MANFAAT BERSEPEDA BAGI KESEHATAN TUBUH

Sepeda merupakan salah satu alat transportasi yang murah dan mudah dikendarai tanpa harus mengkreditnya terlebih dahulu. Tapi faktanya, tidak sedikit dari kita malah sudah jarang menggunakan atau tidak memiliki sepeda satupun. Bersepeda tenyata merupakan salah satu olahraga yang dapat meningkatkan kesehatan tubuh seseorang. 

Seiring berkembangnya zaman, maka kita lebih memilih model transportasi yang lebih cepat untuk menunju ke suatu tempat tujuan. Faktanya, dari hari kehari, sepeda motor laksana semut berbaris di sepanjang jalan raya yang kita lewati, belum lagi deretan mobil yang laksana anakonda. Hanya saat car free day ( hari tanpa sepeda motor dan mobil) kita bisa melihat sepeda mulai di gunakan.

  1. Memperkuat Dan Menjaga Kesehatan Jantung Anda. Dalam sebuah studi, bersepeda dengan intensitas sedang selama 3 (tiga) kali seminggu dalam waktu 30 menit selama satu tahun mampu menurunkan tekanan dan juga menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh.
  2. Efektif Sebagai Pembakar Kalori Tubuh. Memiliki tubuh yang proporsional tentu impian semua orang. Maka dari itulah, bersepeda rutin sangat efektif untuk membakar kalori dan lemak dalam tubuh seseorang.
  3. Memperkuat Dan Memperkokoh Tulang Anda. Bersepeda merupakan salah satu olahraga yang mengandalkan kekuatan kaki dan tangan pemiliknya. Dengan rutin bersepeda setiap hari, maka secara otomatis daerah paha, betis, lengan serta pergelangan tangan menjadi semakin kuat.
  4. Pendongkrak Energi Dalam Tubuh. Faktanya, menurut sebuah studi yang diterbitkan oleh the journal Psychotherapy and Psychosomatics, bersepeda dapat meningkatkan energi tubuh sebesar 20 % (persen) serta menurunkan tingkat kelelahan tubuh secara significan (60 persen). Ini dikarenakan, bersepeda akan merangsang otak untuk melepaskan dopamin neurotransmitter yang berkaitan dengan energi dalam tubuh.
  5. Menyehatkan Persendian Anda. Dibanding olahraga seperti berjalan kaki maupun berlari, bersepeda akan sedikit sekali mengurangi tekanan pada persendian kaki anda. Dan pastinya mengurangi rasa nyeri sehabis melakukan olahraga bersepeda.
  6. Meningkatkan Kekuatan Otot Anda. Dengan rutin bersepeda setiap hari, maka secara otomatis semua otot pada tulang ikut bergerak dan aktif. Sehingga lambat laun kekuatan semua otot pada tubuh akan meningkat secara drastis.
  7. Memperkuat Sistem Imun Tubuh. Dengan rutin bersepeda, maka daya tahan tubuhpun akan lebih terjaga. Sehingga aktivitas dan pekerjaan berjalan lebih lancar, karena tubuh tidak mudah sakit dan terserang penyakit. 

Sumber : intips-kesehatan.blogspot.co.id