atau orang dewasa sekalipun.

Bolehkah Minum Obat setelah Minum Susu?

Sejumlah obat bisa memiliki interaksi yang berbeda terhadap makanan atau minuman yang dikonsumsi secara bersamaan. Interaksi obat dengan zat asupan yang dikonsumsi ini tentu bisa menurunkan efektivitas obat, bahkan dapat memicu munculnya efek samping.

Tubuh Sobat Sehat akan membutuhkan waktu untuk melarutkan obat dan menyebarkannya lewat aliran darah setelah obat dikonsumsi. Setelah menyebar di pembuluh darah, maka efek obat untuk mengurangi gejala baru akan Sobat Sehat rasakan.

Proses tersebut bisa berjalan lancar apabila Sobat Sehat benar-benar mengonsumsi obat tanpa tambahan apa-apa. Namun, berbeda keadaan jika ada makanan atau minuman yang dikonsumsi bersamaan dengan obat.

Setiap obat pasti mempunyai komposisi yang berbeda-beda, tergantung dari kegunaan obat itu sendiri. Dengan begitu, boleh tidaknya minum obat setelah minum susu ini juga tergantung jenis obatnya.

Menurut laman kesehatan, ada beberapa jenis antibiotik yang bisa berinteraksi dengans susu. Hal ini karena kandungan kalsium dalam susu bisa mengikat bahan aktif antibiotik dan mengganggu penyerapan obat ke dalam darah.

Selain antibiotik, ada juga beberapa obat untuk tekanan darah dan antidepresan yang tidak cocok dikonsumsi bersama susu. Sobat Sehat perlu ingat, bahwa tidak semua obat memberikan reaksi dengan susu.

Sebab, melansir dari HealthSite, minum susu berdekatan dengan minum obat jenis tertentu kadang justru dapat meminimalkan efek samping dari obat.

Aturan Minum Obat yang Benar

Melihat penjelasan di atas, minum obat setelah minum susu ini sebenarnya tergantung dengan jenis obat yang akan dikonsumsi. Artinya, persoalan boleh tidaknya minum susu ini, Sobat Sehat perlu berkonsultasi dengan dokter atau apoteker tentang obat yang akan dikonsumsi terlebih dahulu.

Hal tersebut tentu bertujuan agar tidak terjadi efek samping yang tidak diinginkan. Menurut MyDR, majalah kesehatan dari Australia, ada beberapa aturan minum obat agar lebih aman, seperti:

  • Baca label atau petunjuk pemakaian obat pada kemasan. Apabila ada informasi yang kurang jelas, segera tanyakan pada dokter atau apoteker.

  • Ketika meminta resep dokter, pastikan Sobat Sehat juga menyampaikan obat yang mungkin sedang dikonsumsi.

  • Hindari minum suplemen atau multivitamin bersamaan dengan minum obat.

  • Jangan pernah minum obat bersamaan dengan minum alkohol.

  • Atur jarak minum obat dengan susu selama kurang lebih dua sampai 4 jam.

Nah, itu dia penjelasan singkat mengenai minum obat setelah minum susu yang perlu Sobat Sehat perhatikan dengan baik. Ketika Sobat Sehat membeli obat di Apotek K-24, pastikan untuk selalu meminta penjelasan dari apoteker mengenai pemakaian obat terlebih dahulu.

 Sebab, salah satu tugas apoteker adalah memberikan informasi obat dengan lengkap dan baik sehingga efek samping obat akan minim terjadi. Yuk, manfaatkan layanan Apotek K-24 dengan maksimal supaya penyakit bisa hilang dan sembuh.