APAKAH IBU HAMIL BOLEH MAKAN MIE INSTAN? CEK FAKTANYA!

Mie instan sudah menjadi makanan favorit bagi sebagian besar masyarakat Indonesia. Selain rasanya yang enak, pembuatannya pun sangat mudah dan praktis dibawa ke mana saja. Mungkin hampir semua kelompok pernah memakannya, mulai dari anak-anak, lansia, sampai ibu hamil sekalipun. Walaupun enak rasanya, masih banyak perdebatan tentang apakah ibu hamil boleh makan mie instan.

Kehamilan merupakan salah satu masa yang sangat rentan untuk kesehatan ibu dan janin yang dikandung. Oleh karenanya, makanan atau minuman yang masuk ke dalam tubuh akan sangat berpengaruh terhadap kesehatan. Sebab, berbagai makanan dan minuman ini nantinya akan menjadi sumber utama untuk ibu hamil dan anak dalam mendapatkan asupan gizi.

Kandungan Mie Instan

Sebelum menjawab pertanyaan apakah ibu hamil boleh makan mie instan, lebih baik kita melihat bagaimana kandungan yang ada di dalam mie instan. Komponen mie instan yang paling utama adalah tepung terigu.

Menurut panduan dari WHO, semua mie instan seharusnya terdapat tambahan nutrisi, seperti vitamin A, vitamin B, zat besi, asam folat, dan zinc. Namun, Sobat Sehat juga harus tahu bahwa mie instan mengandung berbagai zat pengawet, pewarna, dan perasa.

Walaupun zat-zat ini aman untuk dikonsumsi, tapi tetap saja akan tidak baik untuk kesehatan jika dikonsumsi dalam jumlah banyak. Apalagi bagi ibu hamil yang mungkin membutuhkan banyak nutrisi.

Selain itu, terlalu banyak makan mie instan ternyata bisa meningkatkan risiko gangguan kesehatan, seperti tekanan darah tinggi, kadar gula tinggi, kadar trigliserida tinggi, dan penumpukan lemak. Hal ini karena mie instan mempunyai jumlah kalori, lemak jenuh, garam, dan gula yang tinggi.

Apakah Ibu Hamil Boleh Makan Mie Instan?

Mie instan memang dapat menjadi salah satu solusi yang cepat jika ibu hamil sedang lapar atau mengidam. Menurut seorang dokter, mengonsumsi mie instan ketika hamil sebenarnya boleh-boleh saja, asalkan tidak berlebihan.

Mengapa demikian?

Kandungan sodium atau garam dalam mie instan sangatlah tinggi, sehingga bisa meningkatkan tekanan darah. Kondisi ini tentu akan membahayakan keadaan ibu hamil dan juga janin yang dikandung. Namun, apabila Sobat Sehat yang sedang hamil benar-benar ingin mengonsumsi mie instan, maka bisa melakukan beberapa hal, seperti:

  • Mengurangi bumbu atau menggunakan bumbu sendiri.

  • Tambahkan protein dan sayuran untuk melengkapi nutrisi dalam mie instan.

  • Pastikan semua bahan-bahan sudah dimasak hingga matang.

Melihat penjelasan di atas, pertanyaan apakah ibu hamil boleh makan mie instan sudah terjawab. Sebenarnya tidak ada literatur yang melarang ibu hamil untuk mengonsumsi mie instan. Artinya, ibu hamil boleh makan mie instan walau tidak disarankan oleh dokter.

Selain itu, mie instan mengandung bahan-bahan yang bisa menimbulkan efek samping dan bisa mengganggu tumbuh kembang janin dalam kandungan. Daripada mengonsumsi makanan olahan, ibu hamil lebih baik mengonsumsi makanan sehat dan alami demi pertumbuhan buah hati.

Sobat Sehat juga bisa menambahkan asupan multivitamin sebagai nutrisi tambahan. Hal ini untuk memastikan nutrisi yang dibutuhkan oleh ibu hamil benar-benar terpenuhi sehingga bayi bisa lahir dengan sehat dan lancar.

Tentu saja sebelum mengonsumsi multivitamin ini, Sobat Sehat perlu berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu. Membeli multivitamin pun juga tidak boleh sembarangan, Sobat Sehat perlu membelinya di tempat yang legal, seperti Apotek K-24.

Demikian ulasan mengenai apakah ibu hamil boleh makan mie instan, semoga dapat bermanfaat. Mari jaga kesehatan keluarga bersama Apotek K-24!