MITOS ATAU FAKTA, KACANG HIJAU BISA BIKIN RAMBUT BAYI LEBAT?

Bundaaa, bener nggak sih kalau makan kacang hijau saat hamil bisa bikin rambut bayi jadi tebal?

Ibu hamil pasti sudah sering dengar mitos makan ini itu saat hamil. Salah satunya adalah katanya bila ibu hamil banyak makan kacang hijau, maka saat lahir nanti bayinya rambutnya bisa lebat. Hmm benar gak sih?

Sobat Sehat, nyatanya belum ada bukti ilmiah yang menyebutkan hubungan kacang hijau dapat memperlebat rambut bayi. Rambut bayi yang tumbuh lebih dipengaruhi dari faktor genetik. Jadi, meskipun mengkonsumsi banyak kacang hijau saat hamil, belum tentu bayinya akan berambut lebat, apabila tipe rambut orangtuanya cenderung tipis.

Meskipun demikian, mengkonsumsi kacang hijau bagi ibu hamil memiliki banyak manfaat lho.

Kacang hijau dapat membantu meningkatkan kadar hemoglobin dalam darah ibu hamil. Kadar hemoglobin yang rendah dapat berdampak buruk bagi kesehatan ibu dan janin. Kacang hijau diketahui kaya akan zat besi sehingga dapat meningkatkan kadar hemoglobin pada ibu hamil.

Selain itu, kacang hijau juga memenuhi kebutuhan asam folat ibu hamil. Selain suplemen asam folat yang diberikan oleh dokter kandungan, kacang hijau juga bisa membantu memenuhi kebutuhan asam folat secara alami.

Konsumsi kacang hijau bagi ibu hamil juga bisa membantu mengatasi hipertensi lho karena kandungan kalium yang ada di dalamnya. Serat dalam kacang hijau juga sangat bermanfaat untuk melancarkan pencernaan.

Meskipun banyak manfaat yang terdapat dalam kacang hijau, bukan berarti ibu hamil bisa mengonsumsi kacang hijau saja ya. Pastikan untuk mengkonsumsi makanan jenis lainnya untuk mencukupi kebutuhan gizi ibu hamil. Konsultasikan dengan dokter spesialis kandungan mengenai asupan saat hamil yang dapat membantu pertumbuhan janin sekaligus menjaga kesehatan ibu hamil.