MANFAAT SPERMA UNTUK WAJAH, MITOS ATAU FAKTA?

Penggunaan manfaat sperma untuk wajah dulu sempat ramai dan menjadi diskusi unik di media sosial. Banyak yang mengatakan kalau dengan sperma, Sobat Sehat bisa mengatasi masalah jerawat dan penuaan dini pada kulit. Padahal hal tersebut belum tentu benar dan belum ada penelitian yang membuktikannya. Lalu apakah sperma benar-benar bermanfaat untuk kecantikan wajah?

Perawatan kulit wajah memang bermacam-macam, mulai dari rutin menggunakan skincare, terapi laser, masker, botox, dan lain sebagainya. Selain itu, perawatan wajah kini seakan-akan sudah menjadi bagian dari kebutuhan manusia, khususnya kelompok wanita. Jadi, saat ada bahan yang berpeluang besar dalam kecantikan wajah, maka banyak orang akan berlomba-lomba untuk mencobanya.

Manfaat Sperma untuk Wajah, Apa Bisa?

Salah satu bahan ini adalah sperma, di mana banyak orang mengikuti tren untuk mengoleskan sperma pada wajah. Secara umum, sperma adalah sel pada sistem reproduksi laki-laki yang keluar bersama dengan air mani ketika mereka mengalami ejakulasi.

Fakta menariknya, sperma memiliki banyak kandungan zat kimia atau nutrisi, seperti protein, zinc, kalsium, natrium, kalium, magnesium, glukosa, urea, dan asam laktat. Tidak hanya itu saja, sperma juga mengandung berbagai enzim dan antioksidan.

Melalui berbagai kandungan yang ada di dalamnya ini, rumor tentang manfaat sperma untuk wajah pun menyebar. Adanya vitamin C, urea, zinc, spermine, dan glutathione membuat sperma dianggap bisa melawan masalah jerawat, penuaan dini, efek radikal bebas, serta meningkatkan kolagen.

Selain itu, senyawa zinc ternyata memiliki sifat antiradang dan antibakteri yang dapat mengatasi kemerahan pada kulit dan melawan bakteri pada kulit. Namun, Sobat Sehat perlu tahu bahwa kandungan sperma dalam air mani hanya sebesar 1% saja, sedangkan sisanya berisi senyawa lainnya.

Jadi, ketika Sobat Sehat mencoba untuk mengambil sperma dari air mani, senyawa lainnya pun juga akan ikut terambil. Terlepas dari itu semua, penting untuk diingat kalau fungsi sperma yang utama adalah membuahi sel telur agar timbul proses kehamilan.

Belum ada riset yang membuktikan bahwa dengan mengoleskan sperma pada kulit wajah terbilang efektif dalam mengatasi masalah. Artinya, manfaat sperma untuk wajah ini masih mitos belaka.

Risiko Penggunaan Sperma untuk Wajah

Sebaliknya, penggunaan sperma yang tanpa melihat kebersihannya justru bisa menimbulkan risiko pada kulit wajah. Ada beberapa efek samping pemakaian sperma yang bisa timbul, seperti iritasi, alergi, hingga peradangan kulit.

Selain itu, sperma juga dapat memunculkan gangguan infeksi menular seksual (IMS) pada bibir, lubang hidung, hingga mata. Penyakit menular ini bermacam-macam jenisnya, seperti HIV, sifilis, hepatitis B, hingga gonore. Sperma yang berisi HPV juga akan menyebabkan kutil pada kulit wajah.

Melihat penjelasan di atas, penggunaan sperma pada kulit wajah terbilang lebih berisiko daripada bermanfaat. Apabila Sobat Sehat ingin mengatasi masalah kulit, seperti jerawat, penuaan dini, dan lain-lain, lebih baik menggunakan obat jerawat atau produk kecantikan.

Rutin menggunakan skincare juga dapat membantu dalam merawat wajah Sobat Sehat. Beberapa skincare yang aman ini bisa Sobat Sehat cari di Apotek K-24. Sebab, tidak hanya obat-obatan saja, Apotek K-24 juga menyediakan beberapa produk skincare yang dibutuhkan.

Selain menggunakan skincare, Sobat Sehat juga perlu mengelola stres, konsumsi makanan bergizi, dan olahraga rutin untuk merawat kulit wajah. Yuk, jaga kesehatan kulit wajah dengan produk-produk di Apotek K-24.