MANFAAT VITAMIN A UNTUK ANAK, PENTING BAGI TUMBUH KEMBANGNYA!

Februari ini merupakan Bulan Vitamin A 2023 yang sangat penting bagi anak dan orang tua. Bulan Vitamin A ini berarti anak dapat mendapatkan suplemen vitamin A secara gratis dari Kemenkes Indonesia melalui posyandu. Lalu sebenarnya apa manfaat vitamin A untuk anak dan seberapa pentingnya?

Vitamin merupakan nutrisi mikro yang sangat penting untuk tumbuh dan kembang anak. Walaupun tubuh hanya memerlukan vitamin dalam jumlah yang sedikit, tetapi perannya begitu besar. Sebab, orang yang kekurangan vitamin biasanya akan mengalami gangguan kesehatan, apalagi jika kekurangan vitamin A.

4 Manfaat Vitamin A untuk Anak

Vitamin A adalah salah satu jenis vitamin yang hanya bisa larut dalam cairan lemak atau senyawa lemak. Vitamin ini sangat stabil di berbagai suhu tetapi mudah sekali teroksidasi oleh udara. Selain itu, vitamin A menjadi komponen yang penting di dalam retina (selaput jala).

Hal inilah yang membuat vitamin A sangat terkenal dengan fungsinya untuk mata. Padahal masih banyak manfaat vitamin A untuk tubuh lainnya. Apa saja? Berikut penjelasannya:

Menjaga Kesehatan Tulang dan Gigi

Salah satu fungsi dari vitamin A adalah melancarkan produksi saliva atau air liur yang bisa membersihkan gigi secara alami. Tidak hanya itu saja, vitamin A juga bertugas untuk menjaga mukosa (lapisan pelindung) di dinding mulut sehingga bisa terhindar dari infeksi dan penyakit.

Alhasil, mulut akan terus dalam keadaan lembap, hal ini bisa mencegah kerusakan gigi ketika kadar keasaman di mulut terlalu tinggi. Dalam menjaga kesehatan tulang, tubuh tidak hanya membutuhkan kalsium dan vitamin D saja.

Sebab, vitamin A ternyata mampu untuk mengurangi resiko patah tulang dengan menjaga kepadatan tulang.

Mendukung Fungsi Mata

Manfaat vitamin A untuk anak yang selanjutnya adalah dapat menjaga kesehatan mata dan mendukung fungsi mata. Vitamin A sangat diperlukan tubuh untuk membentuk rhodopsin, sebuah fotopigmen yang ada pada sel batang retina dan membantu Sobat Sehat untuk melihat.

Selain itu, vitamin A sangat berguna untuk menangkap cahaya yang kemudian mengubahnya menjadi sinyal listrik menuju otak. Kerusakan sel-sel pada mata juga dapat dicegah dengan asupan vitamin A ini.

Melindungi Tubuh dari Penyakit

Fungsi vitamin A juga dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh dengan mengoptimalkan produksi dan fungsi sel darah putih. Sel darah putih dalam tubuh memiliki peran untuk melawan bakteri atau virus yang membawa penyakit. Alhasil, anak tidak akan mudah terserang penyakit jika asupan vitamin A-nya terpenuhi.

Tidak hanya itu saja, vitamin A adalah mikronutrien yang mempunyai sifat antioksidan. Seperti yang Sobat Sehat ketahui, antioksidan sangat dibutuhkan tubuh untuk mencegah kerusakan sel-sel tubuh akibat radikal bebas berlebih.

Keadaan tersebut bisa mengurangi risiko penyakit kronis seperti kanker dan penyakit jantung.

Mendorong Penyembuhan Luka

Selain mata, kesehatan kulit juga menjadi salah satu fungsi dari vitamin A yang terkenal. Oleh karena itu, manfaat vitamin A untuk anak yang selanjutnya adalah menjaga integritas struktural pada jaringan permukaan seperti kulit.

Artinya, vitamin A dapat melindungi kulit dari kerusakan dan mempercepat penyembuhan jika terjadi luka.

Kekurangan Vitamin A untuk Anak

Melihat banyaknya manfaat vitamin A untuk A di atas, jangan sampai Sobat Sehat melewatkan Bulan Vitamin A dari Kemenkes Indonesia ini, ya. Namun, untuk memenuhi asupan nutrisi vitamin A ini jangan hanya menunggu Bulan Vitamin A 2023 saja.

Sobat Sehat juga bisa memenuhi kebutuhan vitamin A si anak dengan makanan sehat atau suplemen vitamin A yang ada di Apotek K-24. Namun, untuk kebutuhan dan aturan pakai suplemen vitamin A ini harus dikonsultasikan dengan apoteker di Apotek K-24 terlebih dahulu, ya.

Konsultasi dan pemesanan suplemen vitamin A ini juga dapat Sobat Sehat lakukan melalui aplikasi Apotek K-24 di K24Klik.

Kekurangan vitamin A bagi anak bisa berakibat fatal, lho. Salah satu dampak dari kekurangan vitamin A adalah kelainan mata yang bisa berakhir dengan kebutaan. Masalah ini umumnya terjadi pada anak dengan usia 6 bulan sampai 4 tahun.

Selain itu, anak juga bisa mengalami gizi buruk dan mudah terserang infeksi, seperti cacar air, diare, dan infeksi pernapasan akut. Berbahaya bukan? Yuk, selalu jaga kesehatan anak dengan memenuhi kebutuhan nutrisinya setiap hari.

 

 Sumber: website Kemenkes RI