APAKAH PENYAKIT POLIO BISA DICEGAH?

Setelah delapan tahun Indonesia dinyatakan bebas dari polio, awal November 2022 ini muncul satu kasus polio tipe 2 di Kabupaten Pidie, Aceh. Penemuan kasus ini kemudian dinyatakan sebagai kejadian luar biasa oleh Kemenkes.

Penemuan kasus polio ini tentunya membuat kita semua cemas ya Sobat Sehat. Karena polio merupakan penyakit menular yang disebabkan oleh virus dan bisa menyebabkan kelumpuhan permanen, gangguan pada saraf pernafasan, hingga kematian.

Hmm, lalu apakah polio bisa dicegah?

Polio bisa dicegah dengan melakukan imunisasi.

Imunisasi polio diberikan sebanyak empat kali dalam 4 bulan pertama kehidupan bayi. Kemudian dilanjutkan dengan imunisasi polio tambahan dalam Pekan Imunisasi Nasional Polio yang dilaksanakan setiap tahun. 

Virus polio menyebar melalui fecal-oral. Virus ini berkembangbiak di sistem pencernaan dan dikeluarkan melalui feses (tinja), kemudian menyebar melalui air. Risiko penularan akan semakin besar apabila sanitasi tidak baik, seperti perilaku buang air besar sembarangan.

Jika menggunakan toilet umum, pilih toilet yang bersih ya Sobat Sehat. Jangan lupa untuk mencuci tangan dengan sabun setelah menggunakan toilet.

Selain itu jangan lupa juga untuk rajin mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir, terutama sebelum makan.

Daya tahan tubuh yang baik juga bisa menjadi kunci untuk memerangi virus dalam tubuh. Anda bisa mencukupi kebutuhan cairan, konsumsi makanan bernutrisi, vitamin, serta tidur dengan cukup.

Virus juga bisa hidup dalam air dan bahan makanan. Karenanya pastikan makanan yang Anda konsumsi benar-benar matang.