FSMP ADALAH: PENGERTIAN, TUJUAN, DAN CONTOH FSMP YANG TERSEDIA DI APOTEK K-24

Masalah gizi di Indonesia mungkin masih menjadi PR bagi pemerintah dan orang tua, apalagi jika menyangkut kesehatan anak. Namun, dalam menangani permasalahan gizi pada anak ini, Sobat Sehat bisa memanfaatkan FSMP. FSMP adalah singkatan dari Food for Special Medical Purpose.

Berbicara mengenai masalah dan kebutuhan gizi anak memang tidak akan lepas dari asupan makanan. Sebab, gizi pada tubuh manusia didapatkan dengan mengonsumsi makanan setiap hari. Asupan makanan ini tentu harus bergizi dan aman dalam artian segala aspek. Namun, bagaimana sih cara mendapatkannya?

Apa itu FSMP?

Food for Special Medical Purpose atau FSMP adalah makanan yang dirancang khusus untuk memberi makan pasien yang memiliki kondisi medis tertentu atau memiliki kebutuhan yang tidak bisa dipenuhi dengan bahan makan standar.

Di Indonesia sendiri FSMP juga dapat disebut dengan Pangan Olahan untuk Keperluan Medis Khusus (PKMK). Menurut Kementrian Kesehatan RI, PKMK adalah pangan olahan yang diproses atau diformulasi secara khusus untuk manajemen medis yang dapat sekaligus sebagai manajemen diet bagi Anak dengan penyakit tertentu.

Jika menilik dari pengertian PKMK atau FSMP, maka PKMK ini tidak selalu dalam bentuk makanan saja. Namun, lebih ke semua produk olahan makanan atau minuman yang menggunakan bahan baku penyusun untuk menunjang nilai gizi dan cita rasa.

Selain bahan baku, PKMK di Indonesia sendiri juga memperhatikan beberapa aspek, seperti proses pengolahan, proses pembungkusan, dan lai sebagainya. Artinya, Sobat Sehat bisa menemukan PKMK ini dalam berbagai bentuk, tidak makanan padat saja.

Tujuan Pemberian FSMP

Pembuatan dari produk PKMK atau FSMP ini memiliki beberapa tujuan yang harus Sobat Sehat ketahui. Tujuan dari FSMP adalah penanggulangan masalah gizi di Indonesia, diprioritaskan terhadap penyakit yang memerlukan upaya khusus untuk penyelamatan hidup dan mempunyai dampak terbesar pada angka kejadian stunting.

Beberapa penyakit yang dimaksud ini di antaranya:

  • Anak berisiko gagal tumbuh

  • Gizi kurang atau gizi buruk

  • Bayi sangat prematur

  • Bayi berat lahir sangat rendah

  • Alergi protein susu

  • Kelainan metabolisme bawaan

Pemberian PKMK sendiri tidak boleh sembarangan, harus sesuai dengan resep dokter spesialis anak yang berdasar pada indikasi medis. Artinya, untuk Sobat Sehat yang ingin memberikan PKMK pada anak harus di bawah pengawasan dokter spesialis anak.

Contoh PKMK di Apotek K-24

Terdapat beberapa produk FSMP atau PKMK yang ada di Indonesia. Sobat Sehat dapat menemukan beberapa produk FSMP ini di Apotek K-24. Sebab, dengan membeli produk dari apotek, keamanan dan keaslian akan lebih terjamin.

Berikut beberapa contoh PKMK yang tersedia di Apotek K-24:

PediaComplete Vanilla

Nutrisi pendukung anak yang cocok untuk anak usia 1 sampai 10 tahun. PediaComplete mengandung LA & ALA, asam linoleate, 14 vitamin, 9 mineral, dan protein. Beberapa kandungan ini dapat mendukung pertumbuhan, pembentukan serta mempertahankan kepadatan tulang & gigi, dan menjaga imunitas anak.

Selain itu, PediaComplete juga padat kalori 1Kkal/ml, protein berkualitas 3.02/100Kkal, PE ratio 12% sesuai dengan rekomendasi WHO.

PediaComplete Vanilla 400G Kaleng

PediaComplete Vanilla 850G Kaleng

Goldsure by Ensure Vanilla

Pangan olahan untuk keperluan medis khusus bagi orang dewasa yang mengalami gizi kurang atau gizi buruk. Goldsure mengandung berbagai nutrisi, seperti protein dari kedelai, mineral, vitamin, minyak nabati, dan lain sebagainya.

Goldsure by Ensure Vanilla 400G Kaleng

Goldsure by Ensure Vanilla 900G Kaleng

Lactogen Lactose Free 0-12bln

Salah satu FSMP yang cocok untuk bayi yang memiliki intoleransi terhadap laktosa dan diare adalah Lactogen Lactose. Susu formula ini mengandung minyak nabati, protein whey, premiks mineral, 5 mineral, campuran minyak ikan, 2 vitamin, dan lain sebagainya.

Lactogen Lactose Free 0-12bln 400G

Lactogen Premature

Salah satu susu formula yang ditujukan bagi bayi prematur dan berat badan bayi lahir rendah. Lactogen Premature mengandung padatan susu, maltodekstrin, campuran minyak nabati, 6 mineral, 4 asam amino, premiks vitamin dan 2 vitamin, dan lain sebagainya.

Lactogen Premature 400G

NAN pHPro 1 0-6bln

Susu formula bayi yang cocok untuk pendukung pertumbuhan anak usia 0-6 bulan karena mengandung gizi yang cukup. NAN pHPro 1 mengandung bubuk whey, minyak nabati, 4 mineral, premiks vitamin, OPTIPRO HA Protein hypoallergenic, Bifidobacterium Lactis.

NAN pHPro 1 0-6bln 400G

Nutren Junior Vanilla

Susu kali ini bisa memberikan nutrisi yang cukup untuk kebutuhan anak dalam belajar dan mengembangkan aspek motoriknya. Sebab, Nutren Junior mengandung kebaikan Protein Whey, Omega 3 dan 6, DHA, serat pangan, 13 vitamin, dan 9 mineral.

Nutren Junior Vanilla 400G Kaleng

Nutren Junior Vanilla 800G Kaleng

Ensure Vanilla

Minuman bernutrisi tinggi yang diformulasi khusus bagi orang dewasa untuk memenuhi kebutuhan harian. Ensure Vanilla mengandung kalsium, 12 vitamin, 7 mineral, protein, karbohidrat, lemak, dan sumber serat yang baik untuk tubuh.

Ensure Vanilla 900G Kaleng

Lactogen 1 0-6bln

Salah satu FSMP yang cocok untuk tahap awal pertumbuhan anak adalah Lactogen 1. Susu formula ini mengandung LA dan ALA, probiotik, protein, 12 vitamin, 11 mineral, dan antioksidan Tokoferol & Askorbil Palmitat.

Lactogen 1 0-6bln 180G Box

Lactogen 1 0-6bln 350G Box

Pediasure Triplesure Vanilla

Nutrisi pendukung yang cocok untuk memenuhi kebutuhan nutrisi si Kecil. Pediasure Triplesure Vanilla ini mengandung triple protein, campuran minyak nabati, 8 mineral, 12 vitamin, prebiotic FOS, probiotik, dan dilengkai dengan DHA, AA, LA, serta ALA.

Pediasure Triplesure Vanilla 400G Kaleng

 Itulah penjelasan mengenai Food for Special Medical Purpose (FSMP) yang bisa disebut dengan PKMK. Yuk, penuhi nutrisi setiap hari agar Sobat Sehat tetap dalam keadaan sehat dan terhindar dari berbagai penyakit.