APA KANKER SERVIKS BISA SEMBUH DAN HILANG SAMPAI TUNTAS?

Masih dalam suasana menyambut Hari Kanker Sedunia 2023, kali ini kita akan membahas tentang kanker serviks. Jenis kanker ini menempati peringkat kedua setelah kanker payudara pada jumlah penderita terbanyak. Apa kanker serviks bisa sembuh atau malah bisa membahayakan nyawa?

Menurut WHO (World Health Organization), kanker serviks menjadi jenis kanker keempat yang sangat rentan terjadi pada perempuan di dunia. Bahkan, penyakit ini menjadi salah satu gangguan kesehatan yang bisa mengancam nyawa sebagian besar perempuan. Oleh karena itu, Sobat Sehat harus berhati-hati dengan penyakit ini.

Penyebab dan Gejala Kanker Serviks

Kanker serviks adalah penyakit berupa tumor ganas yang muncul dan tumbuh di bagian leher rahim. Penyakit ini menjadi salah satu penyakit yang paling ditakuti oleh perempuan. Tidak hanya mengganggu sistem reproduksi, tetapi juga mempengaruhi proses kehamilan dan keadaan janin.

Pada dasarnya, penyebab dari kanker serviks adalah virus HPV (Human Papilloma Virus). Selain itu, ada beberapa keadaan yang bisa mendukung timbulnya kanker serviks, yaitu:

  1. Suka berganti-ganti pasangan untuk berhubungan intim.

  2. Kurang menjaga kebersihan pada area genital

  3. Pasangan perempuan yang tidak melakukan sirkumsisi (sunat).

  4. Ada riwayat penggunaan dietilstilbestrol (DES) dan kontrasepsi oral.

Pada stadium awal, kanker serviks tidak menunjukkan gejala yang bisa Sobat Sehat deteksi. Namun, pada stadium lanjut, sel kanker akan berkembang dengan pesat. Kondisi ini akan memberikan beberapa gejala, seperti:

  1. Keputihan dengan jumlah abnormal.

  2. Adanya perdarahan di luar masa haid atau menstruasi.

  3. Tubuh mudah merasa lelah.

  4. Muncul rasa nyeri di bawah perut atau panggul.

  5. Rasa nyeri juga muncul saat berhubungan intim.

Apa Kanker Serviks Bisa Sembuh?

Pertanyaan di atas tentu banyak ditanyakan oleh kaum perempuan. Pada beberapa kasus, kanker serviks dapat sembuh secara keseluruhan. Sembuh ini artinya sel kanker hilang sepenuhnya selama pengobatan dan tidak pernah kembali lagi.

Namun, ada juga penderita yang sudah menjalankan pengobatan tetapi kembali mengidap kanker lagi di kemudian hari. Sulit untuk mengetahui atau memastikan bahwa kanker tidak akan pernah kembali. Oleh karena itu, dokter menggunakan istilah remisi parsial dan remisi lengkap.

Remisi parsial berarti penderita mengalami sedikit gejala kanker serviks setelah pengobatan. Sedangkan remisi lengkap artinya penderita tidak mengalami tanda-tanda kanker serviks lagi. Artinya, belum ada jaminan yang pasti bahwa kanker serviks bisa sembuh dengan sepenuhnya.

Langkah Mencegah Kanker Serviks Sejak Dini

Melihat jawaban dari pertanyaan apa kanker serviks bisa sembuh di atas, akan lebih baik jika Sobat Sehat menghindari penyakit ini. Sebab, kanker serviks adalah jenis kanker yang memiliki upaya dalam pencegahan sejak dini. Selain menghindari ketidaknyamanan, hal ini juga mencegah kasus kematian.

Berikut beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk mencegah kanker serviks:

a. Tidak Berganti-ganti Pasangan Seksual

Virus penyebab kanker serviks (HPV) ternyata bisa disalurkan lewat hubungan intim yang berisiko. Semakin sering berganti-ganti pasangan tanpa menggunakan pengaman, maka semakin tinggi pula risiko kanker serviks terjadi.

b. Vaksin HPV

Melakukan vaksin HPV bisa menjadi salah satu pencegahan yang ampuh. Vaksin jenis ini sebaiknya diberikan sebelum Sobat Sehat aktif untuk berhubungan seksual. Umumnya, vaksin dilakukan pada seseorang dengan usia 9 hingga 13 tahun karena lebih efektif bekerja.

Namun, para perempuan masih bisa mendapatkan vaksin ini hingga usia 26 tahun. Hal yang harus diingat adalah vaksin HPV tidak hanya diperuntukkan perempuan saja, tetapi kaum pria pun juga bisa mendapatkannya.

c. Menjaga Kebersihan Area Genital

Cara mencegah kanker serviks selanjutnya adalah dengan selalu membersihkan area genital. Bagian ini sangat rentan terkena penyakit karena mudah lembap sehingga mudah terjadi infeksi virus, bakteri, dan jamur.

d. Menjalankan Gaya Hidup Sehat

Lagi-lagi membiasakan hidup sehat menjadi salah satu cara dalam mencegah suatu penyakit berbahaya. Sebab, tujuan utama dari gaya hidup sehat adalah mendapatkan kesehatan yang maksimal, baik dari segi fisik dan mental.

Oleh karena itu, sebaiknya Sobat Sehat membiasakan berolahraga secara teratur, mengendalikan stres, meluangkan waktu istirahat, dan memenuhi kebutuhan nutrisi. Dalam memenuhi kebutuhan nutrisi ini, Sobat Sehat bisa menggunakan suplemen dan vitamin yang terdapat di Apotek K-24.

Beberapa suplemen dan vitamin ini hanya untuk memastikan bahwa kebutuhan nutrisi sehari-hari sudah terpenuhi. Namun, untuk menggunakannya Sobat Sehat dapat berkonsultasi terlebih dahulu dengan apoteker di Apotek K-24.

Layanan konsultasi ini bisa dilakukan secara langsung atau online, mudah bukan? Demikian ulasan mengenai apa kanker serviks bisa sembuh, semoga dapat bermanfaat.