PERTOLONGAN PERTAMA SAAT ASAM LAMBUNG KAMBUH, 4 CARA MUDAH TAPI AMPUH

Banyak orang mungkin masih merasa panik ketika tiba-tiba merasakan sensasi panas di daerah dada. Apalagi nyeri di dada ini kadang disalahartikan dengan penyakit jantung. Padahal kondisi ini bisa juga menandakan asam lambung yang naik. Apabila hal tersebut terjadi, bagaimana sih pertolongan pertama saat asam lambung kambuh?

Asam lambung merupakan salah satu gangguan kesehatan yang sangat umum terjadi. Mungkin sebagian besar orang di dunia ini pernah merasakannya, hanya tidak sadar bahwa itu asam lambung. Bagi Sobat Sehat yang pernah mengalami asam lambung, pasti mengerti bagaimana gangguan ini sangat tidak nyaman.

Apakah Asam Lambung Bisa Menyebabkan Kematian?

Sebelum mengulas tentang pertolongan pertama saat asam lambung kambuh lebih jauh, mari kita lihat apakah masalah kesehatan ini berbahaya. Asam lambung naik juga biasa disebut dengan refluks asam bisa terjadi kapan saja.

Seperti namanya, refluks asam merupakan suatu keadaan ketika asam lambung naik ke kerongkongan. Orang yang mengalaminya biasanya akan merasakan sensasi panas di dada (heartburn), nyeri dada, mual, muntah, perut kembung, dan mulut terasa pahit.

Asam lambung naik ternyata masih masuk dalam gejala penyakit yang ringan. Artinya, masalah kesehatan ini tidaklah berbahaya dan tidak membahayakan nyawa penderita. Namun, refluks asam ini juga tidak boleh Sobat Sehat biarkan begitu saja karena bisa menyebabkan keadaan yang lebih berbahaya.

Ada beberapa komplikasi akibat asam lambung, di antaranya: esofagitis, barret esofagus, kanker esofagus, hingga gangguan pernapasan. Keadaan inilah yang harus Sobat Sehat hindari karena beberapa komplikasi bisa berbahaya bagi kesehatan.

Pertolongan Pertama saat Asam Lambung Kambuh

Melihat penjelasan di atas, penanganan yang cepat terhadap asam lambung terbilang sangat penting. Selain tidak boleh dibiarkan terlalu lama, refluks asam juga menyebabkan keadaan yang tidak nyaman dan bisa mengganggu aktivitas sehari-hari.

Berikut beberapa hal yang bisa dilakukan ketika asam lambung naik ke kerongkongan:

1. Istirahat dan Duduk Tegak

Saat merasakan asam lambung naik, segera cari tempat untuk beristirahat dan duduk dengan tegak. Setelah itu, coba untuk merilekskan tubuh untuk menghindari rasa panik. Sebab, gangguan akan semakin parah jika Sobat Sehat panik saat asam lambung terjadi.

Duduk dengan tegak bertujuan agar tekanan pada perut dan otot sfingter esofagus berkurang sehingga asam lambung pun akan kembali turun. Ketika asam lambung kambuh, sebaiknya hindari berbaring karena dapat memperparah gangguan.

2. Minum Air Hangat

Pertolongan pertama saat asam lambung kambuh yang berikutnya adalah minum air hangat secara perlahan. Air hangat ternyata dapat membantu dalam meredakan ketidaknyamanan pada perut. Selain itu, air hangat sangat mudah beradaptasi dengan suhu tubuh.

Namun, perlu diingat air hangat ini harus benar-benar air putih, ya, bukan kopi hangat atau teh hangat. Air hangat ini juga lebih baik dikonsumsi daripada air dingin ketika asam lambung naik.

3. Melonggarkan Pakaian

Pakaian yang terlalu ketat ternyata bisa menjadi salah satu faktor yang mendorong refluks asam. Sebab, pakaian ketat secara langsung bisa menekan perut dan hal ini kurang baik untuk keadaan asam lambung.

Perut yang tertekan bisa menekan isi perut sehingga asam lambung dan isinya dapat dengan mudah naik ke kerongkongan. Oleh karena itu, segera ganti baju atau celana yang lebih longgar di bagian perut.

4. Makan Obat Khusus untuk Asam Lambung

Apabila gangguan masih terasa, maka Sobat Sehat bisa mengonsumsi obat asam lambung untuk pertolongan pertama saat asam lambung kambuh. Umumnya, terdapat beberapa jenis obat asam lambung, yaitu antasida, PPI, dan histamine H2-receptor.

Untuk lebih lengkapnya, Sobat Sehat dapat mengecek obat asam lambung di Apotek K-24 atau melalui aplikasinya, K24Klik. Apotek K-24 selalu menyediakan obat secara Komplit dan melayani selama 24 jam. Jadi, tidak perlu khawatir kehabisan obat atau jika mengalami asam lambung saat malam hari.

 Obat asam lambung sendiri dapat mengurangi gejala gangguan dengan cepat sehingga aktivitas dapat berlanjut kembali. Yuk, selalu sedia obat di rumah agar bisa mengatasi asam lambung dengan cepat.