4 DAMPAK STRES PADA WANITA YANG HARUS DIWASPADAI

Stres memang bisa terjadi pada siapa saja, baik kaum wanita maupun laki-laki. Namun, terdapat dampak stres pada wanita yang khas dan biasanya mempengaruhi kesehatan fisik. Hal ini tentu tidak baik untuk kehidupan sehari-hari karena bisa mengganggu aktivitas dan memperburuk keadaan tubuh.

Stres sebenarnya sebuah keadaan yang umum terjadi dan bisa dialami banyak orang. Sebab, stres merupakan salah satu reaksi tubuh dalam menghadapi ancaman dari luar, pada kasus ini peristiwa sehari-hari. Oleh karena itu, tidak heran jika banyak pekerja, anak sekolah, atau ibu rumah tangga yang mengalami stres.

Ciri Stres pada Wanita

Walaupun hal yang normal, Sobat Sehat tetap harus bisa mengelola stres ini dengan baik. Sebab, dampak stres pada wanita ini tidak boleh Sobat Sehat remehkan. Sebelum membahasnya lebih jauh, Sobat Sehat harus tahu bagaimana ciri-ciri stres yang biasa terjadi pada orang-orang.

Stres memang gangguan pada mental seseorang, tapi keadaan ini bisa menyebabkan masalah kesehatan secara fisik. Orang yang mengalami stress biasanya akan merasakan sakit perut, rambut rontok, banyak jerawat, kesulitan tidur, susah berkonsentrasi, merasa gugup, mudah marah, dan pola makan yang berubah.

Beberapa Dampak Stres pada Wanita

Apabila sudah mengalami beberapa ciri-ciri stres di atas, Sobat Sehat sebaiknya segera mengelolanya dengan baik. Sebab, jika tidak maka stres bisa memberikan berbagai dampak buruk pada kesehatan. Berikut beberapa dampak stres yang harus diwaspadai:

1. PMS Menjadi Parah

Premenstrual syndrome (PMS) merupakan keluhan yang biasanya dirasakan banyak wanita ketika akan mengalami menstruasi. PMS ini bisa ditandai dengan sakit kepala, perubahan mood, nyeri pada payudara, pencernaan terganggu, sulit tidur, hingga perubahan pada Hasrat seksual.

Tidak semua orang merasakan PMS, tapi gejala PMS bisa terasa lebih berat dan parah ketika seorang wanita mengalami stres. Bahkan, keluhan PMS yang lebih parah ini dapat terjadi hingga masa menstruasi usai.

2. Siklus Menstruasi Terganggu

Bukan rahasia umum lagi kalau berubahnya siklus menstruasi menjadi salah satu dampak stres pada wanita. Hal ini disebabkan karena bagian otak yang mengatur hormon siklus haid, hipotalamus, menjadi terganggu ketika seorang wanita mengalami stres.

Hal inilah yang membuat wanita dengan pekerjaan yang risiko stresnya tinggi bisa mengalami gangguan siklus haid, entah terlalu pendek atau panjang.

3. Kulit Bisa Bermasalah (Berjerawat)

Stres yang berlebihan ternyata juga bisa mempengaruhi kondisi kulit wajah. Ketika Sobat Sehat dalam keadaan stres, maka produksi hormon kortisol juga akan meningkat. Terlalu banyak hormon kortisol ternyata bisa mendorong produksi minyak pada kulit.

Selain itu, menurut seorang dokter yang bernama Dr. Segelmann, produksi androgen juga meningkat sehingga kulit menjadi lebih sensitif. Kedua keadaan tersebut ditambah dengan malasnya merawat kulit saat sedang stres membuat jerawat lebih mudah muncul.

4. Tingkat Kesuburan Menurun

Dampak stres pada wanita yang terakhir adalah menurunnya tingkat kesuburan. Sebuah studi mengatakan bahwa wanita yang sering mengalami stres akan mempunyai peluang yang lebih rendah untuk hamil.

Mengapa bisa demikian? Stres dapat meningkatkan alpha-amilase (sebuah enzim yang berhubungan dengan stres) meningkat selama masa menstruasi. Keadaan tersebut bisa berdampak pada kesuburan wanita yang menyebabkan sulit untuk hamil.

Cara Menghilangkan Stres pada Wanita

Melihat banyaknya dampak stres di atas, akan lebih baik jika Sobat Sehat bisa mengelola stres ini dengan baik. Ada banyak cara yang baik untuk mengelola stres. Pertama, cari akar permasalahan yang membuat Sobat Sehat stres, hal ini bisa dilakukan sendiri atau dengan bantuan profesional.

Kedua, beristirahat sejenak dan lakukan hobi atau hal-hal yang menyenangkan seperti karaoke, menggambar, menari, dan lain sebagainya. Ketiga, mulai kebiasaan sehat seperti perbanyak olahraga dan konsumsi makanan yang bergizi tinggi.

Makanan yang sehat ternyata dapat mengurangi hormon kortisol penyebab stres dan meningkatkan hormon bahagia di dalam tubuh. Oleh karena itu, jangan lupa penuhi asupan nutrisi setiap hari dengan makanan sehat atau vitamin dan suplemen tambahan.

Seperti yang Sobat Sehat ketahui, vitamin dan suplemen tambahan ini bisa ditemui dan dibeli melalui Apotek K-24. Namun, sebelum membelinya, konsultasikan terlebih dahulu mana suplemen dan vitamin yang cocok dan bagaimana penggunaannya kepada apoteker di Apotek K-24, ya.

Yuk, hindari berbagai dampak stres pada wanita yang buruk dengan memulai gaya hidup sehat. Stres hilang, aktivitas jadi lancar!