GAWAT! JUMLAH SPERMA DI DUNIA MENURUN!

GAWAT! Ilmuwan di dunia menemukan bahwa jumlah sperma di dunia menurun!!! Waduuuh, gimana nih??

Baru-baru ini, jurnal Human Reproduction Update mempublikasi analisis meta terhadap 250 studi di seluruh dunia yang menguak adanya penurunan jumlah sperma dalam 50 tahun terakhir. Mulai dari tahun 1973 hingga 2000, jumlah sperma menurun hingga 1.2% per tahun, dan setelahnya, penurunan makin meningkat hingga 2x lipat atau 2.6% per tahun.

Penurunan jumlah sperma ini dapat terjadi dari berbagai faktor, seperti masalah ketidaksuburan serta masalah kesehatan. Meskipun temuan ini merupakan angka keseluruhan, namun bila tidak segera diatasi, maka bisa terjadi ancaman bagi kelangsungan hidup manusia.

Lalu, bagaimana ya cara meningkatkan jumlah sperma?

Seperti di video yang pernah saya bahas sebelumnya, untuk meningkatkan jumlah sperma, pastikan untuk rajin mengkonsumsi makanan sehat seperti makan sayur dan buah berwarna merah, selalu terhidrasi atau minum air yang cukup, rajin olahraga, mengurangi makanan berbasis kedelai, dan menghindari panas berlebih di area testis.

Bila Sobat Sehat merasa mengalami perubahan pada jumlah sperma atau bentuk dan warnanya, pastikan untuk berkonsultasi dengan dokter.