SUDAH KLIMAKS TAPI NGGAK KELUAR? TERNYATA INI JAWABANNYA!

Ssst, para pria! Pernah gak sih, sudah klimaks tapi ternyata gak ada sperma yang keluar? Waduh, kok bisa yaa?

Kondisi dimana seorang pria tidak mengeluarkan sperma saat klimaks disebut dengan orgasme kering atau dry orgasm. Hal ini mungkin membuat Anda merasa khawatir. Ada beberapa hal yang menjadi penyebab sperma tidak keluar.

Pertama, karena saluran sperma tersumbat. Saluran sperma dapat tersumbat namun penyumbatnya bukan kotoran biasa. Bila saluran sperma tersumbat, mungkin saja terjadi gangguan prostat sehingga diperlukan prosedur pembedahan untuk membersihkannya.

Kedua, mungkin terjadi ejakulasi tertunda atau delayed ejaculation. Kondisi ini merupakan kondisi medis yang umum. Hal ini dapat terjadi karena kecemasan, depresi, gangguan syaraf, atau reaksi pengobatan tertentu.

Ketiga, karena sperma masuk ke kandung kemih. Hal ini terjadi karena gangguan pada otot leher kandung kemih. Hal ini tidak berbahaya, tapi bisa menyebabkan kemandulan pada pria. Diperlukan pengobatan medis agar fertilitas dapat kembali.

Penyebab lainnya bisa jadi karena kadar testosteron yang rendah, pascaoperasi prostat, terjadi kerusakan saraf atau jaringan ejakulasi, dan tidak terproduksinya air mani dan sperma.

Pola hidup yang buruk juga bisa menjadi penyebab sperma tidak keluar saat orgasme. Oleh karena itu, pastikan untuk memiliki pola hidup yang sehat agar tidak mengalami dry orgasm.