BOLEHKAH IBU HAMIL MINUM SUSU KENTAL MANIS? TEMUKAN JAWABANNYA!

Susu kental manis merupakan bahan pangan yang bisa dicampurkan pada makanan dan minuman apapun. Hal ini karena rasanya yang manis dan bisa menambah kenikmatan rasa. Namun, susu kental manis ini sebenarnya kurang baik untuk kesehatan tubuh. Lalu bolehkah ibu hamil minum susu kental manis?

Banyak dari masyarakat Indonesia yang masih menganggap bahwa susu kental manis (SKM) sama dengan susu pada umumnya. Padahal, pada kenyataannya kandungan antara SKM dengan susu ini berbeda jauh. Bahkan, susu kental manis sendiri sebenarnya tidak bisa disebut dengan “susu”, tapi hanya sekadar kental manis saja.

Bolehkah Ibu Hamil Minum Susu Kental Manis?

Susu kental manis adalah produk olahan susu yang melalui proses penghilangan sebagian besar kandungan air pada susu sapi. Hasil dari proses tersebut adalah cairan susu yang lebih kental, yang kemudian ditambah dengan banyak gula.

Hal inilah yang membuat susu kental manis memiliki kandungan gula yang sangat tinggi dan tidak mempunyai atau lemak seperti sebelumnya. Bahkan, Kementerian Kesehatan RI sendiri sudah mengatakan bahwa kental manis (SKM) bukanlah bahan pangan yang bernutrisi tinggi.

Oleh karena itu, Kemenkes melarang pemberian susu kental manis dan menjadi pengganti susu formula atau ASI. Lalu bolehkah ibu hamil minum susu kental manis? Ibu hamil boleh saja mengonsumsi susu kental manis, tetapi tidak boleh berlebihan dan sering-sering.

Sebab, ibu hamil sangat membutuhkan makanan atau minuman yang bernutrisi tinggi, sedangkan kental manis tidak termasuk di dalamnya.

4 Dampak Kental Manis pada Ibu Hamil

Memenuhi keinginan untuk mengonsumsi kental manis mungkin boleh sesekali. Namun, Sobat Sehat yang mungkin sedang hamil perlu menahan diri karena terdapat beberapa dampak makan kental manis. Berikut beberapa dampak yang harus dihindari:

1. Menjadikan Kelebihan Berat Badan

Konsumsi gula yang berlebihan dan tanpa pengawasan ketat bisa menjadi penyebab kenaikan berat badan pada ibu hamil. Kenaikan berat badan yang berlebihan ternyata dapat menimbulkan kerugian pada ibu hamil.

Apabila berat badan ibu hamil naik terlalu banyak, maka risiko terjadi komplikasi saat kehamilan pun juga akan meningkat. Selain itu, ibu hamil dengan berat badan berlebihan dapat membuat proses persalinan menjadi lebih sulit.

2. Mengganggu Fungsi Otak pada Janin

Asupan gula yang tinggi juga tidak hanya berisiko pada ibu hamil saja, janin juga dapat mendapatkan konsekuensinya. Ibu hamil yang banyak mengonsumsi gula akan berisiko melahirkan anak dengan fungsi otak (kognitif) yang rendah.

Hal ini dapat membuat anak memiliki daya ingat yang lebih rendah daripada teman sepermainannya.

3. Memicu Penyakit Diabetes

Dapat menjadi penyebab penyakit diabetes menjadi alasan mengapa jawaban dari bolehkah ibu hamil minum susu kental manis adalah tidak. Diabetes gestasional merupakan naiknya kadar gula darah ketika ibu sedang hamil.

Penyakit yang satu ini harus diwaspadai karena bisa menimbulkan risiko terjadinya berbagai komplikasi kehamilan. Beberapa komplikasi ini berupa gangguan pernapasan pada bayi, bayi lahir besar, hingga bayi bisa mengalami kecacatan. Bahkan, bayi yang lahir pun juga dapat mengalami penyakit diabetes. 

4. Meningkatkan Risiko Preeklampsia

Selain menyebabkan penyakit diabetes gestasional, terlalu banyak gula juga dapat meningkatkan risiko preeklampsia. Keadaan preeklampsia adalah sebuah komplikasi kehamilan yang disebabkan naiknya tekanan darah.

Kelainan tersebut membuat pembuluh darah menyempit dan bisa memunculkan reaksi pada ibu hamil. Menurut sebuah artikel kesehatan, Ventura, Plows, dan Goran menyebutkan bahwa risiko preeklampsia akan tinggi ketika ibu hamil sering mengonsumsi minuman manis.

Melihat penjelasan di atas, susu kental manis memang kurang cocok untuk menjadi minuman untuk ibu hamil. Bukan hanya tidak bernutrisi, kental manis juga bisa menimbulkan berbagai dampak yang tidak baik.

Daripada hamil muda minum susu kental manis, lebih baik mengonsumsi makanan sehat dan tambahan nutrisi yang aman, seperti susu khusus ibu hamil. Beberapa susu untuk ibu hamil yang sehat dan terjamin keamanannya bisa Sobat Sehat temukan di Apotek K-24.

Sebab, jaminan dari Apotek K-24 sendiri adalah menyediakan produk yang 100% asli. Sobat Sehat juga bisa memesannya dengan cara online dengan aplikasi K24Klik DI SINI. Demikian ulasan mengenai bolehkah ibu hamil minum susu kental manis, semoga dapat bermanfaat.