SUKA MAKAN PISANG GORENG? INILAH TIPS SEHAT SETELAH MAKAN GORENGAN

Sobat Sehat, sudah tahu belum kalau pisang goreng, salah satu makanan dari Indonesia, ternyata menjadi camilan terbaik di dunia. Makanan gorengan memang sangat menggugah selera, tetapi harus tetap berhati-hati ketika mengonsumsinya. Sebelum banyak makan pisang goreng, mari ketahui tips sehat setelah makan gorengan.

Gorengan, khususnya pisang goreng, menjadi salah satu jenis camilan atau kudapan favorit masyarakat Indonesia. Rasanya tidak lengkap kalau belum mengonsumsi gorengan dalam satu hari. Namun, perlu diketahui bahwa terlalu sering makan gorengan sebenarnya kurang baik untuk kesehatan.

4 Tips Sehat Setelah Makan Gorengan

Makanan yang melalui proses penggorengan memiliki kandungan lemak jenuh yang lebih banyak. Jika terlalu sering makan gorengan, maka bisa terjadi penumpukan lemak jenuh di dalam tubuh. Penumpukan lemak jenuh dalam jangka panjang bisa menyebabkan obesitas yang nantinya akan berakibat pada penyakit jantung.

Oleh karena itu, Sobat Sehat perlu melakukan beberapa hal agar efek buruk setelah mengonsumsi gorengan bisa berkurang. Berikut beberapa tips setelah makan pisang goreng agar tubuh tetap dalam keadaan sehat:

1. Banyak Minum Air Putih Hangat

Seperti yang Sobat Sehat ketahui, air  putih adalah minuman yang sangat baik dan penting bagi tubuh manusia. Sebab, air putih memiliki manfaat untuk menyeimbangkan metabolisme tubuh dan membuang racun yang ada di dalam tubuh.

Salah satu efek setelah makan gorengan yang sering terjadi adalah timbulnya rasa tidak nyaman di tenggorokan. Hal ini karena sisa-sisa minyak yang tertinggal. Banyak minum air hangat dapat membantu untuk menghilangkan minyak sehingga tenggorokan bisa kembali segar.

Selain itu, air putih juga bisa membantu membawa lemak jenuh untuk masuk ke saluran pembuangan. Maka dari itu, penting sekali minum air putih setelah makan gorengan.

2. Olahraga secara Teratur

Tips sehat setelah makan gorengan selanjutnya adalah banyak melakukan aktivitas fisik, seperti rutin berolahraga. Banyak menggerakkan tubuh setelah makan pisang goreng bisa memperbaiki metabolisme tubuh.

Lemak jenuh pada makanan adalah salah satu jenis nutrisi yang sangat sulit dicerna. Sedangkan olahraga sendiri bisa mempercepat gerak pada organ pencernaan. Alhasil, tubuh akan menjadi lebih mudah dalam membuang zat berbahaya akibat minyak dan lemak pada gorengan.

Namun, melakukan olahraga ini jangan hanya menunggu setelah makan gorengan saja, ya. Akan lebih baik jika menjadi kebiasaan sehari-hari.

3. Jangan Tidur setelah Makan Gorengan

Ketika seseorang tidur, maka pergerakan dari sistem pencernaan akan melambat. Hal ini tentu membuat proses pencernaan menjadi lebih lama. Padahal dalam keadaan normal, lemak sendiri sudah lama untuk diproses oleh sistem pencernaan.

Keadaan ini membuat tubuh akan menyimpan lemak jenuh dan zat racun lebih lama. Oleh karena itu, jangan sampai Sobat Sehat langsung tidur setelah makan pisang goreng atau gorengan lainnya. Setidaknya konsumsi gorengan dua jam sebelum tidur agar beban kerja dari sistem pencernaan bisa lebih ringan.

4. Konsumsi Makanan Sehat dan Bergizi

Tips sehat setelah makan gorengan yang terakhir adalah makan makanan yang bergizi dan sehat, khususnya makanan yang tinggi serat. Makanan atau minuman yang berserat dapat membantu dalam membuang lemak dan memperlancar sistem pencernaan setelah makan gorengan.

Selain itu, serat ternyata dapat menyerap racun dan melancarkan proses pembuangan sisa. Alhasil, tubuh tetap memiliki sistem pencernaan yang sehat setelah makan pisang goreng.

Makanan tinggi serat ini banyak ditemukan dalam sayuran dan buah-buahan. Namun, Sobat Sehat juga bisa menemukan berbagai herbal alami atau suplemen makanan berserat yang aman di Apotek K-24. Beberapa produk ini bisa Sobat Sehat lihat DI SINI.

 Menjaga kesehatan dengan mengatur pola makan yang sehat sangat penting untuk kehidupan sehari-hari. Begitu pula mengonsumsi pisang goreng atau gorengan lainnya sebenarnya sah-sah saja. Namun, jangan lupa cukupi kebutuhan nutrisi lainnya, ya.