APAKAH GAGAL GINJAL BISA SEMBUH SEPENUHNYA? SIMAK PENJELASANNYA!

Gagal ginjal akut yang sedang melanda Indonesia kali ini memang termasuk penyakit yang berbahaya. Bahkan pada beberapa kasus, anak yang terkena gagal ginjal akut ada yang berakhir dengan meninggal dunia. Lalu apakah gagal ginjal bisa sembuh dan kembali seperti semula?

Setelah beberapa saat mereda, kasus anak gagal ginjal akut kembali muncul awal bulan Februari ini. Walaupun beberapa anak yang berakhir meninggal dunia, tetapi ada juga yang tertolong dari penyakit ginjal. Peristiwa ini pun tidak hanya menarik perhatian secara nasional saja, bahkan sampai ke tingkat internasional.

Apakah Gagal Ginjal Bisa Sembuh?

Gangguan Ginjal Akut Progresif Atipikal (GGAPA) merupakan sebuah penyakit yang terjadi secara mendadak. Kendati demikian, gagal ginjal yang satu ini bukan berarti bahwa ginjal sudah rusak sepenuhnya.

Menurut Kementerian Kesehatan RI, ketika racun yang merupakan penyebab gagal ginjal akut hilang, maka penderita bisa sembuh total. Namun, untuk bisa sembuh dengan sempurna tentu anak harus melewati berbagai perawatan yang tepat.

Jika penyakit sudah sembuh, banyak pertanyaan yang muncul, seperti bisakah penyintas gagal ginjal mempunyai organ ginjal yang berfungsi 100 persen? Ternyata gagal ginjal akut dapat sembuh dan ginjal pun dapat berfungsi seperti semula.

Dengan catatan, penderita gagal ginjal akut mendapatkan pengobatan dan perawatan yang cepat. Sebab, jika terlambat gagal ginjal akut bisa berubah menjadi gagal ginjal kronis. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, terdapat perbedaan antara gagal ginjal akut dan kronis.

Pada gagal ginjal kronis, penderita sudah mengalami kerusakan ginjal sejak lama karena perkembangannya secara bertahap. Artinya, ginjal pada penderita gagal ginjal kronis tidak bisa kembali pulih dan bekerja secara maksimal.

Sama seperti penyakit diabetes, orang yang sudah terkena gagal ginjal kronis, penderita tidak bisa disembuhkan lagi.

Dugaan Obat Sirup sebagai Penyebab Gagal Ginjal

Kembali munculnya kasus gagal ginjal akut pada anak beberapa hari lalu lagi-lagi menarik perhatian dari berbagai pihak. Obat sirup penurun panas lagi-lagi dikatakan sebagai penyebab utama dari gagal ginjal. Faktanya, pihak Kemenkes dan BPOM sendiri masih melakukan investigasi terkait kasus baru ini.

Selain itu, masih banyak faktor lainnya yang bisa menyebabkan gagal ginjal akut, seperti kecelakaan, keracunan, gaya hidup tidak sehat, penyumbatan saluran urine, dan lain-lain. Apabila Sobat Sehat masih khawatir atau takut untuk menggunakan obat sirup, sebaiknya konsultasikan dengan apoteker di Apotek K-24.

Hal tersebut bertujuan agar Sobat Sehat mendapatkan obat sirup yang aman dan sesuai dengan rekomendasi BPOM. Konsultasi ini bisa Sobat Sehat lakukan dengan apoteker K-24, baik secara langsung atau dengan cara live chat. Mudah bukan untuk melakukan konsultasi?

Dalam masa-masa ini sebaiknya hindari memberikan obat sirup tanpa berkonsultasi terlebih dahulu.

Langkah Mencegah Gagal Ginjal Akut pada Anak

Melalui penjelasan di atas pertanyaan apakah gagal ginjal bisa sembuh sudah terjawab. Penyakit gagal ginjal akut pada anak memang bisa sembuh sepenuhnya, tetapi akan lebih baik jika Sobat Sehat bisa mencegahnya.

Selain mengetahui dan sigap dengan gejala gagal ginjal, terdapat beberapa cara untuk mencegah penyakit. Salah satunya adalah dengan mengajarkan hidup sehat kepada anak, mulai dari berolahraga secara rutin, minum air putih setiap hari, dan makan makanan yang kaya gizi.

Selain cara tersebut, orang tua juga harus membatasi asupan gula dan garam pada anak. Terlalu banyak gula bisa menyebabkan kadar gula darah yang tinggi dan berisiko penyakit diabetes. Kondisi ini bisa membebani kinerja dari organ ginjal.

Sedangkan terlalu banyak asupan garam juga tidak baik karena natrium dapat memicu retensi cairan dalam tubuh. Kelebihan garam juga memberatkan kerja ginjal dalam menyaring darah. Hal ini bisa berakibat penumpukan cairan dan pembengkakan pada kaki.

Demikian ulasan yang berusaha menjawab dan membahas apakah gagal ginjal bisa sembuh, semoga dapat bermanfaat. Mari jaga kesehatan anak bersama-sama agar kehidupan anak lebih terjamin di masa depan.