APAKAH MAAG BISA MENYEBABKAN KEMATIAN? SIMAK JAWABANNYA!

Beberapa hari lalu Indonesia dihebohkan dengan seorang artis, Ardhito Pramono, yang sempat pingsan saat manggung. Setelah ditelusuri ternyata salah satu penyebabnya adalah sakit maag akut. Sakit maag memang sangat umum terjadi dan bisa terjadi pada siapapun, lalu apakah maag bisa menyebabkan kematian?

Sebagian besar orang mungkin pernah merasakan sakit perut yang berujung pada gangguan maag. Masalah yang satu ini bisa muncul kapan saja, baik saat makan, setelah makan, atau ketika terlambat makan. Selain itu, gangguan maag bisa muncul sesekali saja atau bisa berlangsung setiap hari.

Penyebab Sakit Maag

Sebelum menjawab pertanyaan apakah maag bisa menyebabkan kematian, mari kenali sebenarnya apa sih masalah kesehatan ini. Sakit maag merupakan rasa tidak nyaman (dispepsia) yang terjadi pada organ lambung akibat beberapa kondisi.

Pada dasarnya, sakit maag bukanlah sebuah penyakit, melainkan gejala dari suatu penyakit. Walaupun demikian, sakit maag memerlukan perawatan yang intensif agar rasa sakit berkurang. Penyebab utama dari sakit maag adalah asam lambung yang bersentuhan dengan mukosa lambung.

Keadaan tersebut akan menimbulkan rasa nyeri pada perut. Terdapat beberapa faktor yang mendorong sakit maag, yaitu:

  • Adanya infeksi bakteri Helicobacter pylori.

  • Konsumsi makanan yang terlalu banyak dan cepat.

  • Banyak minum minuman berkafein dan beralkohol.

  • Stres yang berlebihan.

  • Efek samping penggunaan obat antiinflamasi non-steroid (OAINS).

Oleh karena itu, hindari kebiasaan-kebiasaan di atas, jika tidak ingin merasakan gejala yang ditimbulkan sakit maag. Berikut adalah gejala sakit maag yang perlu diwaspadai:

  • Nyeri perut di bagian kiri dan ulu hati.

  • Perut kembung.

  • Mual dan muntah.

  • Perut cepat merasakan penuh dan rasa kenyang yang berkepanjang.

  • Sering kentut atau bersendawa.

Apakah Maag Bisa Menyebabkan Kematian?

Sakit maag ternyata bukan gangguan kesehatan yang mematikan, tetapi dapat membuat penderitanya merasa tidak nyaman secara berkepanjangan. Selain itu, sakit maag masih masuk dalam kategori gangguan ringan. Artinya, dengan cara yang tepat, masalah kesehatan ini dapat sembuh sepenuhnya.

Namun, jika sakit maag ini tidak ditangani dengan tepat, maka bisa menimbulkan keadaan yang lebih serius. Salah satunya adalah sakit maag yang ringan bisa berubah menjadi maag kronis. Tidak hanya itu saja, sakit maag dapat menyebabkan beberapa komplikasi yang lebih berbahaya, di antaranya:

  • Tukak lambung, luka pada dinding lambung.

  • Gastritis atrofi, keadaan di mana hilangnya lapisan dinding lambung.

  • Anemia pernisiosa, kekurangan vitamin B12.

  • Kanker lambung, perubahan struktur pada lapisan lambung.

Cara Mengatasi Sakit Maag

Penanganan sakit maag sangat diperlukan agar masalah kesehatan tidak menjadi lebih berbahaya. Berikut adalah dua cara yang bisa memperbaiki keadaan lambung sehingga rasa nyeri berkurang dan hilang:

a. Biasakan Pola Makan Sehat dan Teratur

Kambuh atau tidaknya sakit maag sangat tergantung dengan pola makan yang Sobat Sehat lakukan. Sebab, ada beberapa makanan dan kebiasaan makan yang bisa membuat perut terasa tidak nyaman. Untuk menghindari sakit maag, sebaiknya Sobat Sehat mengonsumsi makanan dengan porsi yang sedikit tetapi sering.

Kebiasaan tersebut akan memberikan waktu untuk lambung dapat memproses makanan. Selain itu, hindari beberapa makanan yang bisa menyebabkan sakit maag, seperti makanan pedas, makanan asam, makanan tinggi garam, makanan berlemak, minuman berkafein, dan beralkohol.

Sobat Sehat dapat mengonsumsi yang aman untuk lambung, seperti buah-buahan, sayuran, yogurt, kimchi, tempe, tahu, dada ayam, dan ikan.

b. Konsumsi Obat Khusus Sakit Maag

Selain memperhatikan pola makan, Sobat Sehat juga dapat menggunakan obat khusus sakit maag yang dapat meringankan rasa nyeri. Ada beberapa jenis obat yang disarankan oleh dokter untuk mengatasi sakit maag, salah satu contohnya adalah antasida.

Obat khusus sakit maag ini bisa Sobat Sehat dapatkan di Apotek K-24, lho. Apotek K-24 mempunyai banyak persediaan obat khusus sakit maag, Sobat Sehat hanya perlu memilihnya setelah berkonsultasi dengan apoteker.

Sobat Sehat juga dapat mengecek dan membeli obat sakit maag ini melalui aplikasi Apotek K24, di K24Klik.

Itulah penjelasan mengenai apakah maag bisa menyebabkan kematian, semoga dapat menjawab rasa penasaran Sobat Sehat. Yuk, jangan biarkan sakit maag yang hanya gangguan ringan berubah jadi masalah kesehatan serius.