BAHAYA NARKOBA BAGI GENERASI MUDA, BISA SEBABKAN KEMATIAN!

Akhir-akhir ini ada kabar mengenai anak berusia 3 tahun yang positif sabu-sabu akibat minum air pemberian tetangganya. Sabu-sabu sendiri merupakan salah satu jenis narkoba yang banyak digunakan masyarakat Indonesia menurut data dari BNN. Padahal, zat ini sebenarnya berbahaya untuk kesehatan. Jika demikian, apa saja bahaya narkoba bagi generasi muda?

Narkoba adalah singkatan dari narkotika, psikotropika, dan bahan adiktif lainnya yang bisa mengubah pikiran, suasana hati, dan perilaku apabila masuk ke dalam tubuh manusia. Masing-masing jeis narkoba memiliki daya adiksi, daya habitual, dan daya toleran yang sangat kuat. Hal inilah yang membuat banyak orang sulit lepas dari narkoba setelah berani mencobanya.

5 Bahaya Narkoba bagi Generasi Muda

Menurut data dari BNN Indonesia, jumlah pengguna narkoba yang paling banyak adalah kelompok usia muda/remaja. Padahal, generasi muda merupakan orang-orang yang penting dalam mengembangkan dan memajukan bangsa Indonesia.

Namun, hal tersebut tidak akan terwujud apabila mereka justru terpapar oleh narkoba karena rasa ingin tahu dan mengikuti tren. Sebab, banyak sekali bahaya narkoba, baik dari segi kesehatan maupun sosial. Maka dari itu, di Hari Anti Narkoba ini, kita akan membahas seberapa bahaya narkoba untuk kesehatan.

Berikut adalah beberapa bahaya narkoba bagi generasi muda:

1. Merusak Jantung

Penyalahgunaan narkoba ternyata dapat menyebabkan gangguan pada organ jantung dan pembuluh darah. Narkoba bisa memberikan efek yang berbeda-beda pada jantung. Ada yang membuat bertambahnya denyut nadi dan meningkatkan tekanan darah, atau sebaliknya.

Singkatnya, narkoba dapat mengakibatkan tekanan darah dan denyut jantung yang abnormal. Apabila hal ini terus berlanjut, organ jantung akan rusak dan menyebabkan infeksi akut otot jantung serta gangguan peredaran darah.

2. Infeksi HIV/AIDS

Melalui penggunaan narkoba, Sobat Sehat juga bisa terkena infeksi HIV/AIDS yang mematikan, lho. Keadaan ini bisa terjadi karena menggunakan narkoba melalui jarum suntik. Seperti yang kita tahu, salah satu penyebaran HIV/AIDS selain melalui seks bebas juga bisa lewat aliran darah.

3. Gangguan Fungsi Otak

Bahaya narkoba bagi generasi muda yang selanjutnya adalah bisa mempengaruhi kemampuan otak Sobat Sehat. Kondisi ini dapat mempengaruhi masa depan Sobat Sehat karena berdampak pada penurunan daya ingat, konsentrasi, dan kemampuan dalam mengambil keputusan dengan baik.

Tidak hanya kemampuan dalam berpikir, narkoba juga akan memberikan dampak pada kemampuan berkomunikasi dengan orang lain. Bahkan, pada keadaan tertentu, ada beberapa pecandu yang mengalami hilang ingatan, gangguan koordinasi tubuh, dan penurunan kesadaran.

4. Mengurangi Kualitas Hidup

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, orang yang mengonsumsi narkoba bisa mengalami kecanduan. Ketika hal ini berjalan terus-menerus, maka pengguna bisa membutuhkan dosis yang lebih tinggi lagi.

Saat efek narkoba dalam tubuh mulai hilang, pecandu bisa mengalami gejala putus obat, seperti mudah marah, panik, hingga kesulitan untuk bernapas. Akibatnya, kualitas hidup Sobat Sehat akan terus berkurang karena mudah mengalami gangguan kesehatan.

5. Overdosis dan Kematian

Bahaya narkoba bagi generasi muda yang terakhir adalah bisa menyebabkan overdosis, bahkan kematian. Penggunaan narkoba yang tanpa aturan dapat membuat penggunanya mengalami overdosis. Sebab, narkoba yang baik digunakan biasanya harus dengan pengawasan dokter.

Nah, itu dia beberapa dampak buruk dari penyalahgunaan narkoba yang berefek pada kesehatan tubuh. Tidak hanya mengurangi fungsi-fungsi dari organ tubuh, tapi juga bisa menyebabkan kematian. Oleh karena itu, di Hari Anti Narkoba Internasional ini, yuk sebarkan bagaimana bahaya narkoba ini pada orang-orang tersayang kita.