HUBUNGAN SEKSUAL SEBELUM MENIKAH? INILAH 3 RISIKO YANG SERING TERJADI

Baru-baru ini banyak orang yang mengeluhkan rasa menyesal mereka setelah menikah di media sosial. Rasa sesal tersebut berhubungan dengan kesehatan seksual antar pasangan. Hal ini muncul karena kebiasaan pasangan yang tidak terbuka dan memiliki histori pernah melakukan hubungan seksual sebelum menikah dengan orang lain. 

Berhubungan seksual sebelum menikah ternyata sangat umum terjadi di banyak negara, termasuk Indonesia sendiri. Seks memang menjadi salah satu kebutuhan dasar dari manusia. Namun, apabila kegiatan ini dilakukan di luar batas normal, hal ini bisa berdampak pada kesehatan manusia.

Risiko Hubungan Seksual Sebelum Menikah

Berdasarkan survei dari Kementerian Kesehatan RI, banyak orang melakukan hubungan seksual pranikah dikarenakan rasa penasaran untuk laki-laki. Sedangkan alasan dari pihak perempuan sendiri kebanyakan karena dipaksa oleh pasangan. Selain itu, menurut data tersebut jumlah laki-laki yang sudah melakukan hubungan seksual ini bisa mencapai 20% sendiri.

Apa Sobat Sehat tahu kalau sering melakukan hubungan seks sebelum resmi menikah ini bisa menghadirkan berbagai risiko, baik untuk diri sendiri dan pasangan Sobat Sehat? Berikut beberapa risiko dari seks bebas yang harus diketahui:

Terkena Penyakit Menular Seksual

Risiko hubungan seksual sebelum menikah yang pertama dan sering terjadi adalah terkena penyakit menular seksual. Berbagai penyakit ini tidak hanya mengganggu sistem reproduksi tetapi juga membahayakan nyawa.

Jenis penyakit menular seksual ini umumnya terbagi menjadi dua bagian. Pertama, penyakit yang diakibatkan oleh bakteri, seperti sifilis, gonore, chlamydia (penyebab kemandulan), lymphogranuloma venereum (LGV), dan granuloma inguinale.

Kedua, ada penyakit menular yang disebabkan oleh virus, seperti HIV, HPV, hepatitis jenis B & C, dan herpes genital. Gejala yang umum terjadi pada penyakit-penyakit tersebut adalah ada benjolan, luka, rasa gatal, rasa panas, dan nyeri di sekitar penis, vagina, atau anus.

Gairah Seksual yang Berkurang setelah Menikah

Sebuah penelitian mengatakan sekalinya Sobat Sehat melakukan hubungan seksual, maka hal ini bisa menjadi kebiasaan yang tidak terhindarkan. Bahkan, bagi orang yang kecanduan bisa saja melakukan seks kurang lebih dua sampai 3 kali dalam seminggu.

Kebiasaan tersebut bisa menjadi salah satu risiko hubungan seksual sebelum menikah. Sebab, aktivitas yang terlalu sering dapat merusak keintiman dan mengurangi rasa gairah sedikit demi sedikit.

Mengurangi Tingkat Kesehatan Mental

Hubungan seks yang berisiko ternyata dapat mengurangi kesehatan mental Sobat Sehat, lho. Alasan pertama, hubungan seksual pranikah walaupun sudah menjadi rahasia umum, tapi tetap menjadi kontroversi di Indonesia.

Apabila kebiasaan tersebut sampai terdengar orang lain, maka Sobat Sehat bisa mendapatkan rumor dan reputasi yang buruk. Alasan kedua, hubungan seksual sebelum menikah ini biasanya dilatarbelakangi hasrat dan nafsu.

Ketika hasrat tersebut terpenuhi, maka setelahnya rasa percaya diri dan kepercayaan terhadap pasangan bisa berkurang. Kedua alasan tersebut bisa menyebabkan kesehatan mental yang menurun bila terus-terus terjadi.

Tes Kesehatan Sebelum Menikah yang Wajib Dilakukan

Melihat penjelasan di atas, tidak heran jika banyak kasus yang menyebutkan seseorang ikut-ikut terkena HIV, sifilis, atau penyakit menular lainnya setelah menikah. Keadaan ini tentu bisa membahayakan pasangan dan anak di masa depan.

Sebab, penyakit menular seksual ini bisa menular dari ibu ke anak ketika proses kehamilan terjadi. Oleh karena itu, Sobat Sehat wajib untuk melakukan beberapa tes kesehatan sebelum menikah, yang terdiri dari:

  • Pemeriksaan darah dan golongan darah.

  • Pemeriksaan gula darah.

  • Cek urine (urinalisis).

  • Tes HIV/AIDS.

  • Pemeriksaan infeksi menular seksual, hepatitis, dan TORCH.

Risiko hubungan seksual sebelum menikah di atas sebenarnya bisa Sobat Sehat cegah dengan tidak melakukannya sama sekali atau melakukan seks secara aman. Salah satu caranya adalah selalu menggunakan kondom ketika berhubungan seksual.

Kondom sendiri tidak sulit untuk ditemukan karena Sobat Sehat tinggal datang ke Apotek K-24 terdekat. Selain itu, Sobat Sehat juga bisa memesan kondom yang aman lewat aplikasi K24Klik. Yuk, jaga kesehatan seksual bersama Apotek K-24.