4 MANFAAT MINUM SUSU SEBELUM TIDUR YANG BAIK UNTUK KESEHATAN

Sobat Sehat tahu tidak ternyata ada beberapa manfaat minum susu sebelum tidur yang baik untuk kesehatan, lho. Walaupun susu sudah tidak termasuk dalam pemenuhan gizi dalam konsep “Isi Piringku” dari Kementerian Kesehatan, tapi susu masih penting untuk dikonsumsi bagi anak-anak atau orang dewasa. Apalagi jika susu diminum ketika malam hari.

Mungkin banyak orang masih ragu untuk minum susu pada malam hari karena takut gemuk. Namun, pada keadaan tertentu, minum susu saat malam hari tidak akan menyebabkan kegemukan. Sebab, ketika malam hari, energi tubuh pasti sudah hilang sepenuhnya dan perlu untuk diganti. Nah, minum susu ini bisa menjadi salah satu bahan yang baik dikonsumsi ketika malam hari.

Manfaat Minum Susu Sebelum Tidur

Susu adalah salah satu minuman sehat yang memiliki banyak nutrisi, seperti protein, kalsium, yodium, kalium, fosfor, vitamin A, vitamin B2, vitamin B12, vitamin D, dan lain sebagainya. Berbagai kandungan tersebut tentu memberikan manfaat untuk tubuh, seperti kesehatan mata, kulit, imun, dan lain-lain.

Namun, manfaat tersebut akan lebih baik didapatkan ketika susu diminum secara langsung. Berikut adalah beberapa kebaikan minum susu ketika malam hari:

Membuat Tidur Lebih Nyaman

Selain protein, mineral, dan vitamin, susu ternyata juga mengandung asam amino triptofan yang membantu tubuh untuk memproduksi serotonin dan melatonin. Oleh karenanya, salah satu manfaat minum susu sebelum tidur adalah membantu tubuh lebih rileks dan tidur menjadi nyaman.

Kenapa bisa? Hormon serotonin dan melatonin juga bisa disebut dengan zat penenang yang berfungsi untuk memberikan rasa nyaman, mencegah depresi, dan membuat suasana hari lebih baik. Selain itu, kalsium juga meningkatkan kerja serotonin sehingga kualitas tidur lebih baik.

Mengurangi Kebiasaan Makan Tengah Malam

Rasa lapar ketika malam hari sangat wajar untuk muncul. Apalagi jika Sobat Sehat sudah beraktivitas penuh dalam satu hari, maka asupan energi akan hilang ketika malam hari. Dengan minum susu saat malam hari, Sobat Sehat tidak perlu lagi makan besar untuk mengurangi rasa lapar.

Sebab, susu kaya akan protein yang bisa memberikan rasa kenyang dalam waktu yang lama. Kalori minum susu pastinya lebih sedikit daripada kalori ketika Sobat Sehat harus makan besar di malam hari.

Menguatkan Tulang dan Gigi

Manfaat minum susu sebelum tidur yang selanjutnya adalah bisa membuat tulang dan gigi Sobat Sehat lebih kuat. Selain protein, susu juga kaya akan nutrisi kalsium dan fosfor yang baik untuk kesehatan tulang dan gigi.

Selain itu, malam hari adalah waktu yang tepat untuk tubuh memproses zat gizi dari makanan dan minuman yang dikonsumsi. Selama proses tersebut berlangsung, tentu tubuh akan memperbaiki jaringan secara otomatis, termasuk tulang dan gigi.

Melembapkan Kulit

Ketika Sobat Sehat memiliki masalah kulit kering, maka minum susu saat malam hari bisa membantu dalam mengatasi masalah tersebut. Sebab, susu bisa meningkatkan efektivitas kerja dari asam laktat. Zat tersebut memiliki fungsi dalam membersihkan kulit mati.

Alhasil, kulit akan tampak lebih cerah dan terasa lembap karena kulit mati sudah hilang dari permukaan. Selain itu, susu juga mengandung antioksidan yang bisa melawan radikal bebas di dalam tubuh.

Nah, itu dia beberapa manfaat minum susu sebelum tidur yang penting untuk Sobat Sehat ketahui. Kebiasaan minum susu ini penting untuk anak-anak yang sedang dalam masa pertumbuhan dan lansia yang fungsi organnya akan menurun sedikit demi sedikit.

Oleh karena itu, jangan ragu untuk minum susu agar tubuh tetap dalam keadaan sehat. Yuk, langsung belanja susu di Apotek K-24, selain komplit, produknya sudah pasti aman dan asli. Banyak sekali pilihan susu di Apotek K-24, mulai dari produk susu untuk balita hingga untuk lansia. Selain itu, banyak sekali promo susu yang tidak boleh untuk Sobat Sehat tinggalkan!