HATI-HATI, INILAH BAHAYA SUSU KENTAL MANIS UNTUK ANAK 3 TAHUN!

Masih cukup banyak orang tua di Indonesia yang memberikan susu kental manis kepada anaknya. Mereka menganggap bahwa susu kental manis sama dengan susu pada umumnya karena namanya sama-sama menggunakan “susu”. Padahal Sobat Sehat harus tahu bahwa terdapat bahaya susu kental manis untuk anak 3 tahun.

Selain rasanya yang lebih nikmat dan manis, harga dari susu kental manis (SKM) juga relatif lebih murah. Alasan inilah yang banyak membuat orang tua memilih untuk memberikan kental manis kepada anaknya. Lalu bagaimana dampak yang diberikan susu kental manis terhadap kesehatan tubuh, khususnya anak-anak.

4 Bahaya Susu Kental Manis untuk Anak 3 Tahun

Umumnya, susu kental manis dibuat melalui proses penguapan sehingga sebagian besar air dari susu sapi akan menghilang. Kemudian cairan tersebut ditambahkan banyak gula agar rasa manisnya bisa bertahan lama. Hal ini tentu membuat kandungan protein dan lemak pada susu akan menghilang.

Oleh karenanya, kental manis memiliki kandungan gula dua kali lebih banyak daripada susu pada umumnya. Seperti yang telah disebutkan di artikel bolehkah ibu hamil minum kental manis, bahwa susu kental manis tidak bisa menjadi pengganti susu formula atau ASI.

Sebab, kental manis dianggap sebagai bahan pangan yang tidak mempunyai nutrisi. Lagi pula, anak-anak dengan usia 2 sampai 18 tahun tidak boleh mengonsumsi gula lebih dari 6 sendok teh. Artinya, susu kental manis tidak baik atau tidak dianjurkan untuk diberikan kepada anak-anak.

Selain itu, terdapat beberapa risiko ketika anak-anak mengonsumsi kental manis terlalu banyak, di antaranya:

1. Obesitas

Bahaya susu kental manis untuk anak 3 tahun yang pertama adalah dapat menyebabkan kelebihan berat badan (obesitas). Ada yang menyebutkan bahwa minuman manis ini bisa menyebabkan ketergantungan. Selain itu, dengan banyak makan gula, anak-anak juga akan banyak mengonsumsi asupan kalori.

Sebab, minuman yang tinggi gula akan cepat diproses oleh tubuh sehingga membuat seseorang cepat lapar lagi. Alhasil, si Kecil akan lebih banyak mengonsumsi makanan atau minuman hingga pola makannya tidak teratur. Pola makan seperti inilah yang membuat anak menjadi mudah terkena obesitas.

2. Keadaan Resistensi Insulin

Ketika terlalu banyak mendapatkan asupan gula, maka tubuh bisa mengalami resistensi insulin. Keadaan ini adalah sebuah kondisi saat sel-sel dalam tubuh anak tidak dapat menggunakan gula darah dengan optimal.

Resistensi insulin ini membuat anak-anak berisiko mengalami diabetes tipe 2, perlemakan hati, penyakit jantung koroner, kolesterol tinggi, dan gangguan hormon. Oleh karena itu, penyakit diabetes bisa menjadi salah satu bahaya susu kental manis untuk anak 3 tahun.

3. Gigi Berlubang

Segala makanan atau minuman yang dikonsumsi bisa memberikan pengaruh pada kesehatan gigi. Sama halnya dengan makanan atau minuman yang tinggi gula, seperti kental manis, yang bisa menyebabkan gigi berlubang.

Mungkin gigi berlubang akibat makanan atau minuman manis sudah menjadi pengetahuan umum untuk masyarakat Indonesia. Sebab, keadaan ini seringkali terjadi pada anak-anak di Indonesia.

4. Kerusakan Organ Dalam

Bahaya susu kental manis untuk anak 3 tahun yang terakhir adalah bisa merusak organ dalam, seperti ginjal. Pada masa pertumbuhan, organ-organ dalam pada anak juga masih mengalami perkembangan. Terlalu banyak konsumsi kental manis bisa merusak organ ginjal dan menyebabkan penyakit gagal ginjal pada anak.

Asupan gula dan garam membuat ginjal pada anak bekerja lebih keras untuk mencerna dan menyaringnya. Selain ASI dan susu formula, jenis susu lainnya yang mengandung natrium lebih tinggi tidaklah baik untuk anak-anak.

Menurut penjelasan di atas, Sobat Sehat bisa melihat bahwa kental manis tidak akan memberikan dampak yang sama seperti susu pada umumnya. Oleh karena itu, bersamaan dengan Hari Gizi Nasional pada tanggal 28 Februari 2023 ini, mari cukupi kebutuhan gizi anak dengan asupan yang benar-benar sehat dan bergizi.

Jangan lagi bergantung pada susu kental manis, tetapi pilih susu khusus anak yang sudah tersedia di Apotek K-24. Jenis-jenis susu di Apotek K-24 ini tentu memiliki kandungan nutrisi yang memang dibutuhkan di Kecil. Jadi, bisa membantu dalam memenuhi kebutuhan gizi harian dan mendukung tumbuh dan kembangnya.

Demikian ulasan mengenai bahaya susu kental manis untuk anak 3 tahun, semoga dapat bermanfaat.