6 TANDA-TANDA KOLESTEROL TINGGI YANG PATUT DIWASPADAI

Menurut data dari Kementerian Kesehatan RI (Kemenkes), jumlah penderita kolesterol tinggi di Indonesia ini cukup tinggi. Bahkan, ada 8% orang di dunia meninggal akibat kolesterol yang tinggi ini. Artinya, kadar kolesterol dalam tubuh tidak boleh disepelekan. Oleh karena itu, untuk mengantisipasinya, Sobat Sehat perlu mengerti apa saja tanda-tanda kolesterol tinggi.

Apalagi di hari-hari menjelang penyembelihan hewan kurban di momen Idul Adha. Sebab, daging merah dari sapi atau kambing bisa meningkatkan kadar kolesterol apabila dikonsumsi dengan sembarangan. Walau demikian, penyebab kolesterol tinggi tidak hanya dari daging saja, tapi masih ada kebiasaan merokok, kurang beraktivitas, dan suka makan makanan yang mengandung lemak jenuh.

Tanda-tanda Kolesterol Tinggi

Pada umumnya, kolesterol tinggi yang dibiarkan begitu saja bisa membahayakan kesehatan. Hal ini karena kolesterol yang terlalu tinggi bisa menyumbat pembuluh darah hingga akhirnya menyebabkan penyakit stroke, angina, aterosklerosis, dan serangan jantung.

Sama dengan darah tinggi, kolesterol tinggi baru akan memberikan gejala yang berarti ketika sudah ada sumbatan dalam pembuluh darah. Kadar kolesterol yang tinggi memang tidak memiliki gejala khusus, tapi biasanya tubuh akan memberikan sinyal-sinyal yang perlu diwaspadai.

Berikut beberapa ciri-ciri kolesterol tinggi yang tubuh berikan:

Mudah Mengantuk

Tanda-tanda kolesterol tinggi yang pertama adalah mudah mengantuk yang ditandai dengan sering menguap. Ketika pasokan oksigen ke otak berkurang, maka tubuh akan merespon dengan menguap secara otomatis. Jika terlalu sering menguap, Sobat Sehat patut curiga karena bisa saja ada penumpukkan kolesterol tinggi yang menyumbat jalannya oksigen ke otak.

Kesemutan

Rasa kesemutan yang sering terjadi pada kaki, tangan, atau bagian tubuh lain juga bisa menjadi ciri-ciri kolesterol tinggi. Sebab, kesemutan terjadi ketika aliran darah tidak lancar yang membuat sistem saraf tidak menerima pasokan darah secara optimal. Nah, aliran darah yang tidak lancar ini bisa disebabkan kolesterol yang menumpuk.

Selain kesemutan, penderita kolesterol tinggi juga bisa merasakan nyeri kaki, bahkan sampai ke kondisi kram. Kaki kram biasanya muncul ketika malam hari saat terbangun dari tidur.

Pegal pada Pundak dan Tengkuk

Sobat Sehat sering merasakan pegal pada tengkuk dan pundak? Keadaan ini bisa menjadi salah satu tanda-tanda kolesterol tinggi. Nyeri tengkuk sering dialami oleh penderita kolesterol tinggi karena ada penumpukan plak di pembuluh darah yang menghalangi aliran darah dari leher ke otak.

Benjolan di Sekitar Mata (Xanthoma)

Gejala kolesterol tinggi yang satu ini memang jarang terjadi, tapi bisa saja muncul. Xanthoma adalah suatu keadaan ketika lemak tumbuh dan berkembang di jaringan bawah kulit. Biasanya xanthoma muncul di sekitar kelopak mata dan berupa gumpalan lemak yang berwarna kekuningan.

Disfungsi Ereksi

Tanda-tanda kolesterol tinggi yang selanjutnya adalah impotensi atau sulit untuk ereksi. National Institute of Diabetes and Digestive and Kidney Disease mengatakan tingginya kolesterol dalam tubuh bisa mempengaruhi produksi hormon testosteron dan oksida nitrat yang berperan penting pada proses ereksi.

Selain itu, kolesterol yang menumpuk bisa menghambat aliran darah menuju penis sehingga sulit untuk ereksi.

Gejala Stroke

Seperti yang sudah dijelaskan, tingginya kolesterol bisa menyumbat pembuluh darah. Salah satu akibatnya adalah otak menjadi kurang asupan oksigen. Kondisi ini tentu membuat kerja tubuh menjadi tidak maksimal dan mengalami kelemahan pada salah satu sisi tubuh. Bahkan, pada beberapa keadaan, seseorang akan mengalami sakit kepala yang hebat, muntah menyemprot, dan lain-lain.

Melihat penjelasan di atas, asupan kolesterol yang tak terkendali memang bisa membahayakan kesehatan. Salah satu cara untuk mencegah keadaan di atas adalah dengan rutin cek kesehatan untuk mengetahui berapa kadar kolesterol dalam tubuh.

Jangan menunggu sampai tanda-tanda kolesterol tinggi di atas muncul, segera cek tingkat kolesterol Sobat Sehat di Apotek K-24 terdekat. Pada bulan Juni ini sedang ada promo cek kolesterol di Apotek K-24, lho. Dengan 20 ribuan saja, Sobat Sehat bisa cek kolesterol dan cek tensi darah secara bersamaan.

Yuk, jaga kesehatan tubuh bersama Apotek K-24!