PERHATIKAN MAKANAN PENDERITA ASAM LAMBUNG SAAT PUASA!

Asam lambung naik menjadi salah satu masalah kesehatan yang sering terjadi ketika puasa. Sebab, gangguan lambung yang satu ini sangat bergantung pada pola makan dan jenis makanan yang dikonsumsi. Jika demikian, Sobat Sehat harus mengenali makanan penderita asam lambung saat puasa yang baik untuk kesehatan dan harus dihindari.

Puasa memang mengharuskan seseorang untuk mengubah pola makan sehari-harinya. Padahal, penderita asam lambung ini sangat sensitif perihal pola makan. Hal inilah yang banyak membuat mereka was-was ketika bulan puasa datang. Sebab, asam lambung akan mudah kambuh ketika penderitanya sedang puasa atau tidak ada makanan yang masuk.

Makanan Penderita Asam Lambung saat Puasa yang Baik untuk Kesehatan

Ada beberapa jenis makanan yang baik untuk kesehatan asam lambung sehingga gangguan kesehatan tidak akan mudah kambuh. Sebagian besar makanan ini memang memiliki sifat yang lebih lunak. Hal ini karena lambung akan lebih mudah mencerna makanan yang lunak.

Berikut adalah beberapa makanan dan minuman yang bisa menjadi menu sahur atau buka puasa bagi penderita asam lambung:

  • Oatmeal, makanan yang sangat tinggi serat sehingga membuat rasa kenyang lebih lama ketika puasa.

  • Air jahe, minuman yang memiliki sifat anti-inflamasi dan bisa menenangkan perut agar lebih nyaman untuk aktivitas sehari-hari.

  • Buah pisang, buah yang kaya vitamin dan dapat membantu dalam menetralkan asam lambung. Selain itu, pisang adalah buah pilihan yang baik untuk kesehatan pencernaan secara keseluruhan.

  • Yogurt rendah lemak, olah susu ini dapat melapisi kerongkongan sehingga tidak mudah terjadi iritasi akibat asam lambung.

  • Makanan tinggi air, seperti semangka, mentimun, bayam, dan seledri. Kadar air dalam makanan ternyata dapat membantu dalam mengencerkan asam lambung.

Makanan Penderita Asam Lambung saat Puasa yang Harus Dihindari

Orang yang memiliki masalah asam lambung tidak boleh sembarangan dalam mengonsumsi makanan. Sebab, ada beberapa makanan yang justru bisa mendorong naiknya asam lambung dan memperparah masalah.

Apa saja makanan dan minuman yang harus dihindari penderita asam lambung ini? berikut uraiannya:

  • Makanan berlemak tinggi, seperti daging sapi, gorengan, es krim, keju, dan makanan berminyak lainnya.

  • Jeruk, lemon, tomat, anggur, dan buah atau sayuran yang memiliki sifat asam lainnya.

  • Makanan yang sulit untuk dicerna lambung, seperti kue tart, cokelat, dan olahan susu.

  • Makanan pedas, seperti sambal, seblak, oseng mercon, dan lain-lain.

  • Minuman berkafein dan beralkohol, seperti kopi dan soda.

  • Makanan yang mengandung gas dan seratnya terlalu tinggi, seperti sawi, nangka, kedondong, dan kubis.

Hindari berbagai kelompok makanan dan minuman di atas, ya. Bagi Sobat Sehat yang memiliki masalah asam lambung lebih baik mencari makanan yang tidak masuk pada daftar di atas agar puasa bisa berjalan lancar.

Nah, itu dia berbagai makanan penderita asam lambung saat puasa yang harus dihindari dan juga rekomendasi untuk sahur serta buka. Sobat Sehat sebenarnya tidak perlu khawatir dengan asam lambung. Sebab, masalah ini masih termasuk ke dalam masalah yang ringan.

Selain dengan pola makan, Sobat Sehat juga dapat mengatasi asam lambung menggunakan obat asam lambung di Apotek K-24. Tidak hanya komplit obatnya, Apotek K-24 juga bisa Anda kunjungi kapan saja karena buka selama 24 jam.

 Artinya, kalau perlu mencari obat ketika waktu sahur atau tengah malam, Sobat Sehat tidak perlu ragu untuk datang ke Apotek K-24.