APA ITU PCOS PADA WANITA? WASPADA, GANGGUAN YANG BISA MENURUNKAN KESUBURAN!

Pada penjelasan sebelumnya telah disebutkan bahwa salah satu masalah kesehatan yang sering mengganggu wanita adalah pada sistem reproduksi. Salah satu contohnya adalah PCOS (polycystic ovarian syndrome) yang sering menyerang para wanita tanpa mereka sadari. Lalu sebenarnya apa itu PCOS pada wanita?

Lewat beberapa sosial media, baik Instagram atau twitter, banyak perempuan yang bercerita mengenai perjuangan mereka untuk melawan PCOS. Saat itu mungkin masih banyak orang yang asing dengan istilah PCOS karena tidak ada yang mengajarkan tentang penyakit ini. Oleh karena itu, mari kita gali lebih dalam mengenai PCOS ini.

Apa itu PCOS pada Wanita?

PCOS sendiri singkatan dari polycystic ovarian syndrome yang dalam bahasa Indonesia berarti sindrom polikistik ovarium. Pada dasarnya, PCOS merupakan masalah hormon yang terjadi pada wanita di usia subur.

Seseorang yang mengalami PCOS biasanya memiliki hormon androgen (hormon maskulin) yang berlebihan di dalam tubuh. Keadaan ini bisa menyebabkan ovarium atau indung telur membuat kantong berisi cairan dalam jumlah banyak.

Akibatnya adalah sel-sel telur di dalam tubuh wanita tidak dapat berkembang dengan sempurna sehingga gagal untuk dilepaskan secara teratur. Inilah yang membuat wanita penderita PCOS terganggu siklus menstruasinya.

Penyebab PCOS pada Wanita

Sampai pada saat ini sebenarnya belum ada penyebab pasti yang bisa menyebabkan seorang wanita mengalami PCOS. Namun, terdapat beberapa faktor yang mungkin bisa mendorong penyakit ini, di antaranya:

  • Kelebihan hormon insulin ternyata bisa meningkatkan produksi hormon androgen (maskulin).

  • Ada anggota keluarga yang menderita PCOS (keturunan).

Gejala PCOS pada Wanita

Jika sudah mengetahui apa itu PCOS pada wanita, maka Sobat Sehat harus mengetahui juga apa saja gejalanya. Ciri-ciri PCOS pada wanita ternyata dapat timbul saat seorang perempuan mengalami haid pertama kalinya.

Namun, ada juga beberapa penderita yang mengalami gejala ketika sudah dewasa. Berikut beberapa gejala PCOS yang harus Sobat Sehat diwaspadai:

Umumnya, PCOS ditandai dengan siklus menstruasi yang tidak teratur. Penderita PCOS bisa mengalami menstruasi kurang dari 8 atau 9 kali dalam satu tahun. Selain itu, jarak antara satu siklus haid dengan siklus lainnya bisa kurang dari 21 hari atau lebih dari 35 hari.

  • Timbul beberapa gejala fisik seperti laki-laki, seperti tumbuhnya rambut di wajah dan tubuh, serta seringnya muncul jerawat.

  • Terdapat kista ovarium dalam jumlah yang banyak.

  • Beberapa bagian kulit penderita PCOS akan menggelap, khususnya di bagian lipatan seperti selangkangan, leher, atau bagian bawah payudara.

Pengobatan PCOS pada Wanita

Perawatan atau pengobatan PCOS pada wanita ini bisa dilakukan sesuai dengan gejala pada penderita. Berikut adalah beberapa metode untuk mengobati PCOS:

a. Pengobatan dengan Obat-obatan

Pada umumnya, pengobatan pada PCOS dapat dilakukan dengan kombinasi pil KB dan obat lain yang bermanfaat untuk mengontrol siklus menstruasi. Selain itu, dokter juga akan merekomendasikan konsumsi hormon progesterone untuk mengatur siklus menstruasi yang terganggu.

Beberapa obat tersebut sebenarnya dapat Sobat Sehat temukan dengan datang ke Apotek K-24, atau mengunjungi aplikasinya di K24Klik. Namun, dalam mengonsumsinya Sobat Sehat perlu untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu.

b. Menjalankan Gaya Hidup Sehat

Dokter biasanya juga menyarankan penderita PCOS untuk melakukan diet sehat sehingga berat badan dalam keadaan ideal. Selain itu, berolahraga ternyata bisa menambah efektivitas obat yang berfungsi untuk meningkatkan kesuburan.

Itulah penjelasan lebih jauh mengenai apa itu PCOS pada wanita dan bagaimana mengobatinya. PCOS memang sulit untuk dicegah, oleh karenanya jika sudah merasakan gejala segera periksakan diri ke dokter, ya.