5 CARA MENURUNKAN ASAM LAMBUNG SAAT PUASA YANG AMPUH

Asam lambung naik di tengah-tengah puasa merupakan keadaan yang ditakuti oleh banyak orang. Tidak hanya mengganggu kegiatan sehari-hari, asam lambung naik atau refluks asam juga dapat membuat penderitanya membatalkan puasa. Oleh karena itu, mengetahui cara menurunkan asam lambung saat puasa ini sangatlah penting.

Masalah refluks asam terjadi ketika cairan asam atau isi lambung naik kembali ke saluran kerongkongan. Apabila Sobat Sehat merasakan kondisi ini lebih dari dua kali dalam seminggu, maka Sobat Sehat mungkin telah mengalami gastroesophageal reflux disease (GERD).

Penyebab dan Gejala Asam Lambung (GERD)

Pada umumnya, asam lambung naik dapat terjadi karena katup esofagus bagian bawah melonggar sehingga tidak dapat bekerja secara optimal. Kondisi tersebut membuat batas antara kerongkongan dan lambung tidak tertutup secara rapat sehingga isi lambung mudah keluar.

Ada beberapa faktor yang mendorong melemahnya katup esofagus, seperti: banyak makan makanan pedas, makanan bersifat asam, makanan berlemak tinggi, serta minuman berkafein dan beralkohol.

Asam lambung naik sendiri sering ditandai dengan mual, muntah, sensasi panas di dada, dan perut kembung.

Cara Menurunkan Asam Lambung saat Puasa

Asam lambung yang naik sebenarnya dapat turun dengan sendirinya, baik dalam beberapa menit atau jam. Namun, ada beberapa cara yang dapat Sobat Sehat gunakan untuk mempercepat proses tersebut, di antaranya:

1. Istirahat dengan Nyaman

Pertama, cari tempat untuk beristirahat yang nyaman untuk tubuh, seperti sofa empuk atau kasur. Istirahatkan tubuh dengan tenang dan jangan sampai panik, gunakan posisi duduk tegak. Jika Sobat Sehat panik, keadaan ini justru bisa memperparah asam lambung.

2. Melonggarkan Pakaian

Setelah mendapatkan posisi yang nyaman untuk istirahat, segera longgarkan pakaian apabila Sobat Sehat menggunakan pakaian ketat. Pakaian yang ketat bisa memberi tekanan pada perut yang kurang baik untuk kesehatan.

3. Meninggikan Badan Bagian Atas

Cara menurunkan asam lambung saat puasa yang selanjutnya adalah dengan mencari posisi di mana badan bagian atas (kepala dan dada) lebih tinggi. Apabila Sobat Sehat ingin tidur untuk beristirahat, maka pastikan kalau bagian dada dan kepala lebih tinggi daripada perut.

Cobalah untuk mengangkat tubuh bagian atas mulai dari pinggang dengan menggunakan bantuan wedge pillow. Sebuah bantal yang berbentuk segitiga siku-siku yang bisa berfungsi untuk mengangkat kepala.

4. Meminum Air Jahe

Penderita asam lambung juga bisa memilih untuk membatalkan puasa dengan mengonsumsi air jahe untuk menurunkan asam lambung. Kandungan jahe ternyata sudah sejak lama digunakan untuk pertolongan pertama ketika terjadi refluks asam.

5. Minum Obat Asam Lambung

Mengonsumsi obat asam lambung juga bisa menjadi cara menurunkan asam lambung saat puasa yang terakhir. Cara ini digunakan apabila Sobat Sehat sudah benar-benar tidak kuat untuk menahan rasa sakit akibat asam lambung naik (GERD).

Obat asam lambung yang asli dan aman bisa Sobat Sehat dapatkan dengan mengunjungi Apotek K-24 atau aplikasinya di K24Klik. Apotek K-24 sendiri buka selama 24 jam, jadi Sobat Sehat tidak perlu khawatir kalau harus membelinya saat tengah malam atau ketika waktu sahur.

Cara Mencegah Asam Lambung Naik saat Puasa

Walaupun cara menurunkan asam lambung saat puasa ini terbilang mudah, lebih baik jika kita dapat mencegahnya. Berikut ada beberapa cara mencegah asam lambung yang bisa Sobat Sehat lakukan di kehidupan sehari-hari:

  • Kurangi konsumsi makanan pedas, asam, dan berlemak.

  • Makan secara perlahan dan juga dengan porsi yang cukup tidak berlebihan.

  • Sebaiknya hindari minum minuman kafein dan alkohol.

  • Jangan lupa makan saat sahur dan segerakan untuk membatalkan puasa saat sudah waktunya.

  • Hindari tidur setelah makan sahur atau buka puasa.

Nah, itu dia beberapa tips menarik agar puasa Sobat Sehat tidak terganggu dengan asam lambung atau gangguan lambung lainnya. Yuk, selalu jaga kesehatan agar puasa jadi lancar dan berkah untuk hari-hari selanjutnya.