TERNYATA KEBIASAAN INI BISA MERUSAK RAHIM LHO!

Buat para wanita yang pengen segera punya momongan, yuk hindari kebiasaan buruk ini karena bisa merusak rahim. Yuk kita bahas kebiasaan apa aja sih yang bisa mengganggu kesehatan rahim. 

Kebiasaan pertama yang harus Anda hindari adalah sering begadang.

Secara umum, sering begadang bisa memicu peningkatan berat badan baik pada pria maupun wanita. Kelebihan berat badan ini bisa mendatangkan masalah ovulasi untuk wanita dan sperma yang tidak sehat bagi pria. 

Kebiasaan selanjutnya adalah konsumsi kafein yang berlebihan.

Hayoo siapa nih yang hobi ngopi? Minum segelas minuman yang mengandung kafein seperti kopi atau teh mungkin tidak akan membahayakan kesuburan. 

Namun, beberapa penelitian menemukan bahwa konsumsi kafein lebih dari 300mg per hari bisa sedikit menurunkan kesuburan dan meningkatkan risiko keguguran.

Rutin berolahraga memang baik untuk kesehatan tubuh. Olahraga teratur juga bisa membantu menjaga kesuburan. Tapi jangan sampai berlebihan ya Sobat Sehat!

Olahraga berlebihan justru bisa mengganggu kesuburan baik untuk wanita maupun pria.

Kebiasaan selanjutnya yang harus Anda hindari adalah terlalu banyak makan junk food atau makanan cepat saji. Makanan ini jika dikonsumsi secara berlebih bisa meningkatkan berat badan dan kadar gula dalam darah. Jika kadar gula tidak terkontrol maka bisa berdampak buruk terhadap kesuburan.

Kebiasaan-kebiasaan lain seperti merokok dan konsumsi alkohol berlebihan juga sebaiknya mulai Sobat Sehat tinggalkan ya karena kebiasaan ini bisa menyebabkan ketidaksuburan serta masalah pada organ reproduksi Anda.

Dan yang terakhir adalah melakukan seks bebas. Kebiasaan ini bisa menyebabkan penyakit menular seksual yang bisa memicu ketidaksuburan dan menyebabkan rahim rusak.

Misalnya seperti penyakit klamidia dan gonore yang menyebabkan radang panggul dan menyebabkan ketidaksuburan akibat saluran indung telur yang tertutup.