EFEK GULA DARAH TINGGI, HATI-HATI BISA GANGGU AKTIVITAS SEHARI-HARI!

Dewasa ini, makanan dan minuman manis sangat digandrungi banyak orang, mulai dari anak-anak, remaja, hingga orang dewasa. Apabila kebiasaan tersebut tidak dikontrol, tingkat kadar gula darah bisa menjadi tinggi. Padahal ada beberapa efek gula darah tinggi yang perlu Sobat Sehat waspadai. Efek-efek ini tentu sangat mempengaruhi kesehatan tubuh.

Gula darah memang sangat dibutuhkan tubuh untuk membentuk energi agar Sobat Sehat bisa menjalankan aktivitas. Namun, jika jumlah gula darah dalam tubuh ini berlebihan, justru dapat menyebabkan masalah kesehatan. Bahkan, gula darah yang tinggi dalam jangka waktu panjang bisa mengakibatkan kerusakan organ tubuh, seperti mata, ginjal, pembuluh darah, dan saraf.

Efek Gula Darah Tinggi pada Tubuh

Kadar gula darah dalam tubuh dapat dikatakan tinggi ketika angkanya di atas 140 mg/dL. Dampak gula yang tinggi ini sebenarnya berkembang secara perlahan. Hal inilah yang membuat beberapa penderita tidak sadar dengan efek mengonsumsi makanan dan minuman manis yang berlebihan.

Oleh karenanya, efek-efek ini biasanya akan baru disadari ketika kadar gula darah sudah benar-benar tinggi. Berikut adalah beberapa dampak terlalu banyak mengonsumsi makanan dan minuman manis secara rutin:

1. Sering Merasa Haus

Walaupun sudah sering minum air, tapi orang yang memiliki gula darah tinggi biasanya akan sering merasa haus. Organ ginjal harus bekerja lebih keras ketika terjadi penumpukkan glukosa dalam darah. Glukosa yang berlebihan ini nantinya akan dibuang melalui urine dengan cepat.

Akibatnya, tubuh kehilangan banyak cairan yang nantinya akan mengundang rasa haus sebagai responnya.

2. Sering Buang Air Kecil

Efek gula darah tinggi yang selanjutnya adalah sering buang air kecil. Ketika rasa haus menyerang, maka Sobat Sehat akan banyak minum air. Semakin banyak cairan yang masuk, semakin banyak pula cairan yang terbuang lewat urine.

Tidak hanya dari air, peningkatan jumlah cairan ini juga berasal dari glukosa yang juga mengikat lebih banyak cairan.

3. Sakit Kepala

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, orang yang kadar gula darahnya tinggi biasanya akan kehilangan banyak cairan. Salah satu akibatnya adalah keadaan dehidrasi yang juga berbahaya untuk kesehatan.

Kekurangan cairan akan menimbulkan beberapa keluhan, seperti mual dan sakit kepala. Hal ini juga bisa membuat gula darah naik menjadi lebih tinggi lagi.

4. Mudah Lelah

Tubuh sering merasa lebih lelah adalah efek gula darah tinggi yang sering terjadi. Terkadang gula darah yang tinggi akan merusak atau menurunkan fungsi dari hormon insulin dalam tubuh. Akibatnya adalah tubuh tidak bisa mengubah glukosa menjadi bahan bakar energi dengan baik.

Alhasil, Sobat Sehat akan merasa mudah lelah dan rasa kantuk yang terus menyerang.

5. Luka Sulit Sembuh

Salah satu dampak yang gula darah tinggi yang sangat berbahaya adalah bisa merusak saraf dan pembuluh darah. Keadaan ini mengakibatkan sirkulasi darah menjadi terganggu. Jika hal tersebut terjadi, maka luka pada tubuh juga akan sulit menutup atau sembuh.

Timbulnya luka yang tidak segera menutup akan meningkatkan risiko amputasi ketika tidak ditangani dengan baik.

6. Penurunan Berat Badan yang Drastis

Efek gula darah tinggi selanjutnya adalah turunnya berat badan secara drastis dan tanpa direncanakan. Hal ini berkaitan erat dengan tubuh yang tidak bisa mengubah glukosa menjadi energi tadi. Oleh karenanya tubuh akan membakar lemak dalam tubuh untuk memenuhi kebutuhan energi.

Alhasil, berat badan tiba-tiba akan menyusut terus-menerus.

Melihat penjelasan di atas, membiarkan gula darah yang tinggi secara berkepanjangan ternyata tidaklah baik untuk kesehatan. Apalagi jika keadaan di atas sudah menjadi penyakit diabetes. Sekalinya Sobat Sehat terkena diabetes, maka penyakit ini tidak bisa benar-benar sembuh.

Salah satu langkah yang bisa Sobat Sehat lakukan untuk mencegah keadaan di atas adalah dengan rutin cek kadar gula darah. Cek kesehatan ini sangat berguna untuk memonitor keadaan gula darah, sehingga Sobat Sehat bisa melakukan tindakan ketika tingkat gula darah sudah memasuki kategori tinggi.

Layanan cek kesehatan, khususnya cek gula darah, bisa dilakukan di Apotek K-24 terdekat lho. Jadi, Sobat Sehat tidak perlu repot-repot untuk datang ke rumah sakit. Apotek K-24 juga melayani cek kesehatan lainnya, seperti cek tekanan darah, cek kolesterol, dan cek asam urat.