BAGAIMANA CARA MENCEGAH PENYAKIT KANKER PARU-PARU?

Setelah kanker payudara  dan kanker serviks , masih ada kanker paru-paru sebagai penyakit kanker dengan jumlah penderita terbanyak. Menurut data dari Riskesdas, penderita kanker paru-paru ini terus meningkat tiap tahunnya, hal ini tentu menjadi perhatian khusus bagi pemerintah. Lalu bagaimana cara mencegah penyakit kanker paru-paru?

Kanker paru-paru seperti sebuah penyakit yang umum terjadi di Indonesia. Menurut data global, kanker paru-paru menjadi penyebab pertama kematian pada kaum laki-laki yang diakibatkan kanker. Tidak hanya itu saja, kanker paru-paru juga menjadi penyebab kematian akibat kanker kedua pada perempuan.

Penyebab Kanker Paru-paru

Umumnya, kanker paru-paru menyerang pada orang-orang yang memiliki kebiasaan merokok. Kendati demikian, orang yang bukan perokok tapi sering terpapar rokok juga bisa terkena kanker paru-paru. Hal ini karena penyebab utama dari kanker paru-paru adalah paparan polusi udara di lingkungan yang mungkin tercemar zat berbahaya.

Pada tahap awal, kanker paru-paru tidak menimbulkan gejala berarti yang dapat dikenali. Namun, gejala baru akan timbul ketika kanker sudah menyebar ke jaringan organ lainnya. Beberapa gejala kanker paru-paru yang harus diwaspadai adalah sesak napas, batuk kronis, hingga batuk darah.

Bagaimana Cara Mencegah Penyakit Kanker Paru-paru?

Walaupun umum terjadi di Indonesia, bukan berarti Sobat Sehat menganggap sepele penyakit kanker paru-paru ini. Sebab, seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa penyakit ini bisa menyebabkan kematian.

Oleh karena itu, akan lebih baik jika Sobat Sehat bisa menghindari dan mencegah terjadinya kanker paru-paru. Berikut beberapa cara kecil tapi berdampak besar untuk kesehatan, khususnya dalam mencegah penyakit paru-paru:

a. Hentikan Kebiasaan Merokok

Berhenti merokok tentu menjadi satu-satunya jalan terbaik untuk mencegah kanker paru-paru, baik bagi perokok baru atau lama. Berdasarkan penelitian dari Very Well Health, 90% dari kasus kanker paru-paru penyebabnya adalah langsung dari rokok.

Hal ini karena asap rokok memiliki kandungan zat racun yang banyak, seperti arsenik, formaldehida, dan benzena. Senyawa-senyawa kimia inilah yang bisa menyebabkan penyakit pada sistem pernapasan, khususnya kanker paru-paru.

b. Hindari Asap Rokok

Sobat Sehat yang bukan perokok ternyata masih berisiko terserang penyakit kanker paru-paru, lho. Kok bisa? Hal ini bisa terjadi jika Sobat Sehat hidup bersama perokok aktif, risiko terkena penyakit bisa meningkat hingga 30%.

Dalam mengurangi terkena paparan asap rokok atau polusi udara lainnya, sebaiknya gunakan masker ketika keluar dari rumah. Masker yang bisa mencegah paparan asap rokok secara efektif dapat Sobat Sehat temukan di Apotek K-24. Namun, masker ini juga bisa Sobat Sehat pesan melalui aplikasinya di K24Klik.

c. Makan Makanan Sehat dan Bergizi

Mengonsumsi makanan yang bergizi tinggi ternyata juga bisa menjadi jawaban dari bagaimana cara mencegah penyakit kanker paru-paru. Menurut sebuah jurnal dari Nutrients, peningkatan konsumsi 100 gram buah dan sayuran dalam satu hari bisa mengurangi risiko terjadinya kanker paru-paru.

Seperti yang Sobat Sehat ketahui bahwa buah dan sayuran merupakan sumber vitamin dan mineral yang baik untuk kesehatan. Dua nutrisi menjadi antioksidan yang secara aktif dapat melawan radikal bebas di dalam tubuh.

d. Kurangi Risiko pada Lingkungan Kerja

Kanker paru-paru ternyata tidak hanya terjadi karena asap rokok saja, paparan zat berbahaya di tempat kerja bisa menjadi salah satu penyebab. Ada setidaknya 12 jenis zat yang bisa menyebabkan kanker paru-paru, yaitu: arsenik, asbes, berilium, kadmium, bis-klorometil eter, kromium heksavalen, nikel, radon, silika kristal, jelaga, dan asap dari batubara.

Masing-masing zat mempunyai tingkatan risiko yang berbeda. Oleh karena itu, bagi Sobat Sehat yang bekerja di daerah pertambangan, pabrik, atau tempat lain yang membutuhkan bahan kimia harus selalu berhati-hati.

e. Olahraga secara Teratur

Rutin berolahraga menjadi jawaban terakhir dari bagaimana cara mencegah penyakit kanker paru-paru. City of Hope National Medical Center of California mengatakan bahwa berolahraga secara teratur dapat mengurangi risiko kanker paru-paru hingga 50%.

Dengan aktivitas fisik, fungsi paru-paru dapat meningkat dan mengurangi kadar karsinogen dalam paru-paru. Selain itu, salah satu manfaat olahraga adalah meningkatkan sistem imun tubuh, mengurangi peradangan, dan memperbaiki sel-sel yang rusak dalam paru-paru.

Itulah beberapa cara yang dapat Sobat Sehat lakukan untuk mencegah penyakit kanker paru-paru. Apakah Sobat Sehat sudah melakukan beberapa cara di atas? Yuk, ikut dalam menurunkan risiko penyakit kanker untuk merayakan Hari Kanker Sedunia 2023.

 

sumber: beberapa media online tentang kesehatan