5 TIPS JAGA KESEHATAN DI MUSIM HUJAN, PENTING UNTUK MENGHINDARI PENYAKIT

Tips jaga kesehatan di musim hujan sangat penting untuk diketahui oleh siapapun, apalagi bagi masyarakat yang tinggal di Indonesia. Sebab, banyak sekali gangguan kesehatan yang bisa menyerang tubuh, seperti batuk, pilek, diare, demam, demam berdarah, dan lain sebagainya.

Bulan Februari ini menjadi puncak musim hujan 2023 yang harus diwaspadai, baik untuk anak sekolah atau para pekerja. Selain curah hujan yang tinggi, suhu udara akan menurun dan lingkungan pun mudah menjadi kotor. Jika tidak berhati-hati, keadaan ini bisa mempengaruhi kesehatan keluarga dan menyebabkan penyakit.

Tips Jaga Kesehatan di Musim Hujan

Pentingnya menjaga kesehatan di musim hujan ini bertujuan untuk melawan sistem imunitas tubuh yang terkadang bisa menurun. Apabila sistem kekebalan menurun, maka Sobat Sehat bisa menjadi lebih rentan terserang penyakit.

Hal tersebut juga didukung dengan faktor musim hujan yang mendorong pertumbuhan virus dan bakteri. Oleh karena itu, memperhatikan kondisi tubuh harus dilakukan setiap hari. Lalu bagaimana menjaga kesehatan di musim hujan yang baik? Simak penjelasan di bawah ini:

1. Konsumsi Makanan Pendukung Imunitas Tubuh

Ada pepatah yang mengatakan bahwa “Kamu adalah apa yang kamu makan”. Artinya, kalau Sobat Sehat mengonsumsi makanan yang bergizi dan sehat, maka tubuhnya juga akan sehat. Konsumsi makanan bergizi seimbang bisa membuat daya tahan tubuh menjadi lebih optimal saat musim hujan.

Oleh karena itu, lebih baik perbanyak konsumsi makanan yang mengandung protein, zinc, vitamin A, vitamin C, vitamin D, dan vitamin E. Selain makanan, Sobat Sehat bisa melengkapinya dengan minum suplemen atau vitamin tambahan untuk memenuhi nutrisi tubuh.

Suplemen dan vitamin ini harus Sobat Sehat beli lewat Apotek K-24 agar lebih terjamin keamanannya. Selain itu, sebelum membelinya, lebih baik konsultasikan pemakaian suplemen dan vitamin ini dengan apoteker di Apotek K-24 terlebih dahulu, ya.

Berbagai vitamin dan suplemen sehat ini juga bisa Sobat Sehat melalui aplikasi Apotek K-24 di K24Klik, mudah bukan?

2. Menjaga Kebersihan

Tips jaga kesehatan di musim hujan yang selanjutnya adalah memperhatikan kebersihan lingkungan dan diri sendiri. Musim hujan menjadikan lingkungan lebih lembab dan mudah kotor, hal ini bisa memunculkan sarang penyakit.

Oleh karena itu, rajin membersihkan lingkungan sekitar sangat penting untuk mencegah penyakit. Selain lingkungan, Sobat Sehat juga harus memelihara kebersihan diri. Salah satu caranya adalah dengan rajin cuci tangan dengan sabun, menggunakan tisu setelah bersin atau batuk, dan membuang sampah pada tempatnya.

Jangan lupa gunakan masker ketika berada di luar rumah, ya.

3. Rutin Berolahraga

Mungkin musim hujan membawa suasana yang membuat orang-orang malas untuk bergerak, apalagi berolahraga. Padahal, aktivitas fisik adalah kunci utama agar tubuh selalu dalam keadaan sehat dan bugar saat musim hujan.

Oleh karena itu, Sobat Sehat bisa memanfaatkan video panduan dan melakukan olahraga di dalam rumah. Paling tidak lakukan olahraga selama 30 menit setiap 3 kali dalam satu pekan.

4. Penuhi Kebutuhan Cairan Tubuh

Walaupun cuaca dingin dan lembab saat musim hujan, minum air putih sebanyak 1,5 sampai 2 liter menjadi tips jaga kesehatan di musim hujan. Kebutuhan cairan sangat penting untuk proses pencernaan dan mencegah dehidrasi.

5. Hindari Gigitan Nyamuk

Musim hujan adalah waktu yang cocok untuk nyamuk berkembang biak dan bisa meningkatkan risiko penyakit demam berdarah. Maka dari itu, menghindari gigitan nyamuk menjadi tips jaga kesehatan di musim hujan yang terakhir, tapi bagaimana caranya?

Sobat Sehat bisa melakukan gerakan 3M Plus. Gerakan ini berupa menutup tempat penampungan air, mengubur benda-benda yang bisa menampung air, dan menguras bak air secara rutin.

Itulah 5 cara mudah untuk menjaga kesehatan di musim hujan yang perlu Sobat Sehat ketahui. Selalu jaga kesehatan di puncak musim hujan 2023 tahun ini agar aktivitas sehari-hari bisa berjalan dengan lancar. 

 

sumber: berbagai media online tentang kesehatan