SEHAT JANGKA PANJANG

Hidup sehat dan jauh dari penyakit merupakan harapan semua manusia yang masih di beri kesempatan untuk menikmati hidup di dunia ini. Tapi ironisnya, tidak sedikit dari kita yang malah gemar berperilaku tidak sehat dalam kehidupan setiap hari seperti masih merokok, malas berolahraga, suka begadang, minum minuman keras serta mengkonsumsi makanan yang tidak sehat. 

Melakukan berbagai kebiasaan sehat merupakan investasi jangka panjang untuk kesehatan tubuh anda. 

Membiasakan diri untuk bergaya hidup sehat memang tidak mudah. Meskipun begitu, jika ada niat, rencana dan usaha yang kuat, maka hidup sehat bukanlah hal yang mustahil untuk kita lakukan setiap hari. Berbagai kebiasaan sehat maupun tidak sehat yang kita lakukan saat ini, juga akan terasa dampaknya di masa mendatang. Ada berbagai kebiasaan sehat yang dapat anda lakukan hari ini untuk investasi jangka panjang anda. 

  1. Hobi Berjalan Kaki. Olahraga yang mudah, sehat sekaligus murah adalah dengan menggerakan kaki untuk berjalan ke suatu tempat. Inilah salah satu investasi jangka panjang yang harus dilakukan setiap orang untuk sehat di masa tua.
  2. Selalu Fokus Mencukupi Jam Tidur Malam. Idealnya, 7-8 jam, merupakan waktu yang dibutuhkan untuk istirahat malam. Tidur malam yang cukup memiliki manfaat positif yaitu tingkat stres yang menurun serta meningkatkan sistem imun tubuh.
  3. Ambil Jeda Istirahat Saat Super Sibuk. Dalam hal ini, luangkanlah waktu beberapa menit untuk mengistirahatkan fisik dan pikiran anda saat menjalankan suatu pekerjaan atau aktivitas yang super sibuk dan melelahkan tersebut.
  4. Mengurangi Konsumsi Gula. Menurut sebuah penelitian yang dipublikasikan di tahun 2014, menunjukkan bahwa mengkonsumsi aneka makanan yang mengandung gula mampu meningkatkan resiko kematian yang diakibatka oleh penyakit jantung. Untuk itulah, kurangi makaan dan minuman yang manis serta cukupi kebutuhan akan air putih perharinya.
  5. Beralih Ke Buah-Buahan. Jika selama ini anda lebih suka mengkonsumsi camilan yang enak tapi tidak menyehatkan, maka mulailah beralih ke buah-buahan sebagai salah satu camilan yang enahk sekaligus menyehatkan. Buah-buahan memiliki kandungan antioksidan yang cukup tinggi untuk menangkal berbagai radikal bebas yang bisa memicu timbulnya kanker.
  6. Mematikan Televisi Saat Jam Tidur Malam. Kebiasaan menonton televisi hingga larut malam sangat tidak baik bagi kesehatan tubuh anda. Banyak sekali dampak negatif dari menonton televisi dalam rentang waktu yang lama seperti penyakit jantung, diabetes, kegemukan serta menurunkan organ penglihatan anda.
  7. Selalu Aktif Setiap Saat. Dalam hal ini, usahakan untuk meningkatkan aktivitas fisik yang bisa menggerakan anggota tubuh seperti peregangan, berjalan kaki, joging pagi dan kegiatan aktif lainnya. Hal ini akan mengurangi aktivitas duduk yang terlampau lama tiap harinya.  

Sumber : intips-kesehatan.blogspot.co.id