MEMPERINGATI HARI KANKER ANAK SEDUNIA 2023 DENGAN LANGKAH CERDIK!

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, bahwa penyakit kanker tidak hanya menyerang orang dewasa saja. Bahkan, kanker pada anak ini terbilang lebih berbahaya daripada kanker yang menyerang orang dewasa. Oleh karenanya, yuk, ikut berpartisipasi dalam mengurangi kasus kanker di Hari Kanker Anak Sedunia 2023 ini.

Lebih dari 50% penderita kanker pada anak berakhir dengan meninggal dunia. Penyebab utamanya adalah karena penyakit kanker yang menyerang terlambat untuk dideteksi. Artinya, penyakit kanker biasanya sudah dalam stadium akhir ketika penderita dibawa ke rumah sakit atau dokter. Keadaan ini membuat harapan untuk bebas dari kanker semakin menurun.

Cara Menghindari Kanker untuk Memperingati Hari Kanker Anak Sedunia 2023

Terdapat beberapa penyakit kanker yang sering terjadi pada anak, seperti leukimia, kanker mata, kanker kelenjar getah bening, kanker tulang, kanker nasofaring, dan neuroblastoma. Masing-masing jenis kanker ini memiliki gejala yang berbeda-beda dan harus terus diwaspadai.

Menemukan penyakit kanker sejak dini adalah kunci utama dalam mengendalikan kanker pada anak agar berhasil. Apabila kanker sudah bisa dideteksi pada stadium awal, maka dokter bisa melakukan penanganan lebih lanjut.

Tidak semua penyakit kanker ini mudah untuk diketahui atau memiliki metode dalam mendeteksi sejak dini. Selain itu, penyakit kanker pada anak ternyata tidak dapat dicegah. Namun, Kementerian Kesehatan RI menyarankan para orang tua mengajarkan perilaku CERDIK pada anak untuk menghindari kanker.

Apa saja perilaku CERDIK yang dimaksud ini? Berikut penjelasannya:

Cek Kesehatan Berkala

Di Hari Kanker Anak Sedunia 2023, sebaiknya ajak anak untuk melakukan pemeriksaan kesehatan secara berkala. Cek kesehatan ini bertujuan untuk mengetahui potensi penyakit yang memiliki kemungkinan bisa menyerang ke tubuh.

Ada beberapa tahapan untuk pemeriksaan kesehatan ini, yaitu:

  • Pemeriksaan kolesterol, bisa mengontrol penyakit jantung dan stroke.

  • Cek gula darah, prosedur ini dapat mencegah penyakit diabetes.

  • Pemeriksaan fungsi paru, untuk mendiagnosa apakah ada gangguan pada sistem pernapasan.

  • Cek berat badan dan tinggi badan, mengukur massa tubuh apakah sudah ideal.

  • Pemeriksaan dan cek tekanan darah.

Enyahkan Asap Rokok

Rokok merupakan benda yang memiliki banyak sekali racun di dalamnya. Bahkan, menghirup asap rokok ini menjadi penyebab utama dari kanker paru-paru. Oleh karena itu, sebaiknya jauhkan anak-anak dari jangkauan asap rokok, baik saat sedang di rumah atau di tempat umum.

Rajin Beraktivitas

Berolahraga bersama anak bisa menjadi aktivitas yang menyenangkan, lho. Tidak hanya mempererat ikatan orang tua dengan anak, tetapi juga meningkatkan kesehatan tubuh secara keseluruhan. Yuk, ajak anak untuk bergerak aktif di Hari Kanker Anak Sedunia 2023 ini.

Kurang bergerak membuat seseorang lebih rentan terkena penyakit serius, seperti diabetes, kanker, dan penyakit kardiovaskular. Artinya, mengajarkan anak untuk aktif bergerak bisa bermanfaat untuk kehidupan sekarang dan masa depan.

Diet dengan Gizi Seimbang

Asupan makanan juga penting dalam langkah menghindari penyakit kanker. Fakta menariknya, pola makan ternyata bisa mempengaruhi perkembangan sel kanker. Oleh karena itu, memilih makanan  sehat bisa mengurangi risiko terkena penyakit kanker.

Sobat Sehat bisa menggunakan panduan “Isi Piringku” untuk memenuhi asupan nutrisi setiap hari. Panduan diet sehat dan seimbang tersebut juga bisa mencegah anak mengalami penyakit gizi buruk. Jika diperlukan, orang tua bisa memberikan vitamin dan suplemen khusus anak agar kebutuhan nutrisi selalu terpenuhi.

Beberapa vitamin dan suplemen ini bisa Sobat Sehat dapatkan di Apotek K-24, apoteknya Indonesia. Tentu saja untuk mendapatkannya, jangan lupa konsultasikan dulu dengan apoteker di Apotek K-24, ya.

Istirahat Cukup

Tidur dengan cukup sangat dibutuhkan oleh anak-anak yang sedang dalam masa pertumbuhan. Balita biasanya membutuhkan waktu tidur selama 11-14 jam, termasuk tidur siang. Sedangkan untuk anak di atas 5 tahun memerlukan waktu tidur 10 jam.

Istirahat atau tidur adalah waktu yang bagus untuk meningkatkan imunitas tubuh dan memperbaiki sel-sel yang rusak.

Kelola Stres

Selalu mengajak anak untuk bebas berekspresi ternyata bisa membantu anak untuk melepaskan stres. Selain itu, Sobat Sehat juga bisa mengajarkan kegiatan yang menyenangkan, seperti menggambar, menyanyi, dan lain-lain untuk menenangkan suasana hati.

Seseorang yang mengalami stres juga akan mudah terserang penyakit karena sistem kekebalan tubuhnya akan menurun.

 Nah, itu dia 6 cara kecil yang dapat dilakukan untuk menghindari kanker dan mengurangi kasus penyakit. Jangan hanya lakukan kegiatan-kegiatan di atas di Hari Kanker Anak Sedunia 2023 saja, ya. Kalau bisa, biasakan kegiatan sehat di atas setiap hari demi kesehatan anak dan keluarga.